Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HERoic : Hadiah FWD Insurance Dalam Rangka Celebrate Women International Days 2022



Setiap tanggal 8 Maret seluruh dunia memperingati Women International Days atau Hari Perempuan Internasiona. Peringatan Hari Perempuan Internasional ini dirayakan sebagai bentuk apresiasi bagi perempuan dan kesetaraan gender di masa depan.

Selama lebih dari satu abad berbagai negara telah memperingati 8 Maret sebagai hari istimewa bagi wanita. Hari Perempuan Internasional juga telah menjadi tanggal untuk merayakan seberapa jauh perempuan berperan dalam masyarakat, politik dan ekonomi dan meningkatkan kesadaran akan ketidaksetaraan yang berkelanjutan.

Sejarah Hari Perempuan Internasional



Berdasarkan sejumlah referensi Hari Perempuan Internasional diawali dari sejarah yang berawal dari gerakan buruh dan menjadi acara tahunan yang diakui oleh PBB. Pada tahun 1908 sebanyak 15.000 wanita berkumpul di New York menuntut jam kerja yang lebih pendek, gaji yang lebih baik dan hak untuk memilih. Efeknya setahun kemudian, Partai Sosialis Amerika mendeklarasikan Hari Perempuan Nasional pertama.

Adalah Clara Zetkin, seorang aktivis komunis dan pembela hak-hak perempuan, yang mengusulkan pembentukan hari internasional. Sedangkan Hari Perempuan Internasional pertama kali dirayakan pada tahun 1911, di Austria, Denmark, Jerman dan Swiss. Sedangkan peringatan secara resmi pada tahun 1975 ketika Perserikatan Bangsa-Bangsa mulai merayakan peringatan Hari Perempuan Internasional tersebut. 

Pada peringatan Hari Perempuan Internasional tahun 2022 ini mengambil tema Break the Bias yang digunakan untuk menghilangkan bias pada perempuan. Karena tanpa kita sadari, bias pada kaum wanita seringkali membuat sulit dalam  mengambil keputusan. Perempuan jadi tidak percaya diri untuk melakukan banyak hal baik  karena dianggap bertentangan dengan nilai-nilai lingkungan.



Nah, pada momen peringatan Hari Perempuan Internasional 2022 atau Celebrate Women International Days 2022, FWD Insurance meluncurkan Internal Program Women Empowerment Bernama HERoic. Jadi menurut saya pribadi bisa dikatakan Program HERoic ini adalah hadiah dari FWD Insurance bagi kaum perempuan khususnya pada Celebrate Women International Days 2022. 

Mengapa ? Karena tema #BreakTheBias dalam peringatan Women International Day 2022 sangat sesuai dengan program HERoic, karena fakta selama ini bias menjadi penghalang perempuan untuk maju

Kegiatan launching Program HERoic dilakukan melalui Talk Show melalui zoom meeting pada Selasa, 8 Maret 2022 dengan tema “ Break the Habits, Break the Bias “. Talk show ini menghadirkan Presiden Director FWD Insurance, Anantharaman Sridharan dan  Financial Officer, Desy Natalia Widjaya serta dua narasumber yakni Ronal Surapradja dari kalangan TV Host dan Entrepreneur serta Ligwina Hananto selaku Pakar Keuangan. Talk show yang dimoderatori oleh Talitha Andini Prameswari ini juga menghadirkan penyanyi lawas, Arina dari grup Mocca. 

Tentang HERoic

Pasti Anda penasaran dengan program HERoic ini ? Ya biar tidak penasaran berikut penjelasannya : 

  • HERoic ini adalah sebuah program pemberdayaan perempuan yang diinisiasi oleh FWD Insurance Indonesia sebagai bagian dari strategi Diversity & Inclusion. 

Tujuan program untuk membangun self-awareness di antara karyawan perempuan serta memupuk kepercayaan diri mereka dalam mengembangkan potensi yang mereka miliki. Dengan kondisi tersebut mereka dapat berkontribusi secara optimal kepada perusahaan, keluarga dan masyarakat. 

  • Program HERoic ini berjalan hingga akhir tahun.

Partisipan tidak hanya kaum perempuan tapi juga laki-laki supaya dapat berkontribusi melalui berbagai program pelatihan dan pengembangan, e-learning, mentoring, serta social learning melalui sharing session dan diskusi bersama para pakar pemberdayaan perempuan ternama.

Program HERoic ini benar-benar dirancang dengan baik seperti bekerjasama dengan berbagai pihak eksternal yang sudah memiliki keahlian dan pengalaman mengenai pemberdayaan perempuan, tidak hanya di Indonesia namun juga secara global.

  • Goals program HERoic ini adalah diharapkan para partisipan dapat membangun kesadaran diri, khususnya di antara karyawan perempuan agar memiliki kepercayaan diri untuk memimpin dan mengembangkan potensi diri. 

Jadi mereka tidak hanya untuk berkontribusi lebih baik demi karir mereka di FWD Insurance, namun juga untuk keluarga mereka di rumah dan masyarakat sekitar. 

Berdasarkan data internal di FWD Insurance menyebutkan 44% karyawan perempuan telah menduduki level Middle Management hingga Senior Management . Kondisi ini menunjukkan kesempatan dapat diraih oleh perempuan untuk menjadi future leaders di perusahaan. 

Mengapa Harus HERoic ? 



Seperti diketahui berdasarkan informasi dari website FWD Insurance atau PT FWD Insurance Indonesia merupakan perusahaan asuransi jiwa patungan dan bagian dari FWD Group. Produk dari FWD Insurance terdiri dari Asuransi jiwa, Kecelakaan & disabilitas, Asuransi kesehatan, Investasi dan Asuransi jiwa kredit

Jadi FWD Insurance adalah perusahaan asuransi berbasis digital sejak lama sudah melakukan berbagai pendekatan baru, inovasi dan teknologi. Sebagai contoh berbagai inovasi sudah dilakukan FWD Insurance walaupun dalam kondisi pandemi untuk terus berkomitmen mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi. Bisa dikatakan FWD Insurance hadir dengan cara mendobrak stigma lama dan meyakini bahwa asuransi adalah sumber kekuatan. 

Dalam internal perusahaan, FWD Insurance memberikan peluang yang besar kepada kaum wanita untuk berperan maksimal, yang mana semua orang dapat dihargai karena keunikannya dan membawa yang terbaik. Mengapa ? sebab FWD Insurance percaya bahwa inklusivitas dan keragaman akan membantu mereka memahami nasabah dengan lebih baik karena mereka juga memiliki beragam kebutuhan dalam hal perlindungan. 

FWD Insurance menilai perempuan memiliki banyak peran dalam hidup. Hal ini dibuktikan dengan perempuan yang bekerja harus mengatur waktu antara bekerja dan di rumah.  Karena FWD Insurance mengajak semua perempuan dapat menghadapi berbagai tantangan sehingga setiap bisa menikmati dan merayakan hidup, mengejar passion serta  meraih semua peluang yang ada.

Kesimpulan Talk Show Break the Habits, Break the Bias 



Nah dari Talk show yang berlangsung kurang lebih dua jam itu, apa sih kesimpulannya ? Intinya dari talk show tersebut selain launching program HERoic dan menjelaskan tentang dasar dan tujuan program itu, juga disimpulkan bahwa perempuan secara bersama-sama bisa menghancurkan bias, diskriminasi, dan stereotip antar gender yang ada di sekitar mereka. Sebab fakta bias selama ini telah menghalangi perempuan untuk maju. 

Seperti yang disampaikan oleh Ronald Surapradja yang salah satunya menceritakan ibunya bisa mengatasil berbagai urusan rumah tangga yang selama ini dianggap hanya bisa dilakukan kaum pria, seperti mengatasi masalah listrik. Begitu juga dengan sang ayah yang ternyata bisa dan mau melakukan kegiatan yang dianggap hanya bisa dilakukan oleh perempuan seperti mencuci dan menyetrika pakaian. 



Begitu juga dengan Ligwina Hananto yang salah satunya menceritakan dalam keluarganya bahwa pemilihan minat dan bakat anak tidak dibatasi antara anak cewek dan cowok. Menurutnya setiap anaknya dibebaskan memilih kegiatan yang menurut mereka bisa dan disukai tanpa melihat itu hanya bisa dilakukan oleh gender tertentu. Ia mengatakan anaknya bisa berprestasi di semua bidang tanpa terhalang alasan apapun termasuk jenis kelamin. 

Seru sebenarnya talk show ini, namun ada kendala teknis yang saya alami yakni sinyal yang tiba tiba bermasalah membuat kurang maksimal menyimak. Namun lumayan terhibur dengan penampilan apik Arina, penyanyi lawas dari grup Mocca yang semangat menghibur semua peserta. (*)


11 komentar untuk "HERoic : Hadiah FWD Insurance Dalam Rangka Celebrate Women International Days 2022"

  1. Keren ya, dalam internal perusahaan, FWD Insurance memberikan peluang besar kepada kaum perempuan untuk berperan maksimal. Jarang lho perusahaan yang memperhatikan hal seperti ini.

    BalasHapus
  2. Wah ternyata ya issue perempuan udah digaungkan dari tahun 1911. FWD insurance ini emang concent banget ya dengan urusan perempuan. Karena disamping perempuan kudu berdaya dia juga kudu well prepare ya dengan kesehatannya

    BalasHapus
  3. Musuh dari permasalahan gender pada masa lalu adalah para laki-laki. Ketika para perempuan sudah mulai bisa sekolah, musuh utamanya malah sesama perempuan. Jujur saja ini yang aku temukan.

    BalasHapus
  4. Bukti ya bahwa Kesetaraan gender Dan Perempuan bisa berkarya, punya Katie bukan lagi halangan Tampa harus melupakan kodratnya sbg Perempuan itu Bisa dibuktikan

    BalasHapus
  5. Dengan acara heroic maka kita semangat membantu suami, bekarya dan aktualisasi diri

    BalasHapus
  6. Suka banget ama hastag woman international day tahun ini, break the bias. Emang selama ini bias inilah yang jadi halangan bagi perempuan untuk bebas berkarya. Salut deh ama perusahaan, terutama perusahaan internasional yang concern pada kesetaraan perempuan gini

    BalasHapus
  7. Kini semakin banyak perusahaan yang semakin aware mengenai peran wanita di lingkungan temat kerja ataupun di sekitar. Sehingga menjadi inspirasi untuk Program HERoic dari FWD Insurance.
    Semoga perempuan bisa berkembang dan semakin dihargai di dalam karirnya dalam bidang apapun.

    BalasHapus
  8. Kalau ada tayang ulangnya bisa nih menyaksikan program keren ini yang bertepatan dengan Hari Perempuan.
    Semangat para perempuan untuk berdaya

    BalasHapus
  9. kepercayaan diri jadi salah satu krisis yang sedang saya alami juga mbak, pengen rasanya bisa ikut program yang bisa membawa diri lebih percaya diri.

    BalasHapus
  10. FWD sebagai inisiator program HERoic ini melihat banyak hal yang terjadi pada perempuan. Semoga program-programnya. bisa memberi dampak yang baik untuk perempuan di semua kalangan.

    BalasHapus
  11. Program HERoic dari FWD keren. Semoga programnya terus ada. Dan selain dukungan dari luar, dukungan orang terdekat memang sangat mempengaruhi juga sih.

    BalasHapus