Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Vihara Patung 1000 Budha Dibuka Untuk Umum Selama Imlek 2016

patung 1000 budha kota tanjungpinang
Patung 1000 budha
Bingung mau kemana pada libur Imlek tahun 2016 ini ? Jangan bingung, ini ada destinasi wisata yang menarik dan unik di Kota Tanjungpinang,yakni Vihara Ksitigarbha Bodhisattva atau banyak orang menyebutnya Vihara 1000 Patung Budha yang berlokasi di Km 14 arah Kijang. 

Vihara yang dibangun sekitar tahun 2010 ini disebut unik karena mempunyai patung 1.000 wajah murid Buddha dengan berbagai ekspresi. Kemudian letaknya yang di atas bukit, makin menambah rasa penasaran dan memberikan sensasi saat berwisata sejarah ke sana. Namun keberadaan Vihara ini ternyata masih sedikit diketahui oleh masyarakat setempat.

Sebenarnya tulisan ini sudah pernah saya tulis di Detik Travel pada 25 Maret 2015 lalu. Jadi saya tulis lagi di blog pribadi, sekaligus untuk menambah arsip. Selain itu juga untuk menambahkan sedikit informasi khususnya tentang dibukanya kembali vihara ini untuk umum selama Imlek, yakni mulai Senin, 8 Februari hingga Senin, 15 Februari 2016 atau selama seminggu, dari pukul 07.00- 17.00 WIB.
patung 1000 budha kota tanjungpinang
berada di Tiongkok :) 
Berdasarkan informasi dari Pembina Yayasan Ling San Ju Wan Si, Bapak Bobby Jayanto, vihara ini masih dalam proses pengerjaan pembangunan. Sehingga memang hanya dibuka untuk umum pada moment moment tertentu seperti pada saat Imlek. Pengunjung juga gratis masuk dan hanya diminta menjaga kebersihan, ketertiban dan keamanan di lokasi vihara. 

Saya berkunjung ke vihara itu pada hari Minggu, 23 Februari 2015 lalu yang mana masih dalam suasana Imlek,. Sebelumnya Vihara ini memang ditutup karena direnovasi dan dibuka saat Imlek untuk memberikan kesempatan kepada mereka yang merayakan untuk beribadah, berziarah dan berwisata ke sana.


Vihara ini berjarak 14 Km dari pusat Kota Tanjungpinang arah Kijang. Bisa dicapai dengan kendaraan roda dua dan kendaraan pribadi roda empat sekitar 20 menit. Kalau menggunakan angkutan umum seperti angkot tidak bisa mencapai ke lokasi vihara, karena jalur angkutan umum tidak ada ke sana meski jalannya sudah beraspal.

patung 1000 budha kota tanjungpinang
jalan akses ke vihara 
Jadi penduduk lokal biasanya menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Jika wisatawan sebaiknya menggunakan mobil rental atau ojek dengan sistem pembayaran yang sudah disepakati sebelumnya.


Untuk masuk ke lokasi Vihara, kita harus masuk ke Simpang Jl. Asia Afrika Km 14. Perjalanan dari simpang ke lokasi vihara sekitar 5 menit dan terlihat bukit dengan bangunan khas Vihara di atasnya.


Bagi yang menggunakan kendaraan roda empat harus memarkir di bawah dan pengunjung berjalan kaki menaiki jalan yang sudah disemen setinggi lebih kurang 100 meter. 


Namun bagi yang menggunakan kendaraan roda dua bisa langsung naik hingga ke parkiran Vihara. Ternyata kebijakan mobil tidak bisa naik mengingat lokasi parkir yang sangat terbatas.


Kebetulan saya menggunakan kendaraan roda empat dan harus menaiki jalan tersebut. Ada keraguan di cuaca yang cukup panas apakah bisa mencapai vihara tersebut, namun ternyata bisa. Apalagi anak saya yang berumur 3,5 tahun sangat senang menaiki jalan selebar lebih kurang 3 meter itu.

patung 1000 budha tanjungpinang, bintan
gerbang vihara 
Rasa capek menaiki jalan itu terbayar ketika sampai di pelataran parkir. Gerbang Vihara yang tinggi dengan bangunan ala Tiongkok membuat kita serasa berada di negeri Tirai Bambu. 


Kebetulan karena masih suasana Imlek, hari itu pengunjung yang datang sangat banyak khususnya dari etnis Tionghoa. Tapi bagi kami dari etnis lain tidak masalah karena Vihara tersebut memang konon biasa dikunjungi oleh masyarakat umum juga untuk melihat keindahan patung-patungnya.


Di pintu gerbang dekat pelataran parkir kita disambut oleh dua patung yang berwajah seperti algojo. Kemudian di belakangnya terhampar pelataran sepanjang lebih kurang 30 meter menju sebuah lorong kuil, dengan bangunan tinggi khas Tiongkok.

patung 1000 budha tanjungpinang, bintan
salah satu algojo di gerbang
Dari depan atau pelataran ini, naluri narsis sudah muncul untuk berfoto ria dan itu pun memang dilakukan oleh pengunjung lainnya. Setelah melewati lorong sepanjang 10 sekitar 10 meter itu kita akan melihat jejeran patung seribu wajah dengan berbagai ekspresi, seperti tersenyum, sedih, tertawa, melotot, marah dan lainnya.


