Cara ke Pulau Anambas, Pulau Tropis Terbaik di Asia

cara mencapai pulau anambas kepri
foto : Ari Firdaus
Anambas, atau Kabupaten Kepulauan Anambas makin dilirik wisatawan baik nusantara dan luar negeri. Apalagi Pulau Bawah yang makin hit sejak konon didatangi David Beckham untuk berlibur. Namun masih banyak yang belum tahu bagaimana cara mencapai Pulau Anambas. Bahkan ternyata masih banyak yang belum tahu jika pulau tropis terbaik di Asia ini adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kepri.
cara ke pulau anambas, kepri
Foto : Zulharman
Kabupaten Kepulauan Anambas memang paling muda di Kepri, yakni terbentuk tahun 2008. Kabupaten ini mempunyai luas lautan 98,73 persen dan daratan hanya 1,27 persen. Di kabupaten ini terdapat 255 pulau yang mana lima diantaranya merupakan pulau terdepan yang berbatasan dengan perairan negara tetangga. Hanya 26 pulau yang berpenghuni, sedangkan sisanya 229 buah tidak berpenghuni. 

Cara Mencapai Anambas 
Mencapai Anambas dari luar Kepri tidak ada penerbangan langsung. Jadi untuk ke sana harus terbang dulu ke Kepri via Batam atau Kota Tanjungpinang. Jika Anda dari Jakarta, ada penerbangan setiap hari ke Batam dan Tanjungpinang. Sedangkan jika Anda di luar Jakarta, hanya ada penerbangan ke Batam. Jika ingin ke Tanjungpinang, dari Batam bisa menyeberang ke Tanjungpinang dengan kapal ferry sekitar 1 jam dari Pelabuhan Punggur ke Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang.

Untuk mencapai Kabupaten Kepulauan Anambas via Batam dan Tanjungpinang bisa melalui dua cara, yakni udara dan laut. Melalui udara Anambas bisa dicapai melalui Bandara Palmatak yang terletak di Kecamatan Palmatak. Bandara khusus ini merupakan milik ConocoPhilips. 

Bandara ini disinggahi pesawat Foker50 enam kali seminggu dengan rute reguler Matak-Batam -Jakarta pulang pergi. Pesawat itu merupakan carteran yang biasa digunakan ConocoPhilips Prime Oil dan Star Energi. 

Sedangkan pesawat Xpress Air menerbangi Anambas tiga kali seminggu yang berangkat dari Bandara Raja Haji Fisabilillah, Tanjungpinang dan Bandara Hang Nadim, Batam. 

Harga tiket untuk sekali terbang antara Rp 750 ribu - 1,2 juta dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Rute ke Anambas ini sering full booked, sehingga Anda yang merencanakan perjalanan ke Anambas harus memesan jauh hari. 

Sebenarnya ada Bandara Letung yang bisa dikatakan selesai namun belum dioperasikan. Bandara ini terletak di Pulau Letung dan akan menjadi tempat mendaratnya pesawat perintis. 

Sementara dari laut, Anambas bisa dicapai menggunakan kapal laut dari Kota Tanjungpinang, Bintan dan Batam. Ada dua pelabuhan di Anambas yang disinggahi oleh kapal penumpang reguler seperti KM Bukit Raya, KM Sabuk Nusantara, Blue Sealet 1, Kapal Perintis KM Terigas dan MV VOC Batavia, yakni di Pelabuhan Tarempa dan Pelabuhan Letung.

Jika Anda memilih naik KM Bukit Raya, berarti harus naik dari Pelabuhan Sri Bayintan, Kijang, Kabupaten Bintan (sekitar 30 km dari Tanjungpinang). Tarif terendah atau kelas ekonomi adalah Rp 145 ribu. Dari Pelabuhan Sri Bayintan, kapal milik Pelni akan singgah di Pelabuhan Letung kemudian ke Pelabuhan Tarempa. Waktu tempuh Kijang-Letung sekitar 14 jam, sedangkan Kijang Tarempa 18 jam.

Jadwal keberangkatan Km Bukit Raya dua kali dalam sebulan, sma dengan KM Sabuk Nusantara dan Terigas. Hanya saja yang membedakan, dua kapal perintis itu ukurannya lebih kecil namun harga tiket lebih murah, yakni terendah Rp 45.000,-

Sedangkan untuk MV VOC Bayavia ( MV Seven Star Island), jadwal berlayarnya tiga kali dalam seminggu. Tarifnya berkisar Rp 429.000,- Dengan kapal cepat iin waktu tempuh juga lebih cepat. Pada bulan-bulan tertentu seperti musim angin utara, kapal kapal ini terpaksa dihentikan sementara demi keselamatan mengingat gelombang tinggi dan cuaca buruk.

Jadwal BlueSeaJet 1
Rute Batam - Letung - Tarempa : Minggu -  Rabu - Jumat
Tarempa - Letung- Batam : Selasa - Kamis - Sabtu
foto : Gusdi Munandar

Berikut jadwal lengkap transportasi ke Anambas

TRANSPORTASI

NO
SARANA TRANSPORTASI
JADWAL KEBERANGKATAN
RUTE
1.


PESAWAT EXPRES AIR
HARI : SENIN DAN SABTU
PUKUL : 14.40 WIB
HARI : 
PUKUL : 13.20 WIB 
PALMATAK - TPI

TPI - PALMATAK

0821 2133 0003 (ATOY
2.


PESAWAT SUSI AIR
HARI : 
PUKUL : 
HARI : 
PUKUL :
LETUNG - TPI

TPI - LETUNG
3.


KAPAL FERY MV. BLUESEA JET 1
HARI : RABU, JUMAT DAN MINGGU
PUKUL : 07.30 WIB DARI PELABUHAN PEMDA
HARI : SELASA, KAMIS DAN SABTU
PUKUL : 09.00 WIB DARI PELABUHAN PUNGGUR BATAM
TPA - LETUNG - BTM

BTM - LETUNG - TPA

0821 2133 0003  (ATOY
4.


KAPAL FERY MV.TRANS NUSANTARA
HARI : SELASA, KAMIS DAN SABTU
PUKUL : 07.00 WIB DARI PELABUHAN TAREMPA
HARI : SENIN, RABU DAN JUMAT
PUKUL : 07.00 WIB DARI PELABUHAN SRI BINTAN PURA TPI
TPA - LETUNG - TPI

TPI - LETUNG - TPA
5.


KAPAL PELNI KM. BUKIT RAYA
KAPAL PELNI KM. BUKIT RAYA MELAKUKAN RUTE PERJALANAN SELAMA 1 KALI DALAM SEMINGGU  
TANJUNG PRIOK  - BLINYU - KIJANG - LETUNG - TAREMPA - NATUNA - MIDAI - SERASAN - PONTIANAK - SURABAYA - PONTIANAK - SERASAN - MIDAI - NATUNA - TAREMPA - LETUNG - KIJANG - BLINYU - TANJUNG PRIOK
0821 6961 4096 (a.n RICKY)
0813 6400 6943 (a.n H. ICHSAN)

0857 6564 1389 (a.n H. ICHSAN)
6.


KAPAL PELNI KM. LAWIT
KAPAL PELNI KM. LAWIT MELAKUKAN RUTE PERJALANAN SELAMA 1 KALI DALAM SEMINGGU 
TANJUNG PRIOK  - BLINYU - KIJANG - LETUNG - TAREMPA - NATUNA - MIDAI - SERASAN - PONTIANAK - SURABAYA - PONTIANAK - SERASAN - MIDAI - NATUNA - TAREMPA - LETUNG - KIJANG - BLINYU - TANJUNG PRIOK
0821 6961 4096 (a.n RICKY)
0813 6400 6943 (a.n H. ICHSAN)

0857 6564 1389 (a.n H. ICHSAN)
7.


KAPAL PELNI KM. SABUK NUSANTARA 30
KAPAL PELNI KM. SABUK NUSANTARA 30 MELAKUKAN RUTE PERJALANAN SELAMA 1 KALI DALAM 10 HARI SAMPAI TUJUAN TAREMPA
ARAH KAPAL DARI TPI (TANJUNGPINANG) KE PULAU
8.


KAPAL PELNI KM. SABUK NUSANTARA 39
KAPAL PELNI KM. SABUK NUSANTARA 39 MELAKUKAN RUTE PERJALANAN SELAMA 1 KALI DALAM 10 HARI SAMPAI TUJUAN TAREMPA
ARAH KAPAL DARI PULAU - KE TPI (TANJUNGPINANG)
9.


KAPAL PELNI KM. PERINTIS
KAPAL PELNI KM. PERINTIS MELAKUKAN RUTE PERJALANAN SELAMA 1 KALI DALAM 12 HARI SAMPAI TUJUAN TAREMPA
ARAH KAPAL DARI TPI (TANJUNGPINANG) KE PULAU


Jika Anda sudah sampai di Anambas, terdapat banyak penginapan kok. Untuk mencari penginapan Anda bisa baca di  artikel tentang penginapan di Anambas .Jadi tak perlu bingung. Tapi harus booked sejak awal karena sering penuh. Sedangkan untuk transportasi bisa menyewa sepeda motor sekitar 75 ribu - 100 ribu per hari. 

Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan ke Anambas. Btw..teman saya Mas Akut katanya mau ke sini ?
***********************

Sumber :
- Buku Exploring Anambas, Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda & Olahraga Kabupaten Kepulauan Anambas
- Anambaskab.go.id


Komentar

  1. Waaah sudah mulai banyak armada menuju ke anambas ya..tinggal waktunya saja yang diatur...

    BalasHapus
  2. Eh masih tentang Anambas ya Kak... Mantablah infonya....

    BalasHapus
  3. Sayangnya masih mahal dan butuh waktu yang lama. Jadi perlu cuti deh

    BalasHapus
  4. Lengkap infonya. Bookmark dulu, semoga ada kesempatan bisa ke anambas juga. Aamiin

    BalasHapus
  5. ke anambas itu harus tetap diniatkan , maklumlah jarak yang jauh dan biaya nggak murah. kalau cuma 2-3 hari di sana sayang

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung