Loading

Sabtu, 15 Agustus 2015

Akhirnya Aki Berpakaian Veteran

LVRI Kepri, Veteran Kepri, Hari Veteran 2015, Gubernur HM Sani, cara menjadi veteran, syarat menjadi veteran
Aki, duduk di depan paling kiri bersama Gubernur Kepri dan petinggi pengurus LVRI dari Jakarta dan anggota LVRI Kepri lainnya pada Musda LVRI Kepri April 2015 lalu. Pic :Istimewa

Alhamdulillah..akhirnya ayah mertua mendapatkan haknya dan berstatus resmi sebagai Veteran RI. Perjuangan panjang Aki, panggilan akrab anak cucu kepada beliau telah membuahkan hasil tahun ini. Kesabaran dan doa beliau serta keluarga yang tak pernah putus setiap hari telah diijabah Allah SWT. 

Ada haru menyeruak ketika melihat foto Aki tertampang di sebuah koran lokal saat Musyawarah Daerah Legiun Veteran RI Provinsi Kepri pada bulan April lalu. Kisah Aki untuk mendapatkan status sebagai Veteran RI pernah saya tulis di sini.

Acara itu bisa dikatakan kali pertama Aki tampil di acara resmi dengan status veteran. Di usia beliau yang sudah 89 tahun, Aki bisa dikatakan veteran yang paling tua. Jelas tampak di foto bersama Gubernur Kepri HM.Sani dan petinggi pengurus Veteran RI dari Jakarta, Aki yang yang paling tua. 
LVRI Kepri, Veteran Kepri, Hari Veteran 2015, Gubernur HM Sani, cara menjadi veteran, syarat menjadi veteran
Aki dengan kursi roda usai bersalaman dengan Gubernur Kepri HM.Sani. Pic :Istimewa

Jadi, sangat ironis jika Aki yang di usia belasan tahun dulu ikut berjuang di kampung halaman beliau, Tambelan, telat disahkan menjadi Veteran. Sementara Veteran lain banyak usianya jauh dibawah Aki. Tapi, hal itu tidak perlu dipermasalahkan. Anggap saja proses panjang Aki memperjuangkan haknya menjadi Veteran adalah sebuah proses kehidupan yang harus dilalui dan berakhir indah.

Hari ini, di galeri foto media lokal kembali saya melihat foto Aki terpampang dan duduk di atas kursi beliau di depan gubernur, wakil gubernur dan ketua DPRD Kepri. Aki bersama veteran lainnya diundang pada peringatan Hari Veteran sekaligus memperingati Hari Pramuka tahun 2015.
LVRI Kepri, Veteran Kepri, Hari Veteran 2015, Gubernur HM Sani, cara menjadi veteran, syarat menjadi veteran
Aki, duduk di kursi roda berfoto bersama pejabat dan veteran lainnya usai memperingati Hari Veteran dan Hari Pramuka. Pic. Repro Tanjungpinang Pos.
Rasa haru kembali muncul. Bahagia melihat Aki sudah bisa sejajar dengan veteran lainnya. Bahagia dan haru ketika mengingat pada suatu ketika Aki memandang foto temannya yang menjadi veteran berfoto bersama pejabat. Waktu itu saya yakin dalam hati ingin juga seperti temannya. Sekarang semua harapan Aki menjadi kenyataan.

Bagi Aki, status Veteran bukan sekedar untuk mendapatkan hak-hak sebagai pejuang kemerdekaan. Tapi adalah sebuah pengakuan dan keadilan seperti mereka-mereka yang berjuang dan mendapatkan gelar Veteran. Uang pensiunan dan bantuan sosial dari pemerintah bagi Aki adalah bonus dan bukan tujuan utama. 

Besok, 17 Agustus 2015 Aki juga diundang menghadiri upacara bendera detik-detik proklamasi di Gedung Daerah Kepri. Selamat HUT RI ke 70 tahun...Selamat untuk Aki tercinta.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Terimakasih sudah berkunjung