Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Virtual Launching Sampoerna Mobile Banking dan Talk Show Keuangan

Launching Sampoerna Mobile Banking


Senang banget ketika saya berkesempatan mengikuti acara Virtual Launching Sampoerna Mobile Banking (SMB) melalui kanal youtube pada Kamis, 27 Januari 2022 lalu. Karena selain acara launching aplikasi Sampoerna Mobile Banking juga ada talk show tentang keuangan, yang makin bikin saya melek tentang pentingnya pengelolaan keuangan bagi generasi muda. Meski sudah menjadi seorang ibu dan terbiasa mengelola keuangan, tapi pengetahuan seperti ini masih penting diupgrade karena bisa jadi bekal mendidik anak untuk melek keuangan juga nantinya.

Launching Sampoerna Mobile Banking ini mengusung tema Start Saving Today, Be Surprised Any Day. Dihadiri langsung oleh Bapak Henky Suryaputra, selaku Finance & Business Planning Director Bank Sahabat Sampoerna (BSS), Lie Liliana Veronica, Operator, Information Technologi Director BSS dan Rudy Mahasin, Pjj Compliance & Risk Director BSS.



Tentang Sampoerna Mobile Banking

Launching Sampoerna Mobile Banking yang dipandu Host Theo Daniel ini ditandai dengan penekanan tombol sirene secara serentak oleh tiga orang petinggi BSS tersebut. Jadi sebelumnya layanan mobile banking ini bernama BSS Mobile. Seiring peningkatan layanan mobile banking sekaligus mempertegas identitas layanannya, Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) memperkenalkan Sampoerna Mobile Banking (SMB) yang bisa didownload di play store dan app store.

Bapak Henky Saputra dalam launching tersebut mengatakan, di era yang serba digital kebutuhan nasabah akan transaksi digital semakin meningkat. Karena itu Sampoerna Mobile Banking merupakan jawaban atas setiap kebutuhan transaksi digital generasi milenial.



Tujuan Sampoerna Mobile Banking ini hadir memang untuk membantu generasi muda mengelola keuangan mereka secara digital dengan mudah dan praktis. Selain itu juga untuk mengajak generasi muda supaya rajin menabung melalui produk tabungan Sampoerna Mobile Saving.

Nah kabar baiknya lagi, dengan menabung di Sampoerna Mobile Saving, nasabah akan mendapatkan poin undian yang akan diundi setiap bulan, serta undian grand prize setiap triwulanan, dengan total hadiah 3 (tiga) miliar rupiah ! Wah menggiurkan banget kan ?!

Talk Show 



Sesuai dengan tujuan hadirnya SMB ini, talk show yang berlangsung usai launching juga mengangkat tema senada yakni Hidup Minimalis untuk Masa Depan Maksimal. Tiga pembicara yang dihadirkan sangat kompeten yakni, Felicia Putri Tjiasoka seorang investment Storyteller, Olga Agata seorang Minimalism Practisioner dan Bapak Henky Suryaputra.

Pada talk show ini dibahas mengenai permasalahan kaum muda dalam mengelola keuangan mereka. Di Indonesia sendiri, generasi milenial dan gen Z dikatakan memiliki kemampuan manajemen keuangan yang payah akibat gaya hidup yang cenderung lebih boros, sulit menabung, serta tidak terlalu mempedulikan investasi untuk kebutuhan mendatang.

Menurut Felicia beberapa faktor yang membuat kaum milenial dan gen Z ini boros dan sulit menabung diantaranya akses internet yang memperbolehkan melihat dunia yang lebih luas dan juga e-commerce yang mendemokratisasi pembelian barang antar kota, provinsi dan bahkan negara. Dengan dua kemudahan ini, milenial dan gen Z cenderung lebih banyak mau dan boros.

Tidak hanya itu, tren seperti FOMO (Fear of Missing Out), YOLO (You Only Live Once) yang marak di media sosial, serta tantangan menjadi generasi sandwich ( generasi yang harus menanggung hidup orang tua, diri sendiri, dan anak atau adik-adik), membelenggu banyak generasi muda.

Menariknya, di satu sisi, para generasi muda ini cenderung lebih paham dan teredukasi dengan investasi terkini. Namun, mereka lebih sulit mengatur mindset dan psikologis terkait tren seperti FOMO dan YOLO, jika dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya.



