Penginapan di Anambas

Anambas sekarang sedang naik daun. Apalagi sejak foto foto Pulau Bawah yang sering jadi pembicaraan para traveller karena keindahannya wara wiri di berbagai media sosial. Bahkan kabupaten paling muda di Provinsi Kepri ini, konon sempat didatangi oleh David Beckham dan keluarga untuk berlibur.

Keindahan alam khususnya wisata laut dan pulau pulau di  Anambas membuat orang banyak tertarik ke sana. Nah, sebelum berkunjung ke sana tentu salah satu info yang dibutuhkan adalah penginapan. Berikut penginapan yang ada di Anambas yang semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang akan berlibur atau melakukan perjalanan ke sana.
Saat ini tercatat ada 16 hotel dan penginapan di Anambas. Delapan diantaranya berada di Kota Tarempa, ibu kota Kabupaten Kepulauan Anambas. Kemudian Enam di Jemaja (Letung) dan satu di Palmatak. Bagi Anda yang akan berkunjung ke Anambas, sebaiknya melakukan pemesanan awal. Terutama di Kota Tarempa yang sering full booked tidak hanya pada akhir pekan tapi juga hari biasa.

Pada saat-saat tertentu, khususnya di Tarempa, jika Anda tidak memesan sebelumnya, bakalan tidak dapat kamar. Karena setiap kamar kosong dalam hitungan menit sejak kamar kosong sudah langsung di isi orang lain yang mengantre untuk masuk. 

Hal ini pengecualian bagi Anda yang akan berpetualang ke pulau-pulau atau berniat bermalam menggunakan tenda, home stay atau menginap di rumah kerabat atau kenalan.
Harga sewa penginapan di Anambas, terutama Tarempa dan Letung memang mahal dibandingkan pulau-pulau lain di Kepulauan Riau. Namun sebanding dengan fasilitas yang rata-rata sudah memiliki AC dan kamar mandi sendiri di setiap kamar. 

Di Kota Tarempa, penginapan atau hotel umumnya berada di tengah-tengah kota. Sebagian lagi berlokasi agak menjorok ke laut. Untuk yang berada di tengah kota, biasanya di sekitarnya banyak terdapat kedai kopi dan restoran serta berdekatan dengan pelabuhan dan pasar.

Begitu juga dengan di Letung. Karena itu jika Anda sudah sampai di sana bakal tidak kesulitan mencari penginapan karena lokasinya berdekatan. Tapi, jika masih kesulitan bisa ditanyakan ke warga sekitar.

1. Anambas Resort 
Berlokasi di Tanjung Tebu, Kelurahan Tarempa. Berkelas dan cukup mewah. Bangunan resort ini berdiri di atas aiir, tepat di tepi pantai. Ada tiga buah bangunan resort di sana, yakni  :
  • Angrek yang memiliki enam kamar. Dua kamar  VIP dengan tarif Rp 600.000,- per malam serta empat kamar double bed bertarif Rp 550.000,- Fasilitasnya kursi tamu, AC, TV, kamar mandi serta balkon
  • Mawar, yang terdiri dari enam kamar juga, Terdiri dari dua kamar kelas VIP bertarif Rp 490.000,- per malam dan empat kamar lain seharga Rp 450.000,- per malam. Fasilitas sama dengan Anggrek
  • Melati, memiliki 10 buah kamar dengan double bed dengan tarif Rp 250.000,- per malam
2. Penginapan Hang Tuah
Terletak di jalan Hang Tuah, Tarempa. Total kamar yang dimiliki 14 kamar dengan tipe standar. Dilengkapi fasilitas AC, TV dan kamar mandi. Tarif Rp 180.000,- untuk kamar satu tempat tidur dan Rp 200.000,- untuk dua kamar deluxe. Letak hotel ini ada di samping Kedai Kopi Murai.

3. Tarempa Beach
Jika Anda ingin menginap persis di pesisi pantai dan menghadap langsung ke alut, silahkan menginap di Hotel Tarempa Beach. Berlokasi di jalan SP 1 dan hotel ini memiliki sejumlah kamar yang bisa Anda inapi dengan tarif beragam mulai dari Rp 200.000,- Di samping hotel ini terdapat sebuah restoran cukup terkenal di Kota Tarempa, yakni Restoran Laluna.

Jika tiga penginapan di atas berada di Tarempa, untuk di Letung, ada lima penginapan yang seluruhnya berada di tengah tengah kota. Kebanyakan penginapannya berdiri di atas permukaan air. Tarifnya beragam, terendah dimulai dari Rp 150.000,-. Tak sulit mencari penginapan di sini dan biasanya tidak selalu penuh seperti halnya Tarempa. 

Dua diantara penginapan yang terkenal di Letung adalah Penginapan Nini dengan fasilitas sepuluh kamar, serta Penginapan Bing Kian yang memiliki delapan kamar. 

Sedangkan di Palmatak, pilihan penginapan hanya terbatas pada Penginapan Ed1 Coang dengan 10 kamar dan Penginapan Asih yang memiliki enam kamar.

Btw Silvia Noerita kalau mau ke Anambas jauh hari booking hotel dulu ya :)))

*****************************

Sumber :
- Buku Exploring Anambas, terbitan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Anambas
- Semua foto dari web Pemkab Anambas : www.anambaskab.go.id


Komentar

  1. Masih ada yang lumayan murah penginapannya. Tapi jauh ya dari pantai dan pulau yang cantik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jauh dari kota tarempa mungkin ada yg murah..tp kan rempong nyari makan

      Hapus
  2. Wah lumayan juga ya tarif hotelnya. Kirain murah-murah.

    BalasHapus
  3. Pilihan penginapan disana beragam ya uni. Bisa jadi pilihan nih kalo ke Anambas.. Tapi entah kapan kesananya :D

    BalasHapus
  4. Noted . terima kasih postingan nya sangat berguna mba

    BalasHapus
  5. Aish... saya baru tahu ttg Anabas ini, kudet banget ya hehe... makasih mba infonya :)

    BalasHapus
  6. Wahhhh Budget Penginapannya cocok juga nih buat yang Traveler pas-pas an kayak saya nih, heeee
    Thanks Infonya

    BalasHapus
  7. Aih mau mau nginap di Anambas, semoga lain waktu bisa kesampaian buat datang ke sana. Ntar temenin ya :D

    BalasHapus
  8. Masih dalam bucket list, semoga tahun ini bisa maen ke Anambas, aamiin.

    BalasHapus
  9. Thanks Uni review-nya.... semoga bias ke sini.....

    BalasHapus
  10. Semoga bisa sampe ke Anambas, noted infonya uni

    BalasHapus
  11. Masih terjangkau tarifnya... Semoga bisa segera ke sana. Thanks Mbak..

    BalasHapus
  12. mungkin karena penginapan disana sedikit jadi dengan harga 15ok udah bisa di bilang murah

    BalasHapus
  13. Kalo ada kesempatan boleh ne, main2 ke anambas, hehe

    BalasHapus
  14. seperti nya anambas akan rame dikunjungi, jika armada menuju kesana mulai banyak, dan penginapan juga terjangkau.. mareee rencanakan halan2 syantek ke anambas, pake kapal..heheh

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung