Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketika Urusan Lebih Mudah Berkat Digitalisasi BRI

 

Senang sekali ketika digitalisasi BRI sudah merambah hingga ke desa, sehingga memudahkan transaksi jual beli di toko toko dan swalayan

BRI adalah bank yang sangat familiar bagi saya sejak kecil. Karena bank ini bisa dikatakan adalah satu-satunya bank di kecamatan saya. Waktu kecil setiap melewati bangunan bank BRI saya selalu mengkhayal bisa punya uang yang disimpan di sana. Tapi sering berjalan waktu, saya tidak hanya menyimpan di BRI tapi melakukan berbagai hal yang mudah berkat digitalisasi BRI, salah satunya dalam hal transfer uang yang lebih cepat dan mudah.

Sejak merantau dua puluh tahun lalu, saya selalu mengirimkan untuk ibu di kampung. Awalnya system mrngirim uang ke ibu saya dengan wesel. Generasi 80 dan 90 an pasti tahu itu apa wesel pos. Sebuah teknologi mengirim uang yang masih sangat sederhana dan membutuhkan beberapa hari uang bisa diterima oleh ibu.

Kemudian seiring berjalan waktu saya mengirim uang kepada ibu melalui titip transfer ke sodara atau tetangga yang punya rekening bank. Namun karena di desa dan belum ada fasilitas ATM waktu itu, sehingga uangnya baru bisa diterima ibu, jika di pemilik rekening sudah ke bank untuk mengambil uangnya.

Akhirnya daripada repot saya membuatkan ibu nomor rekening sendiri tapi waktu itu adik saya malah mendaftarkan di bank daerah. Kendalanya juga masih ada, karena kadang bank daerah mengalami gangguan jaringan ATM sehingga uang tidak serta merta lancer diterima.

Padahal kadang ibu saya butuh uang diluar jatah mingguan yang saya kirim. Kadang untuk berobat, ada kenduri atau hajat lain. Kondisi membuat saya akhirnya 4 tahun lalu meminta adik membuka rekening di bank BRI. Apalagi digitalisasi BRI sudah mulai merambah hingga ke pelosok desa.

Sejak membuka nomor rekening di BRI, terasa kemudahan yang jauh berbeda dari sebelum sebelumnya seperti, tidak ada kendala saat mentransfer jatah mingguan ibu saya. Kemudian jika mendadak ibu saya butuh uang tambahan, kapan saja saya bisa mentransfer melalui aplikasi BRImo dan uang bisa segera diterima ibu saya melalui ATM atau agen BRIink yang sudah banyak tersebar di desa.

Berbicara tentang BRImo tidak hanya memudahkan transfer uang mingguan untuk ibu di kampung. Saya pribadi menggunakan aplikasi tersebut untuk berbagai kebutuhan, seperti membayar tagihan listrik, membayar tagihan kartu pascabayar, melakukan berbagai pembayaran dengan menu scan, top up dana ke e-money dll.

Berdasarkan data yang ada hingga akhir Agustus 2023, tercatat BRImo telah digunakan oleh 29,1 juta pengguna atau tumbuh 43,98 persen tahun ke tahun .

Bicara BRIlink yang sudah mempunyai ribuan agen di seluruh dan sampai pelosok desa dan hingga kuartal ketiga tahun 2023, sudah terdapat lebih dari 698.717 Agen BRILink di seluruh Indonesia, juga dirasakan oleh adik saya yang ikut suaminya ke sebuah daerah yang akses ke kota agak jauh. Sehingga kadang saya memberikan uang untuk keponakan, saya cukup mentransfer dan uang bisa diambil di agen BRIlink tanpa harus ke ATM yang aksesnya agak jauh.


 

Tak jarang juga saya melakukan transaksi untuk membayar belanja di lapak-lapak UMKM online. Misalnya ada teman saya yang berjualan kue di kampung dan saya ingin membelikan untuk ibu saya, cukup dengan meminta dia mengantarkan ke rumah dan uangnya saya transfer ke rekening BRI nya. BRI bisa dikatakan adalah pahlawan UMKM karena memberikan banyak kemudahan untuk kelancaran dan kemajuan usaha mereka.

Saat ini saya sedang pulang kampung karena menjenguk ibu yang sakit. Kemajuan dan digitalisasi BRI makin terasa di desa. Toko-toko sudah menerima pembayaran digital BRI, sehingga saya tidak perlu menyediakan banyak uang tunai di dompet selama di kampung.

Ketika saya membeli berbagai keperluan perawatan ibu, saya cukup menggunakan scan kode di menu BRImo. Saya juga tidak khawatir anak saya – yang tidak ikut pulang kampung - lapar di rumah karena saya bisa memesan dan membeli makanan untuknya via online dan membayar dengan transfer BRImo.

Masih banyak kemudahan yang didapat masyarakat berkat digitalisasi yang dilakukan sejak beberapa tahun terakhir. Inovasi dan berbagai layanan yang diberikan secara tidak langsung berkontribusi pada kemajuan bangsa dan negara. Sangat tetap istilah yang diberikan bahwa BRI Untuk Indonesia. Karena semangat BRI untuk terus berinovasi dan digitalisasi benar-benar ditujukan untuk kemajuan Indonesia.

Posting Komentar untuk "Ketika Urusan Lebih Mudah Berkat Digitalisasi BRI "