Menurut Felicia, dengan kondisi seperti di atas, Gen Z dan Milenial perlu belajar menahan diri terhadap godaan sesaat, memperbaiki mindset investasi dengan menghargai proses dan juga belajar untuk konsisten. Salah satu cara untuk memastikan keuangan yang sehat serta masa depan finansial aman adalah dengan hidup secukupnya, membuat anggaran harian, bulanan dan memiliki tabungan plus dana darurat.

Sedangkan Olga selaku pelaku hidup minimalis menyampaikan manfaat mindful living. Gaya hidup minimalis menurut itu katanya bukan memiliki sedikit barang, namun cenderung pada kesadaran untuk mengenal kebutuhan diri sendiri, melepas keterikatan yang tidak diperlukan dan ada dalam setiap pengambilan keputusan.

Karena itu  menurutnya setiap pengeluaran menjadi lebih bijaksana dan setiap pemasukkan senantiasa memberikan rasa cukup. Dengan adanya rasa cukup tidak mudah merasa iri dengan kehidupan orang lain yang dilihat dari media sosial.



Sedangkan Bapak Henky dalam talkshow menyampaikan tentang pentingnya hidup terencana, memiliki tabungan dan hidup hemat semakin terasa. Apalagi krisis ekonomi yang mendadak terjadi, seperti pandemi Covid-19 harus menjadi pelajaran.

So, generasi muda segera download Sampoerna Mobile Banking dan menabung di Sampoerna Mobile Saving sekarang ya. Start Saving Today, Be Surprised Any Day ! 

10 komentar untuk "Virtual Launching Sampoerna Mobile Banking dan Talk Show Keuangan"

  1. Asik banget ya sekarang banyak pilihan mobile banking, jadi nggak ada alasan untuk nggak belajar mengelola uang dan menabung lagi. Karena semua sudah bisa dilakukan lewat gadget.

    BalasHapus
  2. Taglinenya keren yah...start saving today...
    Memang sih yang namanya menabung harus dimulai dari sekarang. Dikit-dikit jadi bukit...
    Keren Sampoerna rebranding ya...jadi mengembangkan mobile banking...

    BalasHapus
  3. Dulu Sampoerna seingetku produsen rokok. Sekarang rebranding yah, jadi ke perbankan. Keren nih, ada inovasi mobile banking, menabung engga masalah lagi deh...

    BalasHapus
  4. Keren ya sekarang, aplikasi perbankan menawarkan byk hal termasuk cara mengelola keuangan yg baik

    BalasHapus
  5. Wiwin | pratiwanggini.net5 Februari 2022 07.42

    Urusan menabung ini memang butuh niat kuat dan disiplin tinggi. Bener banget godaan dunia online sangat menggiurkan, bikin cenderung konsumtif. Moga kehadiran SMB ini menjadi solusi untuk lebih mengerem pengeluaran.

    BalasHapus
  6. Acara launching Sampoerna Mobile Banking ini sangat seru ya mbak
    Bisa sekalian belajar tentang keuangan juga

    BalasHapus
  7. sekarang ini kita harus pinter-pinter dalam mengelola uang untuk investasi jangka panjang dimasa depan. dan saat ini pun juga mudah lewat gadget pun udah bisa. jadi udah saatnya kita memikirkan masa depan kita mau gimana. ya salah satunya dengan menabung mulai sekarang. so semangat menabung yaa teman-teman

    BalasHapus
  8. Anak muda zaman sekarang memang mudah paham yaa..
    Dan salut sekali dengan pemahaman mengenai iterasi keuangan yang benar, maka langkah awal adalah dengan menabung di Sampoerna Mobile Banking adalah salah satu cara yang terbaik mengelola kebutuhan keuangan setiap bulan.

    BalasHapus
  9. Trims infonya kak, pengen juga ah download Sampoerna Mobile Banking dan menabung di Sampoerna Mobile Saving biar bisa nabung Secara mudah

    BalasHapus
  10. Trims infonya kak, pengen juga ah download Sampoerna Mobile Banking dan menabung di Sampoerna Mobile Saving biar bisa nabung Secara mudah

    BalasHapus