Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sehat dan Tetap Aktif Ala Saya di Tengah Pandemi

Tetap bekerja selama pandemi membuat saya sangat memperhatikan banyak hal agar tetap sehat


Pandemi Covid-19 yang berlangsung selama dua tahun lebih benar-benar merubah banyak hal dalam hidup banyak orang, termasuk saya. Ketika pandemi ini muncul makin terasa kesehatan itu paling berharga dan sangat utama dalam hidup. Korban-korban pandemi yang berjatuhan dalam sekejap dan rusaknya berbagai sendi kehidupan menjadi pelajaran berharga.

Sebagai seorang wanita yang berstatus istri, ibu dan wanita bekerja, saya merasa punya resiko yang besar dengan virus Corona ini. Karena itu sejak awal pandemi, kesehatan diri sendiri dan keluarga lebih menjadi fokus utama saya.

Mengapa kesehatan menjadi sangat utama dan fokus bagi saya ? Berikut alasannya :

·         Saya adalah seorang ibu yang mengurus suami dan satu anak yang masih sekolah dasar. Jika saya sakit apalagi terserang virus corona tentu akan berimbas pas suami dan anak. Mereka butuh saya di rumah dan apalagi anak juga belajar online yang harus saya damping tiap hari.

·         Saya adalah ibu bekerja yang harus berkantor di dua tempat. Selain pekerjaan utama saya juga membantu boss di perusahaan di kantor organisasinya. Selama pandemi kegiatan kantor dan urusan organisasi tetap berjalan. Sehingga saya harus tetap sehat.

·         Saya adalah tulang punggung keluarga di kampung, khususnya ibu saya yang masih membutuhkan tanggungjawab saya untuk menghidupinya. Jika saya sakit tentu semua akan repot.

·         Saya tidak ingin merepotkan banyak orang, karena ketika sudah sakit tentu pekerjaan rumah, kantor dan organisasi tentu akan terkendala, sehingga harus ada yang menggantikan. Sementara tenaga di kantor juga terbatas dan jikapun terpaksa ada yang menggantikan tentu mereka akan kerepotan.

 Oh ya kemarin ada kabar seorang teman alumni terkonfirmasi positif Covid tapi hanya menjalani isolasi mandiri atau isoman di rumah. Kami memberikan dukungan dan support di grup alumni supaya dia tetap semangat dan mengikuti segala saran dokter untuk kesembuhan. Saya sendiri juga menyarankan agar dia mengkonsumsi vitamin isoman.

Nah supaya tetap sehat dan aktif bekerja dan berorganisasi di tengah pandemi ini, saya menerapkan tips berikut ini :

·         Menjaga asupan makanan pokok

isi piring saya sehari-hari 


Makan merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan. Apalagi saya ada riwayat penyakit maag yang tidak boleh telat makan. Pola makan, jenis asupan makanan dan keteraturan jadwal sangat saya perhatikan supaya penyakit saya

·         Rutin makan buah dan sayuran

Selain makanan pokok seperti nasi dan lauk pauk, buah-buahan juga rutin saya konsumsi setiap hari. Karena vitamin dalam buah khususnya vitamin C akan membantu menjaga daya tahan tubuh guna menjaga kesehatan. Begitu juga dengan asupan sayuran yang selama ini kurang rutin, saya juga rutinkan dan wajib setiap hari.

·         Mengkonsumsi air putih yang cukup

Botol air selalu tersedia di meja kerja


Selama ini asupan air putih tidak terlalu saya hitung berapa jumlahnya. Namun semenjak pandemi saya sengaja khusus membeli botol air dengan volume satu liter yang harus saya habiskan selama di kantor. Bahkan saya harus menambah 500 ml sehingga asupan air putih dari pagi sampai sore di kantor tercukupi 1500 ml. Sisanya adalah di konsumsi air di rumah.

·         Mengkonsumsi madu

Madu juga rutin saya konsumsi setiap hari khususnya selama pandemi. Bahkan saya mempunyai langganan yang tiap bulan mengirimi saya 1 liter madu.

·         Tidur dan istirahat yang cukup

Tidur lebih awal dan memilih beristirahat di rumah saat libur atau jika tidak bekerja lebih saya utamakan. Karena hal ini akan sangat berpengaruh pada kesehatan

·         Olahraga

Olahraga meski itu cuma jalan kaki di pagi hari mulai saya rutinkan untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh

·         Menonton hiburan yang lucu

Menonton hiburan yang membuat tertawa juga menjadi pilihan saya. Karena rasa bahagia melihat tontonan yang menghibur akan membuat imun tubuh saya makin meningkat.

·         Menjauhi atau menskip berita dan informasi hoax

Informasi hoax yang banyak beredar di media sosial selau saya skip. Karena itu akan mempengaruhi pikiran dan berdampak pada kesehatan khususnya imun tubuh.

·         Mengkonsumsi vitamin

Selain madu saya juga mengkonsumsi vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Suami dan anak juga saya rutinkan.

·         Patuh pada protokol kesehatan

Mematuhi protokol kesehatan dimanapun berada juga hal yang sangat utama saya lakukan. Menggunakan masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan

Alhamdulillah dengan tips-tips di atas, kami sekeluarga diberikan nikmat kesehatan oleh Allah SWT. Selama pandemi jika ada sakit itu sakit ringan dan bisa diobati dengan obat warung atau beli di apotik, sehingga tetap bisa beraktifitas seperti biasa.

Semoga kami sekeluarga diberikan kesehatan dan umur panjang. Doa yang sama bagi seluruh teman-teman dan masyarakat Indonesia khususnya semoga senantiasa diberikan kesehatan, umur panjang dan kemudahan selama pandemi ini. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa hidup normal kembali. Aamiin YRA.

 

 

 

 

15 komentar untuk "Cara Sehat dan Tetap Aktif Ala Saya di Tengah Pandemi "

  1. Iya ya Mba. Sehat itu kala pandemi terasa banget sebagai harta tak ternilai. Terima kasih sudah berbagi. Salam sehat

    BalasHapus
  2. dengan pola hidup sehat, rutin olahraga dan menjaga pola makan ngebuat tubuh kita selalu dalam kondiri prima. Tak lupa untuk terus menjaga prokes ya kak

    BalasHapus
  3. Pandemi ini jangan stress dibawa happy aja biar virus jauh.

    BalasHapus
  4. Akh pandemi ini banyak banget keberkahan ya mba, bagaimana yang kerja tetap di beri kesehatan. Karena saat ini sehat itu mahal dan jadi akrab kata sehat sehat ya keluarga klo lagi telponan atau jaga kesehatan ya saat ketemu teman.

    BalasHapus
  5. pandemi bukan alasan buat mager, banyak hal bisa dikerjakan dari rumah.

    BalasHapus
  6. Dengan adanya pandemi ini kita jadi bisa belajar bahwa kesehatan itu penting dan mahal harganya. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan ya mbak

    BalasHapus
  7. Betul banget, menjaga kesehatan dimasa pandemi ini tuh penting banget ya. Apalagi kalau seorang ibu, karena namanya ibu tuh kudu tetap sehat biar kehidupan di rumah tetap berjalan dengan lancar.

    BalasHapus
  8. Saya berupaya menjaga diri di masa pandemi ini dengan makan banyak sayuran yang ditanam sendiri. Semoga kita semua selalu sehat ya

    BalasHapus
  9. Pandemi ini jadi ngajarin kita buat lebih sayang ke diri sendiri ya. Jadi kalau kitanya sehat, imun kuat, itu penyakit bakal jauh-jauh. Tetap jaga kesehatan buat semua

    BalasHapus
  10. Dijaman Pandemi begini memang harus lebih ekstra menjaga kesehatan
    Disamping kebersihan tentunya, jangan kendor protokol kesehatan juga
    Stay safe dan stay healthy ya mba

    BalasHapus
  11. Seorang perempuan apalagi seorang ibu memang seharusnya tidak boleh sakit. Ada banyak beban yang perempuan emban. Dan beban2 tersebut ketika sang wanita sakit akan berantakan tak terurus. Tetap sehat wahai para ibu, pandemi seperti sekarang ini harus membuat kita lebih kuat daripada sebelumnya.

    BalasHapus
  12. MasyaAllah makasih tipnya Uni. InsyaAllah diterapkan jaman sekarang kudu hati-hati banget asli. Semoga kita semua sehat aamiin.

    BalasHapus
  13. Konsumsi makanan sehat dan jaga pikiran agar tidak stres bagian dari upaya biar imun tubuh tetap terjaga

    BalasHapus
  14. Konsumsi makanan dan vitamin memang hal yang wajib di era pandemi gini. Kemarin seminggu lupa ngga minum vitamin, ealaah langsung tepar. Hehee

    BalasHapus
  15. Di tengah pandemi tentu banyak sekali kekhawatiran-kekhawatiran yang dirasakan yaa..
    Aku juga merasakan banyak hal dan salah satunya yang sering adalah efek psikosomatis.

    Bener banget..kak.
    Kudu fokus sama apa yang bisa kita lakukan agar daya tahan tubuh tetap baik dan tetap bahagia dari sisi mental.

    BalasHapus