Tips Cerdas Menghadapi Lebaran


Sebentar lagi bulan puasa dan diikuti dengan lebaran. Bukan rahasia umum lagi jika kebutuhan saat bulan puasa dan menghadapi lebaran akan meningkat. Salah satu faktornya adalah biaya kebutuhan untuk merayakan lebaran, seperti membeli baju lebaran, kue dan biaya pulang kampung atau mudik bagi yang berasal dari kota lain.

Memang menghadapi lebaran ada sebagian orang yang mendapatkan tunjangan hari raya (THR) dari tempat bekerja, namun ada juga yang tidak dapat. Tapi meskipun begitu, untuk menghadapi lebaran perlu trik agar dalam memenuhi kebutuhan tidak menimbulkan utang. Kalau perlu uang THR bisa dihemat atau ditabung untuk keperluan lain.

Saya mempunya tips yang mungkin bisa ditiru bagi yang mau. Berikut tips cerdas menghadapi lebaran.
1.       Mencicil membeli keperluan baju lebaran sejak awal, misal dari 4 atau 5 bulan sebelum puasa.
Biasanya saya menggunakan sisa uang belanja atau uang arisan membeli baju lebaran, khususnya baju anak. Misalkan bulan pertama membeli sepasang baju, bulan kedua membeli sepasang lagi, bulan berikutnya membeli sepatu dan seterusnya.
2.       Memanfaatkan diskon dari toko.
Setiap tahun selalu ada toko toko yang melakukan diskon. Biasanya mereka akan mengganti barang baru atau menghabiskan sisa barang lama. Nah, hal ini sangat saya manfaatkan. Tak jarang saya mendapatkan pakaian dengan kwalitas bagus dengan harga miring.
3.       Memanfaatkan promo dari toko online yang melakukan diskon dan ongkos kirim
4.       Membeli kebutuhan dapur sebelum bulan puasa
Misalnya tepung, mentega, cokelat dll. Karena biasanya saat bulan puasa, harga akan naik.
5.       Melakukan booking tiket pesawat sejak awal.
Memang untuk hal ini harus dipastikan keberangkatan tanggal berapa dan cuti kantor sudah pasti didapatkan.
6.       Memanfaatkan barang lama namun tetap bisa dipakai saat lebaran
Seperti stoples kue tidak harus beli baru karena yang lama masih cantik. Gorden jendela tidak harus selalu diganti tiap tahun atau baju lebaran yang tahun lalu dan jarang dipakai masih bisa dipakai untuk bersilaturahmi.

Ya, itulah tips dari saya selama ini. Semoga bermanfaat.


Komentar

  1. bermanfaat tipsnya kak bagi yang bisa kontrol uang...tapi kalo buat saya, meski gak belanja baju dll, tetap aja keteteran kalo nak lebaran, ada aja ujian lafar mata nak beli sesuatu diluar budget :(

    BalasHapus
  2. Wah nggak terasa sudah mau lebaran ya, Uni... Trima kasih tipsnya, Uni.. :)

    BalasHapus
  3. Aku jarang banget beli baju buat lebaran. Hihihi... etapi tipsnya buat beli bahan-bahan pokok sebelum ramadhan boleh juga tuh.. kalau tiket pesawat mah jangan ditanya.. udah dari kapan tau belinya :p

    BalasHapus
  4. Hehe gak terasa dah mau puasa and lebaran aja nih nya 2 bulanan lagi haha. Kerenn ni uni tips nya catetttt

    BalasHapus
  5. Tahun ini aku udah gak dapet THR lagi.. Hahaha

    BalasHapus
  6. jangan lupa cek expired date nya yaa uni, kalau beli barang2 kebutuhan pokoknya...

    BalasHapus
  7. Betul ka salah satunya untuk mempersiapkan keperluan ketika lebaran memanfaatkan diskon toko online, seperti membeli perlengkapan sholat untuk diberikan kepada orang tua

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung