Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Saya Mengelola Keuangan Keluarga

Aplikasi Investasiku
Mau berinvestasi ? klik foto ini dan bisa daftar via referral saya 

Menjadi seorang istri sejak 17 tahun lalu bagi saya adalah tanggungjawab besar. Ya, status seorang istri otamatis menjadikan saya menjadi pemegang kendali keuangan di dalam keluarga kecil karena bisa dikatakan 100 persen suami mempercayakan penghasilan dan pengeluaran kepada saya.

Tanggungjawab ini menurut saya sangat berat, karena seumur hidup urusan keuangan keluarga ada di tangan saya. Padahal urusan keuangan keluarga bukan hanya tentang menerima uang dan membelanjakannya. Urusan keuangan keluarga itu bagi saya adalah menentukan masa depan keluarga khususnya kehidupan kami dan anak ke depannya.

Dalam mengelola keuangan keluarga kecil saya, jujur saya tidak punya contoh. Jika mencontoh ibu saya kondisi keuangan kami jauh berbeda. Ibu saya mendapatkan jatah harian dari Alm ayah yang memang berpenghasilan harian dan tidak tentu besarannya. Sementara saya dan suami adalah pasangan suami istri yang punya penghasilan bulanan.



Untuk mengelola keuangan keluarga kecil saya, yang saya lakukan pertamakali adalah banyak membaca artikel keuangan baik melalui majalah, buku, website dan media sosial. Dari situ saya bisa mendapatkan gambaran bagaimana cara mengatur pengeluaran, menabung dan tips-tips keuangan lainnya.

Mengapa mengatur keuangan keluarga sangat penting bagi saya ?

1.   Saya adalah sandwich generation yang mana sejak lajang harus membantu kedua orang tua menghidupi adik-adik

2.  Saya harus bisa mengangkat derajat ekonomi keluarga lebih baik dari ekonomi kedua orang tua

3. Saya tidak ingin melahirkan sandwich generation selanjutnya atau anak saya akan menanggung tanggungjawab terhadap saya dan suami nantinya di hari tua.

4.   Saya ingin hidup tenang dan nyaman di hari tua

5.   Saya ingin anak-anak saya bisa mendapatkan pendidikan yang layak, rumah yang nyaman dan masa depan yang bagus

Dengan tekad di atas saya berusaha agar penghasilan kami berdua bisa untuk menghidupi keluarga kecil kami, menabung, memiliki aset dan tentu membantu keluarga juga terus berjalan sebagai tanggungjawab.



Berikut hal yang saya lakukan dalam mengelola keuangan keluarga :

1.       Mencatat semua pengeluaran keluarga setiap bulannya

2.       Mengalokasikan biaya-biaya yang harus dikeluarkan sesuai porsinya

3.       Wajib menabung untuk biaya darurat, masa depan dan pendidikan anak

4.       Membeli aset berupa emas dan property dari hasil menabung

5.       Menghindari hutang

6.       Berhemat

7.       Mencari sumber penghasilan tambahan

Alhamdulillah selama 17 tahun berumah tangga dengan segala suka duka kehidupan, saat ini kami mempunya dua unit rumah, satu unit mobil, dua unit sepeda motor, logam mulia, perhiasan emas dan tabungan pendidikan anak dan tidak punya hutang.

Sebuah pencapaian yang menurut saya patut disyukuri, meski di tengah tanggungjawab harus menghidupi orang tua dan adik di kampung, kami masih bisa menyiapkan dana untuk masa depan anak khususnya.

InvestasiKU



Seiring perkembangan zaman, saya menyadari uang tidak hanya bisa dijadikan aset berupa property dan emas serta disimpan dalam bentuk tabungan. Ada keinginan untuk mengembangkan uang tabungan dalam bentuk investasi seperti deposito, reksadana dan obligasi.

Namun sebagai ibu rumah tangga, saya juga perlu mewaspadai berbagai bentuk tawaran investasi yang banyak mengiming-imingi keuntungan berlipat ganda namun akhirnya berdampak buruk, seperti penipuan atau kerugian.

Nah, beberapa hari lalu itu saya mengikuti webinar tentang Cerdas Berinvestasi bersama Komunitas Blogger ISB. Dari paparan materi yang disampaikan Pak Firman dari PT Mega Capital Sekuritas saya mendapatkan pengetahuan tentang aplikasi InvestasiKU.

Jadi investasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas. Misi InvestasiKU untuk membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Pada kesempatan itu Pak Firman menjelaskan tentang nilai uang setiap tahun yang berubah seiring inflasi. Sehingga biaya hidup yang pada saat ini dengan nominal tertentu namun pada 5 tahun mendatang itu tidak akan mencukupi.

Pak Firman menjelaskan perlunya investasi untuk masa depan dan namun sebelum itu harus dipastikan setiap individu yang akan berinvestasi harus mempunyai minimal dana darurat sebesar 6 kali pengeluaran bulanan.


Cara Daftar InvestasiKu

Nah bagi Anda yang ingin berinvestasi, aplikasi InvestasiKu sangat membantu karena membantu pemula bahkan ibu rumah tangga sekalipun dalam memulai investasi. Bagaimana caranya ? Sangat mudah seperti langkah-langkah berikut :

·         Download aplikasi InvestasiKU di playstore atau App store

·         Klik “login” atau “register”

·         Klik tombol “ kamu belum memiliki akun”

·         Isi data diri dan pernyataan setuju dengan syarat dan ketentuan berlaku

·         Klik tombol sign up

·         Masukan kode OTP sesuai yang diterima

·         Klik “next” untuk verifikasi

·         Anda akan diarahkan ke homescreen ketika OTP berhasil

Cara Membuat RDN

Gampang sekali bukan cara mendaftar di investasiKU ? Tentu donk. Nah bagaimana selanjutnya penggunaan aplikasi ini untuk melakukan investasi sesuai pilihan kita ? Yang paling utama kita harus membuat rekening data nasabah (RDN). Berikut langkah-langkahnya :

·         Klik “login” atau “register”

·         Isikan email dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya, lalu klik Login

·         Klik notifikasi biru pada homescreen untuk pembuatan rekening data nasabah (RDN)

·         Setelah muncul screen E-KYC klik tombol “ ayo mulai “

·         Upload foto KTP untuk validasi

·         Pastikan data sudah sama dan kemudian klik tombol “ verifikasi”

·         Isi formulir pembukaan rekening sesuai dengan data diri, lalu klik ‘selanjutnya “

·         Pastikan data yang diinput sudah benar dan valid, lalu klik tombol “ konfirmasi”

·         Selanjutnya kita akan mendapatkan email berupa link untuk verifikasi biometric

·         Klik area “pilih foto terbaik kamu” untuk melakukan foto selfi

·         Selanjutnya akan muncul notifikasi bahwa registrasi berhasil

Setelah tahapan ini kita bisa melakukan top up RDN, membeli saham, withdraw saham, jual saham, withdraw dana RDN dll. Semua tentu perlu proses belajar dan mau berkonsultasi melalui beragam fitur yang disediakan di menu Edu Vest website investasiku.


28 komentar untuk "Cara Saya Mengelola Keuangan Keluarga"

  1. makin banyak nih ya cara mengatur keuangan keluarga semuanya punya keunggulan masing masing pula

    BalasHapus
  2. Ibu rumah tangga memang harus bisa selalu jeli dalam melihat peluang dan keuntungan hehehe...
    Investasi di InvestasiKu mudah dan praktis diikuti ibu rumah tangga macam saya ini

    BalasHapus
  3. Saya baru dengar tentang aplikasi ini ka, penjelasannya sangat mudah diterima. Lumayan jadi bs mengarahkan pengeluaran uk hal yang positif dengan berinvestasi

    BalasHapus
  4. Kudu melek tentang finansial nih syarat mutlak, sih. Suamiku juga sandwich generation, Mbak. Jadi mau nggak mau aku juga harus pinter-pinter putar otak dalam mengelola keuangan keluarga, termasuk keperluan keluarga besar suamiku. Semoga kita senantiasa diberi keberkahan dan keluasan rezeki ya, Mbak. ^^

    BalasHapus
  5. aplikasi investasiku emang bagus mba, tampilannya itu sederhana tapi komplit. tanpa bikin bingung.. salut ama UI/UX designernya.. semoga fitur2 yang lain segera muncul yah

    BalasHapus
  6. Jaman sekarang wajib banget punya investasi menurutku. Karena kita nggak akan pernah tau ke depannya akan gimana, bisa jadi nanti akan banyak keperluan. Tapi memang harus cari tau info sebanyak-banyaknya biar nggak salah pilih dan kena tipu investasi bodong yang nawarin hasil instant. Kalau InvestasiKu sih udah terpercaya ya mbak.

    BalasHapus
  7. aku termasuk yang selalu pikir-pikir sebelum menaruh uang dalam bentuk investasi yg sekarang ini ada beberapa pilihan dan wajib untuk kita kenali faktor risikonya. Dengan InvestasiKu ini jadi pilihan tepat untuk pemula kyk aku yg mau investasi

    BalasHapus
  8. saya juga menggunakan aplikasi ini, cocok banget bagi pemula apalagi di aplikasinya ini banyak materi yang bsia dipelajari tentang investasi

    BalasHapus
  9. Selama ini aku kalau punya uang lebih menginvestasikannya dalam bentuk tabungan/deposito. Belum pernah coba saham karena belum paham caranya.Tetapi dengan bergabung di Investasiku sepertinya nanti dibantu ya

    BalasHapus
  10. Makin hari biaya kebutuhan sehari-hari dan biaya sekolah semakin mahal ya. Dengan aplikasi InvestasiKu ini bisa investasi dengan mudah dan gampang ya, kak.

    BalasHapus
  11. Tidak punya hutang ini juga penting untuk melakukan investasi ya mba.. Dan tetap harus berhati" juga saat memilih investasi..

    BalasHapus
  12. Mengatur keuangan bisa semakin semangat kalau punya goal. Aplikasi Investasiku kelihatan menarik karena cocok utuk pemula

    BalasHapus
  13. Investasiku aman dan terpercaya ya. Sebagai pemula aman banget kalau mau investasi di sini. Apalagi kita memang harus ulai investasi untuk keuangan yang lebih baik di masa depan.

    BalasHapus
  14. Tidak hanya Ibu Rumah Tangga yg perlu waspada mengenai tawaran investasi. Aku sebagai banker pun kadang masih mikir berkali2 untuk memulai investasi Mba..hehe
    Lihat kondisi keuangan sih lebih tepatnya kalo aku.

    BalasHapus
  15. Keren ya InvestasiKu ini. Bikin siapa aja bisa investasi Reksa Dana dan Saham. Termasuk para ibu rumah tangga. Mana bisa dengan nilai yang kecil dulu. Setelah bisa dan pede, baru deh ningkatin nominalnya. Aku sendiri masih belajar nih. Semoga nanti bener-bener paham. Dan nanti cocok investasi di InvestasiKu.

    BalasHapus
  16. Sedikit haru rasanya kalau menemukan teman yang merupakan sandwich generation begini. Semangat ya Mba. Semoga nggak meneruskan beban yang dimiliki saat ini kepada anak-anak, melalui investasi yang dijalani.

    BalasHapus
  17. Akupun dlu generasi Sandwich mba makanyaa gk mau deh smpe anakku kena ini makanya sedini mngkin kita berinvestasi biar di masa tuaa bisa mapan gk ngeribetin anak ya mba..dengan adanya investasiku sebagai solusi untuk berinvest dengan mudahnya

    BalasHapus
  18. Melihat nilai inflasi ini memang kudu banget sejak kini mempersiapkan dengan perhitungan konkrit nilai mata uang 20 tahun mendatang. Dan persiapan yang bisa kita lakukan adalah berinvestasi dengan instrumen investasi yang sesuai. Penawaran baiknya, semua lengkap ada di InvestasiKu.

    BalasHapus
  19. Masya Allah, hebat punya dua rumah, 1 mobil, 2 sepeda motor, luar biasa, mau ah belajar kelola keuangan, eh sekarang mah bisa belajar dari investasiku ya, makasih infonya

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah di era digital ini kita semakin dipermudah ya, termasuk dalam mengelola keuangan. Cukup menggunakan gadget aja, praktis dan pastinya lebih mudah dalam mencatatnya ya.

    BalasHapus
  21. Aku belum berinvestasi nih mba, awalnya emang males ribet mesti ini itu. Dan ternyata di investasiku mudah pendaftaran nya. jadi pengen berinvestasi di investasiku. Bisa belajar di menu edu vest website nya yah.

    BalasHapus
  22. Waaah salut dengan cara mengelola keuangannya mbak. Meski sandwich generation menghidupi ortu dan adik tapi sukses secara financial dan sudah menyiapkan dana pendidikan untuk anak-anak juga.

    BalasHapus
  23. Makin kesini makin belajar menata keuangan yang baik. InvestasiKu solusi hidup buat orang yang suka jajan biar mikirin masa depan

    BalasHapus
  24. Masya Allah cara Uni kelola keuangan ini, apalagi barakallah sudah lebih dari 15 tahun berkeluarga bisa se-apik itu, jadi inspirasi buat saya saat besok berumahtangga

    BalasHapus
  25. Masya Allah, saya terinspirasi banget nih cara pengelolaan keuangannya. Saya catat juga ya point point nya

    BalasHapus
  26. Dulu juga aku berpikir gitu kalau mau investasi ya beli emas. Tetap, nyatanya banyak produk investasi yang bisa dipilih.
    Sambil belajar, mulai investasi dari yang low risk dulu di InvestasiKu.

    BalasHapus
  27. Sepertinya ilmu mengatur keuangan harus dimiliki semua perempuan ya mb. Agar ketika saatnya harus megang keuangan keluarga nggak kebingungan karena tahu ilmunya. Semua harus dipelajari termasuk juga ttg investasi. Untung ada InvestasiKu ya. Jadi bisa belajar dan berinvestasi dengan mudah.

    BalasHapus
  28. Allhamdulillah dengan membaca postingan uni jadi tambah sadar p entingnya mengelola keuangan apalagi yang udah berkeluarga

    BalasHapus