Sebenarnya arti dari tiap patung itu dijelaskan melalui informasi yang tertera di tiap prasasti di bagian bawah patung. Namun ditulis dalam bahasa Mandarin. Sementara tidak ada pemandu yang bisa menjelaskannya.


Patung-patung yang konon didatangkan langsung dari negeri Tiongkok itu, menurut cerita dikerjakan oleh para gadis yang masih perawan. Mengenai jumlah pasti patung di situ memang tidak ada informasi resmi yang tertera di sana. Namun jumlahnya yang banyak berjejer rapi disebut 1.000 patung oleh pengunjung dan beredar dari mulut ke mulut. Untuk menghitung sendiri patung-patung yang berjejer rapi itu rasanya melelahkan juga. 


Di dalam lokasi Vihara ini ada taman-taman kecil yang mana di dalamnya ada minatur kuil. Kemudian patung Buddha namun diberi pagar dan di depannya ditaruh semacam tempat sembahyang.

patung 1000 budha tanjungpinang, bintan
tempat asyik untuk anak bermain :) 
Vihara lumayan cocok jika membawa anak kecil. Karena pelataran yang luas bisa menjadi anak-anak bermain dan berlarian. Terbukti anak saya dan teman betah di sana. 


Meskipun ada pepohonan namun mengingat lokasi yang terbuka, apalagi di musim panas seperti saat ini sebaiknya membawa kacamata hitam, topi dan minuman. Lokasi lain yang ingin saya kunjungi adalah bangunan vihara di tempat paling tinggi yang konon ada patung budha terbuat dari emas.

patung 1000 budha tanjungpinang, bintan
sebaiknya bawa payung dan minuman tapi jangan buang sampah sembarangan
Tapi sepertinya lokasi itu tidak bisa diakses untuk masyarakat umum sehingga hanya bisa melihat dari bawah. Meskipun begitu, berfoto ria sambil melihat keunikan setiap patung tetap menyenangkan.


Lokasi lain yang tidak boleh dilewatkan adalah bagian kiri gerbang yang mana terdapat pahatan yang menceritakan kisah Buddha. Setiap pahatan ada keterangannya dan lagi-lagi dalam bahasa Mandarin dan Inggris.

patung 1000 budha tanjungpinang, bintan
ada lokasi yang tidak boleh untuk umum
Sekitar 1 jam berada di komplek vihara ini, Kamipun turun dengan kembali menyusuri jalan semen. Mengingat saat naik lebih santai daripada saat naik, saya menyempatkan melihat pemandangan sekitarnya yang ternyata cukup indah dengan bebukitan dan hamparan perkebunan warga.

patung 1000 budha tanjungpinang, bintan
lokasi favorit untuk berfoto 
Oh ya setelah berfoto ria, langsung posting di akun social media karena pasti tema-teman Anda yang belum pernah berkunjung ke sana bakal menyangka Anda berada di negara Tiongkok.

16 komentar untuk "Vihara Patung 1000 Budha Dibuka Untuk Umum Selama Imlek 2016"

  1. Kereeenn.. Mumpung libur panjang.. ayo Jelajah Bintan..

    BalasHapus
  2. saya dah 3 x kesini...tapi belum pernah liat bangunan seperti ini kak...baru ya bangunannya...karena selama kesana hanya main2 didepan gerbang depannya dan dekat tanaman buah naganya aja

    BalasHapus
  3. hahahah ternyata saya salah alamat...saya datangnya ke vihara senggarang...patutlah tak nampak patung2 banyak ni.....ok next time dicoba lagi, semoga ketemu lokasinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi ia...gampang kok..arah kijang sarah..nti ada jalan asia afrika..masuk aja simpang itu

      Hapus
  4. Menarik tempatnya... HTM-nya berapa yah buat masuk ke lokasi wisata ini? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sejauh ini tidak dipungut biaya kok mba...alias gratis..cuma di dlm ada kotak amal..boleh diisi jika pengunjung berkenan.thanks

      Hapus
  5. Ya ampun bagus banget ya viharanya. Luar Jawa itu banyak yg bagus tapi nggak terekspose secara maksimal spt di Jawa. Blogger nih jadi berperan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iaa...makanya sy tulis...orang sini aja banyak yg tak tahu...ketika sy posting di grup fb kota sy banyak yg suka...apalagi disini bnyak etnis tionghoa..jd bisa jd tempat ziarah dan wisata sekalian bg mereka pas imlek

      Hapus
  6. Hi mba... bs tolong infonya kira2 bulan juli pas libur lebaranbuka untuk umum ga ya ?

    BalasHapus
  7. penasaran sama 1000 patung Budha-nya mbak..banyakk bgttt..tempatnya asik buat anak bermain yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mba...patungnya buanyak banget...capek ngitungnya....hehehe

      Hapus
  8. Keren ! Kayak liburan d luar negeri ya..

    BalasHapus