Cara dan Keuntungan Investasi Logam Mulia Emas


Sebenarnya sudah lama ingin berbagi tentang investasi  logam mulia (LM) emas. Tapi banyak pertimbangan, salah satunya adalah nanti dianggap pamer. Tapi karena kemarin di grup ada diskusi tentang teman yang kecewa dengan asuransi unit link dan saya sarankan investasi di LM Emas, saya makin mantap menuliskan tentang cara dan keuntungan investasi logam mulia.


Sebenarnya logam mulia itu banyak jenisnya, seperti emas, perak, platina dll. Namun yang sering dijadikan investasi adalah logam mulia (LM) emas. Di Indonesia yang dikenal bagus adalah LM emas keluarkan PT. Antam. Di sejumlah kota besar, LM Emas Antam bisa dibeli di Butik Antam, sedangkan di kota kecil bisa dibeli di toko emas biasa dan pegadaian.

Saya memulai investasi LM Emas Antam tahun 2015. Dimulai dengan membeli ukuran 5 gr di toko emas langganan saya. Keinginan berinvestasi LM Emas Antam ini didasari beberapa hal :
·         Sudah memiliki cukup perhiasan emas untuk dipakai sehari-hari. Jadi kalau saya beli lagi, rasanya terlalu norak untuk sering berganti-ganti koleksi.
·         Harga emas perhiasan tidak nett alias ditambah ongkos pembuatan. Ruginya saat menjual atau menukar model, akan dikurangi biaya pembuatan. Intinya banyak potongannya saat membeli dan menjual emas perhiasan.
·         Harga logam mulia emas adalah nett. Sesuai dengan harga emas dunia. Jika pun toko emas mengambil keuntungan cuma sekitar Rp 10-20 ribu per batang atau logam.
·       Logam mulia emas cenderung akan naik harganya setiap tahun. Sehingga bisa mendapatkan keuntungan besar saat menjualnya.
·     Logam mulia emas dimulai dari ukuran 1 gr, sehingga jika punya uang sebesar harga 1 gr emas, saya sudah bisa membeli 1 gr keping emas
·         Saat mengkonversi 1 gr emas sebanyak 5 keping ke dalam bentuk kepingan 5 gr, tidak perlu menambah biaya. Cukup ditukar begitu saja.
·         Jika butuh uang, logam mulia emas bisa digadai. Ataupun jika ingin menjual sangat gampang di toko emas.

Berdasarkan alasan di atas, saya mantap untuk investasi LM Emas Antam. Tapi sebelumnya, saya melakukan sejumlah riset kecil-kecilan untuk mencari  referensi. Karena pernah dengar ada penipuan LM Emas, yaitu emas palsu. Berikut hal yang saya lakukan sebelum membeli LM Emas di toko emas.
·      Mencari informasi sebanyak-banyak di internet tentang logam emas mulia. Ternyata selain PT Antam ada perusahaan tambang lainnya. Namun memang LM Emas Antam yang banyak dibeli masyarakat karena memang sudah dikenal.
·         LM Emas Antam akan mempunyai cetakan yang khas, berupa logo 3 dimensi huruf L dan M yang ketika digoyang akan berubah bentuk. L akan berubah menjadi M dan begitu juga sebaliknya.
·     LM Emas Antam mempunyai sertifikat yang kode di kepingan emasnya sama dengan di sertifikat.

Sebenarnya ada lagi sejumlah cara, namun itu harus dilakukan dengan menggunakan sinar ultra violet. Tapi saya merasa sudah cukup mantap membeli di toko emas langganan, karena faktor kepercayaan menjadi pelanggan bertahun tahun.

Saat baru pertama kali membeli, saya menggoyang-goyang kepingan emas 5 gr itu. Benar sesuai petunjuk, logo L dan M berubah bentuk. Begitu juga dengan sertifikatnya yang sesuai serinya dengan yang tertulis di kepingan emas.

Meski sudah punya sertifikat, saya tetap meminta surat pembelian emas. Karena itu bukti jika saya mempunyai LM Emas Antam ini hasil membeli dari toko emas itu. Hal ini untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan suatu hari ini.

Akhirnya, saya ketagihan membeli LM Emas ini. Hingga tahun 2017 terkumpul 50 gr terdiri dari kepingan 5 gr dan 10 gr. Sebenarnya pengin dijadikan kepingan 50 gr, namun orang toko emas mengatakan nanti jika suatu saat saya butuh uang tidak banyak, ukuran 5 gr bisa digadai.

Untuk penyimpanan, saya menyimpan di safety deposit box di sebuah bank. Jadi saya merasa aman dan tidak khawatir investasi saya hilang. Namun, ketika saya harus membantu ibu di kampung merehab rumah yang sudah tua, akhirnya semua LM Emas Antam saya jual. Alhamdulillah ada untung lumayan besar.

Baca juga : Safety Deposit Box Tempat Aman Menyimpan Barang Berharga

Investasi LM Emas Antam menurut saya sangat aman dan menguntungkan dibandingkan investasi di asuransi yang menawarkan investasi. Kenapa ?

Rata-rata perbulan untuk membayar asuransi plus investasi sebesar Rp 500 ribu – 1 juta. Jumlah itu sudah bisa membeli  kepingan 1 gr dan 2 gr LM Emas Antam.
    • Dalam setahun bisa terkumpul 12 gr- 24 gr LM Emas Antam jika tiap bulan rutin mengalokasikan uang sebesar Rp 500 ribu- 1 juta.
     • Saat kepepet, bisa digadai atau langsung dijual tanpa bertele-tele. Beda dengan di asuransi unit link yang harus dicairkan dengan proses plus kena penalti serta jumlah uang yang diterima jauh dari uang sudah kita setor selama ini. 
   • Harga LM Emas cenderung naik tiap tahun. Jika tujuan berinvestasi untuk pernikahan, biaya kuliah, perjalanan haji dll, pilihan berinvestasi di LM Emas ini adalah pilihan yang tepat.
       • Tak ada pihak yang bakal menagih ketika telat atau keuangan tidak stabil.

Tertarik untuk berinvestasi di LM Emas ? Tentu donk. Caranya ada 2 :
1. Membeli tunai di toko emas atau Butik Antam di kota anda senilai uang yang dialokasi tiap bulan. Minimal sebesar Rp 500 ribu atau senilai harga 1 gr LM Emas. 
2. Membeli dengan cara mencicil di lembaga pegadaian.
 Pilihan tergantung dengan kondisi keuangan kita. Intinya berinvestasi di LM Emas bisa diatur oleh diri sendiri, bukan oleh pihak lain. Uang kita, emas kita dan kita berhak sepenuhnya saat memerlukan tanpa harus gontok-gontokan saat mendadak memerlukannya. 


Komentar

  1. wah keren ini ya investasi emas bisa jadi pilihan nih, mantap

    BalasHapus
  2. Saya sudah lama memikirkan investasi emas batangan kecil gini, tapi masih ragu, karena musti sewa deposit box. Tapi kalau melihat penjelasan gini sepertinya lumayan ya, paling nggak mencegah uang kita berubah jadi tiket pesawat buat jalan-jalan

    BalasHapus
  3. Selalu males sebenernya kalo mama udah suruh-suruh beli emas, padahal selalu dibilang emas itu sumber investasi terbaik. Tapi mungkin lebih ke emas murni ini deh ya dari emas perhiasan. Makasih un reviewnya :*

    BalasHapus
  4. aku belom pernah Investasi Logam Mulia Emas uni. btw makasih lo ya udh berbagi informasi tentang ini. jadi kepikiran pengen Investasi Logam Mulia Emas juga jadinya

    BalasHapus
  5. Bener banget. Investasi emas kayaknya paling aman untuk menghindari inflasi. Dan investasi ini sudah jadi andalan emak-emak sejak zaman dulu. Pernah kepikiran untuk investasi emas, cuma bingung nyimpannya. Bener juga ya bisa pakai deposit box di Bank. Ntar coba aku pelajari dulu deh tentang safety deposit box di bank. hehehe... thanks infonya... yang pasti sekarang udah kasih kode suami kalau mau kasih hadiah nggak usah aneh-aneh tapi beliin emas aja. wkwkwk...

    BalasHapus
  6. Iya ya, ini sebenarnya investasi yang menguntungkan daripada menabung uang ya! Bisa dijual kalau harga emas naik :)

    BalasHapus
  7. Nah aku juga udah mulai nyicil nih beli LM. Lumayan kalau ada keperluan mendadak yang butuh dana besar bisa aku gadaikan dulu ke pegadaian.

    BalasHapus
  8. investasi adalah jalur mengamankan diri dari masa depan
    sehingga minimal bisa punya uang di masa depan

    emas bisa jadi salah satu pilihan dalam investasi

    terima kasih atas tips nya

    BalasHapus
  9. And i choose investasi LM ini mulai sekarang dengan serius uni. Thankyou informasinya. sebenarnya dulu pernah invest logam mulia, tp baru 10 gram lgsg jual kala itu. ga perlu lagi beli perhiasan deh, beli LM aja. thanks infonya uni :(

    BalasHapus
  10. Aku belum pernah liat penampakan LM ini. Jadi penasaran gara-gara uni bilang logonya bisa berubah2 dari huruf L ke M, hehehe..

    Makasih sharingnya uni. Jadi kepikiran untuk mulai coba2 investasi LM ini

    BalasHapus
  11. Wah. Bisa di coba neh tipsnya kece

    BalasHapus
  12. Setuju bangets dengan investasi logam mulia... Alhamdulillah saya sudah memulainya untuk menabung jangka panjang pendidikan para crucils... Semoga barokah selalu karena emas anti-ribah

    BalasHapus
  13. Iya, saya juga mempraktikkan ini mbak. Caranya dg menabung emas di pegadaian, jumlah tabungannya cuma minimal 5rb rupiah. Sangat memudahkan untuk investasi kecil2an bagi keluarga yg tdk memiliki penghasilan yang banyak.

    BalasHapus
  14. Aku dari dua tahun lalu nabung dipegadaian buat logam mulia ini. Kupikir memang buat inves jangka panjang. Kalau emas perhiasan, biasanya kutukartambah sekitar 1 tahun sekali

    BalasHapus
  15. Aku udah kepikiran juga sebenarnya untuk invest LM tapi dulu kakaknya ayah pernah kehilangan berbatang-batang emas di rumah. Jadi aku rada ngeri, kalau sewa jasa box di bank lumayan juga sih

    BalasHapus
  16. Waw, aku baru tahu .kalo investasi emas ternyata semudah ini ya. Wah perlu dicoba nih .

    BalasHapus
  17. Aku kemarin sempat bingung mau beli emas dari Antam atau di pegadaian. Terus mikir nyimpen nya dimana kalau Antam? Ada yang nyimpen di rumah, ada yang di deposit box. Akhirnya aku pilih nabung di pegadaian deh. Tapi jadi penasaran juga kalau beli langsung LM Antam. Anyway baru tahu nih bisa berubah huruf L ke M kalau digoyang. Thanks infonya

    BalasHapus
  18. memang investasi emas adalah salah satu dari ivestasi yang paling aman dan menguntungkan di dunia, cenderung minim resiko. Harga yang cenderung naik dan stabil, ayok lah rame-rame inves di emas hohohoho

    BalasHapus
  19. Tertarik juga nih kelak kalo udah kerja dan punya penghasilan tetap, coba sekali-kali investasi emas mulia. Cocok juga untuk biaya kehidupan pas udah berkeluarga kelak, apalagi harga logam mulia meas ini juga selalu cenderung naik dan stabil. Menarik kelak!

    BalasHapus
  20. Aku nasabah pegadaian untuk tabungan emas. Investasi emas bagus buat masa depan soalnya harganya terus naik. apalagi fluktuasi harganya lumayan banget terutama logam mulia berat diatas 50 Gram

    BalasHapus
  21. Tadi di kanyor kami lagi membahas investasi juga uni. Aih, iya nih, aku udah ikutan investasi unit link disebuah bank dan menyesal udah ikutan :( nanti kalau udah jatuh tempo, mau investasi di mas antam juga

    BalasHapus
  22. Terimakasih untuk tulisan mbak. Sudah lama sama suami mau investasi emas juga tapi gak tahu bagaimana mulainya. Jadi semakin yakin nih berinvestasi... Bismillah...

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung