Makanan Kampung yang Dirindu Saat Puasa

Pic by Saribundo.biz

Sebagai anak rantau saya sering rindu dengan berbagai makanan asal kampung halaman, Pariaman, khususnya saat berbuka puasa ini. Memang sih ada yang menjual, namun rasanya tidak khas seperti di kampung.
Berikut makanan kampung yang saya rindukan untuk berbuka puasa :

·         Kue Talam
Kue ini nyaris tidak ada yang menjual di sini, di Tanjungpinang. Ada yang mirip bentuknya, tapi rasanya jauh berbeda. Teksturnya juga. Kue talam di kampung saya terbuat dari tepung yang dengan lapisan atas santan dengan rasa yang khas. Manis dan gurih dan bikin ketagihan.
·         Godok Basaka
Godok atau orang di sini menyebutnya jemput jemput pisang. Namun tetap yang di kampung juara rasanya. Pisangnya asli tanpa dicampur tepung sehingga teksturnya kenyal dan diberi saus gula merah yang kental. Hmm..benar-benar pecah di mulut.
·         Ondeh-ondeh
Ondeh-ondeh atau klepon tapi di kampung saya terbuat dari pulut dan daun pandan asli. Bukan dari ubi atau campuran pulut dan ubi serta menggunakan pasta pandan.
·         Pical
Pical atau pecal memang banyak yang menjual tapi rasanya tidak original alias rasanya manis. Saya pengin makan pical yang original dengan kuah gurih pedas.
·         Gado-gado
Sama halnya dengan pical, gado-gado di sini rasanya dominan manis. Saya ingin makan gado-gado dengan rasa yang sama di kampung dengan kuah kacang yang kental dan gurih plus rasa pedas dari tambahan cabe merahnya.
·         Silamak Srikaya
Silamak srikaya berupa pulut gurih dan di atasnya srikaya manis tidak saya temukan dengan rasak khas di sini. Ada yang menjual tapi pulutnya tawar dan srikayanya keras dan manis tawar.
Sebenarnya banyak lagi makanan asal kampung halaman yang saya rindukan, tapi untuk sementara ini aja dulu. Semoga nanti ada kesempatan untuk pulang kampung dan bisa menikmati semua kelezatannya yang tidak saya temukan di rantau.

Anda juga sedang merantau ? makanan apa yang dirindukan yang susah didapat atau bisa didapat dirantau namun rasanya tidak sama ? Share donk.



Komentar

  1. Nah, aku mengeenai makanan itu ya tdk jadi persoalan. Meskipun di rantau, terkdang lebih sering beli bila kepingin sesuatu makana.

    BalasHapus
  2. Makanan yang dirindukan?
    Rujak cinguuurr...

    Karena di Bandung gak ada yang jualan Rujak cingur.
    Hanya Surabaya yang punya.

    Ada beberapa lagi siih...kaya lontong balap, semanggi dan mie campur.
    Belum lagi penyetan dengan sambel basahnya.

    Hiiiihii...jadi ngiler, padahal masih shaum jam segini mah yaa...

    BalasHapus
  3. Aku lagi nggak merantau, jadi semua camilan ramadhan ada di sini. Tapi ada yang aku kangenin sih, biasanya ibuku bikin ketan durian. Nah tahun ini belum bikin nih

    BalasHapus
  4. Wah... Tetep ya apapun yg made in kampung halaman ngga ada lawan. Karena memang lidah sudah terbiasa dengan rasanya. Sama kaya mbak. Kwetiaw goreng dan berbagai macam makanan peranakan Pontianak susah ditemukan ditempat lain

    BalasHapus
  5. Kalau lagi ngerantau emang suka rindu sama masakan2 tertentu. Dan yang paling dikangenin ya masakan rumahan

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah masih tinggal di kampung sendiri dan kadang memasak makanan kampung yang khas. Pengen makan apa tinggal beli bahannya. Beberapa makanan kampung yang kumasak malah banyak yg tidak kenal padahal ada. Hihi...
    Btw, sebagai penyuka makanan tradisional, semua makanan yang Uni sebutkan terasa sangat lezat. Jadi cleguk sendiri

    BalasHapus
  7. Banyak sih Mbak makanan kampung halaman yang saya rindukan. Saya asli Solo dan sekarang tinggal di Sidoarjo. Banyak makanan khas Solo yang enggak ada di sini. Jadi ya ketemunya pas pulang kampung aja :)

    BalasHapus
  8. Wah, yang aku tahu cuma gad0-gado doang nih dan kayakanya itu makanan lainnya menarik deh, jadi pengin nyobaaa.

    Kalo dari kampung halamanku, Semarang, harus nyoba yang namanya Mi Kopyok, Nasi Ayam, sama apalagi yaaak....

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung