Ringankan Beban Mereka yang Sakit Kritis Dengan Galang Dana Online

galang dana online

Bukan sekali dua kali lewat di beranda sosial media saya tentang status seseorang yang menginfokan ada warga sekitarnya yang menderita sakit parah dan butuh bantuan. Foto yang ditampilkan berikut captionnya yang menceritakan kondisi pasien membuat saya yang membaca suka trenyuh. Tak jarang saya ikut berpartisipasi dalam galang dana online yang dibuat oleh yang memposting.

Donasi kesehatan seperti itu memang kadang perlu kejelian dan akurat data, karena ada beberapa kasus yang ternyata pasien cuma dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk mencari keuntungan pribadi.

Biasanya saya sebelum ikut dalam donasi online atau aksi galang dana online yang dilakukan seseorang atau kelompok tertentu akan mencoba menelusuri akun sosial medianya. Membaca komentar-komentar yang berdonasi. Jika sudah cukup data, saya akan ikut membantu menyumbang dana sesuai kemampuan saya.

Ikut berpartisipasi dan menjadi donatur dalam galang dana online untuk pasien yang sakit meski tidak kenal sekalipun, saya lakukan bukan karena saya berlebih dalam hal keuangan. Alhamdulillah memang hidup saya meski sederhana tapi masih bisa untuk membantu orang lain. Semua semata saya lakukan mengharapkan balasan dari Allah SWT, karena hidup kita tidak akan tahu bagaimana ke depannya. Hanya balasan dari Allah SWT yang diharapkan menolong ketika suatu saat berada di kondisi yang sama melalui tangan-tangan yang sudah ditunjuk-NYA.

Saya percaya dengan ikut dalam program galang dana online tersebut, tidak akan mengurangi harta atau uang saya. Saya percaya itu adalah tabungan akhirat untuk saya dan keluarga. Saya percaya dengan keikhlasan Allah SWT tahu yang terbaik untuk umat-NYA yang sudah peduli ikut meringankan beban orang lain yang sedang kesusahan.

Saya tahu betapa berat beban pasien yang menderita sakit. Saya sendiri yang kalau kambuh sakit maag dan asam lambung harus ke dokter. Itu Alhamdulillah ditanggung oleh asuransi kesehatan pemerintah. Pernah beberapa kali saya mencoba tidak memanfaatkan fasilitas asuransi itu karena ingin cepat atau tidak sempat meminta surat rujukan dari faskes tingkat dasar, biaya yang saya keluarkan lumayan. Untuk jasa dokter dan obat yang harganya ratusan ribu.

Beban berat pasien yang menderita penyakit kritis seperti berbagai jenis kanker, gagal jantung, ginjal dan lain-lain tentu jauh lebih berat. Karena meski ada yang ditanggung oleh asuransi kesehatan pemerintah, tapi ada beberapa jenis terapi dan obat yang  tidak dicover. Belum lagi biaya keluarga untuk merawat pasien di rumah sakit.

Saya sering terharu dengan kepedulian seseorang atau kelompok masyarakat yang peduli dengan sesama. Ketika ada teman, tetangga atau warga sekitar yang sakit mereka lalu menggalang dana, baik galang dana online maupun secara langsung.

Saya ingin seperti mereka, tapi kadang memang tidak mudah menjadi koordinator penggalangan dana seperti itu. Pernah teman saya yang membuat galang dana online untuk tetangganya yang sakit kritis malah dicurigai. Jadi kadang saya harus berpikir ulang untuk menjadi koordinator dan lebih memilih menjadi donatur.
galang dana online

Namun sepertinya kekhawatiran saya untuk berpartisipasi dalam galang dana online sekarang ini tidak perlu lagi, karena sudah ada website galang dana online Peduli Sehat. Jadi melalui website www.pedulisehat.id  dan instagram IG Peduli Sehat kita bisa membuat galang dana online atau bahkan menjadi donatur tanpa perlu repot mencari tahu terlebih dahulu apakah benar atau tidak. Karena di web Peduli Sehat ini bagi siapa yang membuat galang dana online harus melalui verifikasi terlebih dahulu. Jadi saya percaya banget dengan pasien yang perlu dibantu di web tersebut adalah orang-orang yang benar-benar perlu bantuan.

Tentang Peduli Sehat
Bagi Anda yang masih belum tahu atau baru tahu tentang Peduli Sehat ini berikut saya informasikan tentang website galang dana online ini. Jadi PeduliSehat.id merupakan wadah untuk menggalang dana di bidang kesehatan melalui media sosial atau media online, yang hadir untuk melayani dan memudahkan masyarakat Indonesia, baik itu sebagai penggalang dana, maupun sebagai pemberi dana atau donatur. Anda tinggal mengakses situs resmi  www.pedulisehat.id atau mengunduh aplikasi pedulisehat.id di Google Play Store.

Jadi semua itu berangkat dari kondisi negara kita, Indonesia yang merupakan negara dengan populasi terbesar ke-4 dunia, dengan total penduduk hampir mencapai 265 juta jiwa. Jika dibandingkan dengan kondisi di negara-negara maju, 80% masyarakat Indonesia masih jauh dari harapan untuk hidup sehat.

Bukan rahasia lagi ternyata banyak masyarakat Indonesia akhirnya menderita penyakit kritis karena tidak mampu berobat, terutama berasal dari masalah finansial. Sementara itu, sisa 20% masyarakat menengah ke atas telah menghabiskan banyak dana untuk mengobati penyakit berat.

Bahkan World Health Organization (WHO) dan World Bank memperkirakan, 12 juta penduduk Indonesia didiagnosa menderita penyakit kritis pada tahun 2017. Sementara itu, tahun 2008, ada 36,1 juta orang meninggal dunia akibat penyakit kritis.

Nah, karena itu PeduliSehat.id hadir sebagai wadah yang menawarkan layanan penggalangan dana kesehatan dan menyebarkan penggalangan dana melalui media sosial. Jadi Peduli Sehat  berfokus pada pasien yang menderita penyakit kronis yang tidak memiliki cukup dana untuk perawatan, berobat juga bertahan hidup, dikarenakan masih terdapat biaya lainnya (biaya obat, biaya susu khusus untuk pasien bayi dan balita, alat medis penunjang kesehatan) yang tidak dapat dibiayai melalui program kartu BPJS (Badan Penyelenggara jaminan Sosial) atau JKN (Jaminan Kesehatan Nasional).

Hal ini sesuai dengan visi dan misi Peduli Sehat yakni :
Visi : Memperlengkapi setiap keluarga dengan keberanian dan kekuatan dalam menghadapi berbagai penyakit.
Misi : Menjadi perusahaan berbasis teknologi dengan kesadaran tertinggi perihal tanggung jawab sosial.

Bagi Anda yang mau berdonasi atau ikut berpartisipasi dalam galang dana online tidak perlu khawatir, karna Peduli Sehat tercatat di Kemenkumham dengan No AHU-0033383.AH.01.01 Tahun 2018 juga Kominfo dengan No 01204/DJAI.PSE/10/2018.

Peduli Sehat juga dimonitor oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Kementerian Informasi dan Komunikasi Republik Indonesia. Pokoknya tidak perlu ragu deh dengan Peduli Sehat.
Bagi Anda yang ingin menjadi penggalang dana, ada panduan dasar yang bisa diikuti, yakni :
Bound Nomor Telepon
Mengikat (bound) nomor telepon yang dapat digunakan sebagai nomor utama yang bisa digunakan untuk validasi. Nomor tersebut yang akan dicatat di sistem pedulisehat.id.
Pekerjaan atau Profesi
PeduliSehat.id  juga perlu mengetahui nomor telepon tempat bekerja penggalang dana (campaigner), dengan tujuan re-check data.
Data Pribadi
Meminta data diri dari campaigner secara detail dan langsung melakukan validasi terhadap data yang diserahkan kepada kami.
Verifikasi Dokumen Fisik
Melakukan verifikasi data secara visual berupa gambar, pedulisehat.id mewajibkan penggalang dana untuk menyertakan tanda pengenal, seperti KTP dan dokumen lainnya yang bersifat wajib.
Analisa Penuh
Perlu diterapkan analisa data, baik secara visual, model, atau bentuk dari dokumen yang diserahkan. Analisa yang lebih mendalam dan mendetail sangat diperlukan untuk memastikan apakah dokumen yang diserahkan itu valid atau sah.
Keterangan dari Instansi Kesehatan atau Rumah Sakit
Campaigner perlu menyerahkan surat keterangan sakit dan hasil diagnosis dari rumah sakit tempat penerima dana (pasien) dirawat. Setiap rumah sakit pasti akan memberikan surat keterangan, data pasien, serta hasil diagnosis. Hal itu mengingat tim PeduliSehat.id perlu melakukan validasi ke rumah sakit yang bersangkutan, apakah data yang di serahkan oleh campaigner ke kami valid dengan pihak rumah sakit.
Verifikasi Data dari Rumah Sakit
Tim PeduliSehat.id sangat perlu mencatat dan memverifikasi data yang tertera pada surat yang dikeluarkan oleh pihak rumah sakit.
Kategori Penyakit
Tim PeduliSehat.id  juga perlu mengetahui jenis penyakit yang diderita oleh penerima donasi (pasien). Setiap penyakit pasti memiliki tingkatan dan di pedulisehat.id perlu melakukan klasifikasi golongan penyakit, apakah kategori penyakit serius, sedang, atau bahkan hanya di tahap kecil saja. Meskipun pedulisehat.id adalah open platform yang membebaskan siapapun melakukan penggalangan dana, akan tetapi tetap perlu menimbang kembali tingkat kebutuhan yang paling utama sebagai penerima donasi.
Diagnosis/Penyebab/Indikasi
Pedulisehat.id merupakan situs penggalangan dana untuk kegiatan sosial, khususnya untuk kesehatan, oleh karena itu tim perlu mengetahui hal seputar kesehatan juga. Memahami diagnosis penyakit yang disebutkan dan mengetahui penyebab, serta indikasi yang ditimbulkan oleh diagnosis penyakit tersebut.
Estimasi Biaya
Tim pedulisehat.id harus memiliki daftar penyakit juga estimasi biaya untuk pengobatan. Dengan demikian kami memiliki batasan angka yang diperkirakan rasional dan masuk akal, serta sesuai dengan angka yang tertera di campaign yang dipublikasikan oleh penggalang dana.

Dengan ini, pedulisehat.id pastinya akan memberikan layanan terbaik dan terpercaya bagi para penggalang dana (campaigner) dan donatur yang berpartisipasi. Silakan langsung mencoba.
galang dana online

Berikut salah satu contoh kampanye yang sedang berjalan di PeduliSehat.id yakni ibu Aji Yuniarti yang meminta bantuan untuk membantu keperluan susu, terapi berjalan dan terapi berbicara serta vitamin dan untuk beli obat uap dan keperluan anaknya yang bernama Uswatun Hasanah.
galang dana online

Anaknya lahir prematur dan bolak balik masuk rumah sakit dengan masalah di paru-paru dan jantung bocor. Meski sudah diobati Uswatun Hasanah masih terlambat tumbuh kembang, sehingga perlu asupan vitamin, susu dan terapi tumbuh kembang yang bisa membantu proses berjalan dan bicaranya yang sebentar lagi berusia 3 tahun pada bulan Mei mendatang.
galang dana online

Semoga banyak yang membantu atau berdonasi di PeduliSehat.id sehingga Uswatun Hasanah dan pasien lainnya bisa diringankan beban mereka. Semoga juga banyak yang memanfaatkan web galang dana online di PeduliSehat.id ini untuk membantu keluarga, tetangga, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan bantuan untuk pengobatan penyakit kritis. 

Komentar

  1. Senangnya ada Peduli Sehat ini. Wadah menggalang dana di bidang kesehatan melalui media sosial yang hadir untuk melayani dan memudahkan masyarakat Indonesia, baik itu sebagai penggalang dana, maupun sebagai pemberi dana atau donatur.
    Jadi makin mudah memberi dan mencari bantuan dana yang berkaitan dengan kesehatan

    BalasHapus
  2. semoga dengan banyaknya sistem donasi online utk org2 seperti uswatun hasanah dapat segera tertolong dan segera sehat. Jangan ada lagi deh semoga di indonesia ini pasien yang meninggal krn penanggulangan kesehatan yang terlambat dikarenakan masalah dana. aamiin

    BalasHapus
  3. ini seperti kitabisa ya tapi lebih ke arah kesehatan dan penyakit. Semoga web galang dana seperti ini semakin banyak.

    BalasHapus
  4. Sangat simpatik pada mereka yang mengalami penyakit kritis, apalagi tidak mempunyai dana untuk berobat. Semoga mereka terbantu dengan adanya banyak bantuan dari kepedulian masyarakat

    BalasHapus
  5. Tessa semakin kita banyak memberi maka allah pun akan semakin banyak memberi pada kita (loyal). Khan Allah yg maha kaya.

    BalasHapus
  6. Semakin banyak web dan badan penggalan dana online gini jadi makin memudahkan yang sehat untuk bersedekah dan yang sakit mendapatkan bantuan. Semoga makin banyak orang yang peduli sesamanya ya aamiin

    BalasHapus
  7. Sangat mudah sekarang untuk berbagi dengan sesama, termasuk di bidang kesehatan seperti ini. Kita bisa benar-benar melihat yang mana yang ingin dibantu. Prosesnya pun mudah

    BalasHapus
  8. sekarang mau berbuat kebaikan gak perlu jauh-jauh lagi, lewat hp juga bisa yaa istilahnya kasih sedekah buat yang membutuhkan :)

    BalasHapus
  9. Beramal bisa lewT hp ya saat ini.. Dan pastinya berguna buat yang membutuhkan

    BalasHapus
  10. harus disebarkan seluas-luasnya nih biar makin banyak yg peduli

    BalasHapus
  11. Ini memudahkan yaa bagi temen-temen dan masyarakat luas ingin berdonasi hanya dengan Hp smua menjadi mudah..smoga lancar dan sukses yaa dalam penggalangan dana dan donasi nya

    BalasHapus
  12. Sekarang menggalang dana jadi jauh lebih mudah dengan adanya donasi online ini, alhamdulillah. Donasi dana pun jadi lebih aman dan terpercaya ya mbak.. ^^

    BalasHapus
  13. Jadi aplikasinini khusus untuk kesehatan aja ya Ka. Bagus juga sih jadi ga perlu repot cari-cari tau apakah donasi yang diminta bener atau engga.

    BalasHapus
  14. Wah ternyata juga diawasi oleh Kementrian ya mbakj, bagus deh. Btw kalau misalnya mau mengajukan penggalangan dana gtu jg bisa kah? Misal ada kenalan sakit gtu? Kalau gyu gmn caranya ya?

    BalasHapus
  15. Wah keren banget ini pedulisehat.id sangat membantu pastinya. Buat kita yang ingin beramal dan membantu meringankan beban mereka yang membutuhkan juga menjadi sangat mudah dengan adanya pedulisehat ini karena galang dananya bisa online

    BalasHapus
  16. Galang dana online ini memang banyak sekali manfaatnya bagi penderita. Alfie pernah mengalaminya dan itu benar benar senang sekali ada seperti ini. Tapi harus cair setelah waktu yang disepakati, bukan ada dana langsung bisa dicairkan.

    Semoga kita semua selalu dalam keadsan sehat ya kak. Aamiin

    BalasHapus
  17. Makin banyak wadah untuk membantu org lain secara online. Semoga semakin banyak pula yang tertolong ya kak..... Yang membutuhkan pertolongan pun sekarang makin mudah mendapatkan donasi.

    BalasHapus
  18. alhamdulillah ada aplikasi untuk mempermudah kita menyalurkan bantuan kepada yang membutuhkan..,apalg di Bulan Ramadan ini masyaAllah

    BalasHapus
  19. Masih banyak di luaran sana yang membutuhkan bantuan seperti Adik Uswatun Khasanah. Semoga bisa saling bantu dan target kesembuhan mereka tercapai. Amin.

    BalasHapus
  20. Terima kasih banyak yaa sudah diberi tahu info tentang PeduliSehat.id. Baru tau kalau ini merupakan wadah untuk menggalang dana di bidang kesehatan melalui media sosial atau media online yang hadir untuk melayani dan memudahkan masyarakat Indonesia. Sebagai calon donatur, sangat informatif :D

    BalasHapus
  21. Keren bgt lah ini programnya
    karena bisa ngajak orang berbuat kebaikan secara digital kan
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  22. Semoga dengan adanya galang dana via online seperti peduli sehat ini, bakal meringankan beban lebih banyak orang-orang yang membutuhkan ya.

    Dan pastinya juga memudahkan orang yang ingin membantu :)

    BalasHapus
  23. Kuy kita peduli dengan sesama sekaligus peduli dengan kesehatan juga, karena 2 hal tersebut sama pentingnya

    BalasHapus
  24. Ahhh ini solusi banget buat kita yang pengen berdonasi tapi gak sempat kemana2. tinggal klik aja beres ya.

    BalasHapus
  25. Mari kita meringankan beban sesama ya tentunya dengan peduli sehat ini bisa meringankan beban orang yang membutuhkan

    BalasHapus
  26. Mau galang dana udah bisa melalui aplikasi atau melalui online sekarang lebih canggih

    BalasHapus
  27. suka sekali ada dana online, bisa banyak orang tertolong karena aplikasi ini. Kalaupun tidka bisa membantu secara materi kan kita bisa bantu sebarkan informasinya, hu um

    BalasHapus
  28. Dengan berbagai fasilitas seperti ini, kita juga bisa dapat banyak pilihan untuk donasi, lebih mudah dan cepat sih.

    BalasHapus
  29. Semoga dengan adanya situs seperti ini bisa amanah karena memudahkan donasi, dan donasi sampai ke tangan yang membutuhkan dengan baik

    BalasHapus
  30. Memang sehat itu anugrah, dan sangat mahal hartganya, alangkah lebih baik kalau kita bisa membantu saudara kita disana yang butuh perhatian. salah satu bentuk perhatian ya seperti donasi online.

    BalasHapus
  31. Membantu sesama secara online sekarang semakin mudah caranya ya.. ada aplikasinya pula, jadi praktis.

    BalasHapus
  32. Makin banyak aplikasi kayak gini, semakin membuat kita lebih banyak peduli dengan orang lain yang membutuhkannya, ya. Jadi terketuk untuk ikut nyumbang dll.

    BalasHapus
  33. Iya ya sering bgt orang sakit di manfaatkan oknum untuk mencari keuntungan. Syukur skrg ada peduli sehat ini

    BalasHapus
  34. Sedih ya lihat-lihat sodara2 kita yang sedang sakit dan butuh biaya yang mendaftar di Peduli Sehat. Semoga banyak yang membantu. Dan mereka lekas sembuh.

    BalasHapus
  35. Semoga kita semua dimudahkan untuk berdonasi ya. Aamiin

    BalasHapus
  36. Semoga bisa makin banyak yang terbantu ya Mbak. Ada kalanya orang ga punya dana kesehatan. Dengan aplikasi seperti ini, bisa sangat membantu.

    BalasHapus
  37. oooh ini kayak kitabisa itu ya, tapi lebih fokus ke kesehatan
    ya bagus sih
    lebih terarah
    lebih gampang dan cepat untuk menentukan sasaran yang akan didonasikan

    BalasHapus
  38. Iya, kak...
    Aku juga suka trenyuh jika melihat berita orang yang sakit dan terlebih sakitnya tidak biasa.
    Ya Allah,
    Semoga Allah mudahkan segalanya...kesembuhannya, kesehatannya dan biayanya.

    BalasHapus
  39. Suka dengan galang dana online ini karena jadi banyak orang yang terbantu. Kan banyak tuh penyakit yg tidak terkover asuransi dan kadang emang gak punya askes

    BalasHapus
  40. Dengan adanya galang dana online jadi lebih mudah ya untuk membantu saudara yang membutuhkan, dan jangkauannya lebih luas sehingga dana bisa terkumpul lebih cepat

    BalasHapus
  41. aku baca infonya pas banget nih saat bulan suci ramadhan, coba aku pelajari dlu ya galang dana online ini, agar lebih paham tentang cara kerjanya, thanks infonya mbak.

    BalasHapus
  42. Membantu orang sesama sangat besar pahalanya maka dari itu kita bila ada rejeki lebih usahakan membantu ke sesama yang membutuhkan. Dan kini seiiring dengan perkembangan teknologi penggalangan dana sudah bisa secara online mantab banget

    BalasHapus
  43. Luar biasa sekali era digial ini ya kak. Semakin memudahkan kita utk berbagi, apalagi ada layanan galang dana online. Makin mantabbbb deh, pastinya kita harus peduli jg yess kak

    BalasHapus
  44. Program Peduli Sehat ini bagus sekali ya mbak, apalagi ada aplikasinya jadi kita bisa terus memantau campaign yang sedang berjalan. Selain itu kita juga bisa membagikannya di media social dengan harapan banyak yang memberikan bantuan lewat Peduli Sehat

    BalasHapus
  45. Wah bermabfaat sekali penggalanan dana online sperti ini. Semoga semakin banyak yg tau informasi mba. Aku bantu share ya

    BalasHapus
  46. Galang dana online ini benar-benar membantu orang lain ya mba. Dan itu semua bisa dilakukan tanpa ribet :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung
Silahkan berkomentar dan jika ada pertanyaan yang perlu jawaban cepat silahkan WA ke 08126102123
Mohon maaf komentar dimoderasi