Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nikmati Hobi Tanpa Mengabaikan Masa Depan




Pernahkah Anda melihat orang menikmati hobinya ? misalnya travelling, koleksi tanaman, memelihara hewan, koleksi batu-batu permata, musik dll.Kemudian apa yang terpikir di benak Anda ketika melihat mereka ? 

Kalau saya selalu berpikiran positif. Mereka yang menikmati hobinya itu adalah orang-orang bahagia yang menikmati hidupnya. Mereka adalah orang yang sudah selesai dengan masalah primer dalam kehidupan. 

 


Intinya mereka sudah tidak lagi mikir besok harus makan apa. Tidak lagi mikir akhir bulan cicilan bank atau kartu kredit yang harus dilunasi. Tidak bingung lagi ketika sakit nyari biaya berobat kemana. Intinya mereka adalah orang yang bebas masalah finansial.

Kok saya bisa berpikiran seperti itu ? Karena saya juga sudah berada di fase itu saat ini. Ketika saya menikmati hobi saya seperti staycation, jalan dan kulineran, itu karena saya tidak bermasalah dengan berkaitan dengan kebutuhan dasar dalam kehidupan.

Tidak hanya soal pangan, sandang dan papan yang sudah terpenuhi tapi juga tentang menghadapi masa depan. Seperti tabungan pendidikan anak dan dana darurat yang sudah dipersiapkan sejak awal. Sedangkan untuk masalah kesehatan, Asuransi Kesehatan sudah mengcover. Bahkan keluarga kecil saya tidak punya hutang.

Begitu juga dengan Asuransi Jiwa sudah didapat dari fasilitas kantor saya dan suami. Alhamdulillah semua itu yang didapat itu adalah hasil kerja keras dan komit mengelola keuangan sejak awal menikah 18 tahun lalu.

Tapi meski dalam kenyataannya saya menemukan orang yang saya kenal memiliki hobi dan menikmatinya ternyata belum bebas masalah finansial. Ada yang menikmati hobi travellingnya dari minjam uang dari kartu kredit misalnya. Berbagai promo dan kemudahan yang diberikan bank ternyata menggiurkan dan membuat banyak orang terlihat punya uang meski sebenarnya kebalikannya.

Tapi ternyata ada juga orang yang dari hobinya malah bisa menghasilkan uang dan menjadikan sumber pendapatan. Seperti yang terungkap dalam webinar #FWDPressPlay Bebas Berbagi bertema Press play to your smart fandom beberapa waktu lalu.

Salah satu narasumber webinar itu adalah Kim Mentari yang awalnya adalah penggemar K-Pop. Bahkan ia rela terbang ke luar untuk menyaksikan konser grup band korea tersebut. Tapi dari hobinya tersebut ia bisa menghasilkan uang dengan berbisnis jasa titip atau jastip merchandise K-Pop. Kini Kim sukses dengan usaha jastip yang digeluti sejak tahun 2019 itu.

Bisa dikatakan Kim adalah anak muda yang smart dalam menikmati hobinya. Ia tidak membuang duit sia-sia saat menikmati fandom K-Pop. Ia bisa mengembalikan duit yang ia telah keluarkan dengan bisnis jastip tersebut.

Nah bagaimana sih seharusnya menikmati hobi tanpa mengabaikan masa depan ? Indrawati Kawihardja selalu Head of Agency Training FWD Insurance menyebutkan kemampuan menikmati adalah sebuah anugerah. Jadi jika sudah bekerja keras akan sangat wajar menikmati apa yang sudah diraih.



 

Namun untuk menikmati segala sesuatu yang sudah diraih itu, harus dibarengi dengan proteksi. Menurut Mba Indrawati dalam hidup kita harus bisa melakukan prinsip 3S yakni Saving, Sharing dan Spending.

Intinya dalam menikmati hidup dan hobi terlebih dahulu harus mempersiapkan proteksi seperti tabungan hari tua, dana darurat dan asuransi. Mba Indrawati juga mengingatkan untuk menghindari hutang apalagi untuk yang konsumtif.

Ada beberapa cara supaya lepas dari hutang :

1.Melepaskan satu persatu hutang seperti kartu kredit dengan membereskan pembayarannya.

2. Waspada dengan pinjaman online. Jangan mudah tergiur dengan iklan dan kemudahan yang diberikan

3. Bijak dalam belanja online

4. Hindari bocor keuangan dari aktifitas yang terkesan sepele seperti rutin membeli atau nongkrong di kafe kekinian

 


Menurut Mba Indrawati maksimun hutang itu adalah 30 persen dari pendapatan. Ia menekankan tentang menghindari hutang demi terlihat kaya seperti membeli tas mewah untuk dikoleksi. 

Poin penting lainnya adalah tentang kemampuan mengelola keuangan yang adalah sebuah komitment. Begitu juga dengan ukuran gaya hidup yang menentukan bagaimana kita mengelola uang dan hutang sesuai pendapatan. Jangan lupakan juga asuransi jiwa dan kesehatan karena penting untuk jaga-jaga kedepannya, kamu bisa cek product FWD Insurance  ***


Posting Komentar untuk "Nikmati Hobi Tanpa Mengabaikan Masa Depan"