Cara Belanja Cerdas Menjelang Hari Raya


Biasanya meningkat harga kebutuhan pokok dan kebutuhan lainnya menjelang hari raya dikarenakan permintaan pasar lebih besar dibandingkan dengan persediaan penjual. Tetapi hal itu bisa diatasi dengan belanja cerdas. Belanja cerdas adalah belanja yang sudah diperhitungkan sesuai kebutuhan di waktu yang tepat.

Manfaat dari belanja cerdas akan dirasakan ketika meningkatnya berbagai macam kebutuhan menjelang hari raya. Belanja cerdas membantu anda dalam mengurangi pengeluaran dari hal yang tidak diperlukan, berikut 3 definisi belanja cerdas untuk kebutuhan anda.

Pertama, menjelang hari raya Idul Fitri, tentunya pengeluaran akan semakin banyak apalagi hari raya pada tahun ini bersamaan dengan kenaikan kelas. Jadi dengan merencanakan belanja cerdas, pengeluaran yang banyak bisa dikurangi dengan perencanaan pengeluaran yang cermat. Jadi anda harus bisa merencanakan kebutuhan dan melakukan pembelian di waktu yang tepat sebelum harga kebutuhan naik serta memanfaatkan info diskon hari raya yang ditawarkan oleh penjual.

Kedua, belanja cerdas juga bisa diartikan membatasi diri pada apa yang dibutuhkan dan bukan yang disukai. Jadi harusnya anda tahu mana yang dibutuhkan dan mana yang tidak diperlukan untuk dibeli. Jika tidak membatasi diri, kemungkinan besar pengeluaran akan membengkak dan kebutuhan tidak terkendali. Hal ini dikarenakan banyak orang yang terjebak oleh iklan semata dan rayuan penjual padahal tidak sesuai dengan kebutuhannya.

Di hari raya, penjual mencoba mengambil keuntungan dari momen-momen seperti Ramadhan, hari raya Idul Fitri, dan hari besar lainnya demi meningkatkan penjualan dan keuntungan. Jadi jangan sampe anda tergiur dengan iklan atau ucapan penjual dan akhirnya membeli yang tidak anda butuhkan sama sekali. Jadi mulai sekarang lebih fokus membeli kebutuhan penting dibanding terjebak oleh iklan.

Terakhir, belanja cerdas terdapat dua poin utama, pertama adalah konsumsi dan kedua adalah waktu pembelian. Maksud dari konsumsi adalah membeli kebutuhan yang tepat yang memang dibutuhkan sekali dalam hidup anda. Sedangkan waktu pembelian adalah waktu yang tepat untuk membeli semua kebutuhan sehingga tidak membuat pengeluaran menjadi membengkak. Jadi mulai sekarang belanja dengan cerdas dan rasakan manfaatnya dalam hidup anda.

Komentar

  1. cara belanja cerdas rajin2 mantau harga di toko online dan sekarang kalau lihat harga di supermarket lalu bandingin di online, pilih online

    BalasHapus
  2. Kalau belanja online, poin waktu memang sangat penting... hihihi maksudnya waktu tepat kapan ada diskon gede-gedean.... Kalau sudah ada diskon gede, biasanya ak nyetok. Walaupun sekarang gak butuh, tapi tetap dibeli untuk keperluan next... hahaha jatuhnya boros juga ya?

    BalasHapus
  3. dizaman sulit ini, aku benar2 puasa belanja yang aku sukai kak...aku lebih utamakan apa yang menjadi kebutuhan...dengan begitu aku bisa mencukupi segala kebutuhan keluarga dan terhindar dari yang namanya ngutang...

    BalasHapus
  4. Jaman seksrang kudu pintar2 mengolah keuangan ya kak..kebutuhan semakin hari makin banyak. Biasanya aku selalu dulukan kebutuhan anak sekolah, dan dapur, baru deh mikir yg lain..

    BalasHapus
  5. Belanja cersas bagi mak2 adalah ketika liat diskon besar langsung ngeborong semua. Hahaha

    BalasHapus
  6. Aku termasuk yang jarang tergoda ama diskon. Borosnya di makanan. Sama sekali gak cerdas ya, hahaha

    BalasHapus
  7. Setelah berkeluarga aku benar2 pilih mana yang mau kubeli. Seringnya dahuluin kebutuhan anak daripada kebutuhanku sendiri. Gitu ya Ni, kalo udah jadi emak. Meskipun gitu, ttp harus cerdas, ga boleh kalap.

    BalasHapus
  8. wah, sekarang saya makin cerdas sebelum belanja. Tidak mudah lagi tergoda dengan Mbak Dis (kon).

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung