Jajanan Surabaya Yang Bisa Dijadikan Oleh-Oleh




Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang diberi julukan sebagai kota pelajar. Kota yang juga dikenal sebagai sentra industri ini juga sering dijadikan sebagai tujuan wisata ataupun hanya sekedar untuk melakukan kegiatan bisnis. Nah, bagi Anda yang sedang ataupun ingin berkunjung ke Surabaya maka jangan ketinggalan untuk mencicipi berbagai jajanan khas Surabaya. Untuk lebih jelasnya, berikut akan diulas beberapa jajanan Surabaya yang bisa Anda jadikan oleh-oleh, yaitu:


Sambal dan Udang Bu Rudy

Bagi Anda yang menyukai pedas, jangan lewatkan untuk mencicipi Sambal dan Udang Bu Rudy. Di tempat ini Anda bisa mencicipi berbagai macam sambal, mulai dari sambal udang, sambal bawang, sambal  bajak, ikan crispy, udang, bandeng asap, ikan crispy, bandeng asap hingga lainnya. Perlu diketahui, meskipun di Surabaya banyak penjual sambal yang mengaku bisa membuat sambal seperti Bu Rudy, namun tetap saja tidak ada yang mampu menyaingi cita rasa Sambal dan Udang Bu Rudy. Jika ingin mencicipi sambal Bu Rudy ini maka Anda tinggal berkunjung ke Jalan Dharmahusada 140.

Almond Crispy Cheese

Almond merupakan salah satu cemilan yang sudah terkenal enak sekaligus menyehatkan. Perlu diketahui, kini olahan kacang almond ini sudah semakin terasa lezat melalui cemilan Almond Crispy Cheese. Cemilan lezat ini terbuat dari bahan tepung terigu, kacang almond, gula, keju serta telur. Untuk bentuk cemilan ini cukuplah tipis dan bertekstur yang renyah. Sementara untuk pilihan rasanya terdiri atas tiga rasa yaitu coklat, green tea serta original cheese. Cemilan Almond Crispy Cheese bisa Anda peroleh di pusat Oleh-oleh Wisata Rasa, Jln Raya Jemursari, No.164.

Kerupuk Ikan Kenjeran

Kenjeran merupakan salah satu pantai yang terkenal sebagai pelabuhan di Surabaya. Kawasan pantai ini juga populer dengan hasil lautnya yang melimpah. Sehingga tidak mengherankan jika penduduk setempat memanfaatkan hasil lautnya dengan membuat berbagai kreasi seafood, salah satunya dijadikan sebagai kerupuk.

Kerupuk olahan dari ikan yang ada di sekitar pantai Kenjeran ini sangat terkenal dengan kelezatan dan rasanya yang gurih. Bahkan di kawasan ini Anda tidak hanya bisa menemukan kerupuk berbahan dasar ikan saja, namun Anda juga bisa menemukan kerupuk dengan olahan bahan lainnya seperti kerang, cumi ataupun lainnya. Nah, bagi Anda yang ingin membeli kerupuk sebagai oleh-oleh maka Anda bisa membeli kerupuk yang masih mentah dan dapat digoreng di rumah.

Bunarendang

Burger Nasi Rendang atau lebih dikenal dengan singkatan Bunarendang merupakan salah satu kuliner Surabaya yang terdapat di web Traveloka. Bunarendang dibuat dengan bentuk yang sangat unik, pasalnya jika umumnya untuk membuat burger menggunakan lapisan roti, maka berbeda dengan Bunarendang yang menggunakan nasi sebagai bahan lapisannya. 

Bahkan untuk isinya pun tidak menggunakan sayuran, namun hanya menggunakan rendang yang sangat lezat. Meskipun makanan cepat saji ini sangat lezat disantap saat masih hangat, namun Anda tidak perlu khawatir karena Bunarendang juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Karena Bunarendang bisa Anda panaskan di dalam microwave. Selain bisa Anda dapatkan di web Traveloka, jajanan Surabaya ini juga bisa Anda peroleh langsung di kawasan Dukuh Kupang, Swalayan Sakinah ITS di Surabaya, JL. Manyar Surabaya, Fakultas Budaya Unair.

Abon Sapi Padmosusastro

Di Surabaya memang terdapat banyak sekali penjual abon sapi, hanya saja tidak ada yang bisa mengalahkan cita rasa Abon Sapi Padmosusastro yang ada di Jalan Padmosusastro. Abon sapi ini juga dibuat dengan memiliki dua rasa, yaitu manis dan pedas. Oleh karena itu, jangan heran jika Abon Sapi Padmosusastro lebih terkenal dibandingkan penjual abon sapi lainnya di Surabaya. Apalagi Abon Sapi Padmosusastro ini memiliki rasa yang sangat lezat dan tentunya sangat enak untuk dicicipi.

Kue Bikang Peneleh

Kuliner Surabaya yang terdapat di web Traveloka selanjutnya adalah Kue Bikang Peneleh. Kue bikang ini tidak hanya memiliki warna yang sangat enak dipandang mata, namun juga memiliki rasa yang sangat lezat serta bertekstur lembut. Kue Bikang Peneleh ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh kue basah. Kue Bikang Peneleh ini juga bisa Anda peroleh langsung di Jalan Peneleh 32-34.

Komentar