Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Lima Cara Memilih Asuransi yang Tepat

 

Hidup sehat dan bahagia adalah pilihan gaya hidup saat ini

Pandemi Covid-19 sejak dua tahun terakhir telah membuat berbagai bidang kehidupan terhempas dan perlahan bangkit kembali. Banyak pelajaran berharga yang diambil oleh setiap orang khususnya tentang kesehatan. Tak heran jika banyak orang mulai menerapkan pola hidup sehat. Pandemi juga mengakselerasi kemajuan teknologi yang kian pesat dan semakin memudahkan orang untuk mencari informasi terkini dalam menjaga kesehatan, misalnya berolahraga, menerapkan pola makan sehat, hingga konsultasi kesehatan pun kini bisa dilakukan secara daring atau online hanya dengan bantuan gadget

Semua orang tentu ingin hidup sehat sebagai dari gaya hidup yang dianggap penting, namun menjaga diri dari segala kemungkinan terburuk yang berpotensi menimpa di masa mendatang juga tak kalah pentingnya. Nah karena setiap orang tidak dapat memprediksi ketidakpastian hidup tentu sangat baik jika memiliki rencana penanggulangan atas risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari agar tetap dapat celebrate living tanpa rasa khawatir.

 


Sebagai salah satu langkah penanggulangan atas risiko itu adalah dengan memiliki perlindungan dari asuransi. Nah bagi kamu yang ingin memiliki asuransi berikut ada lima cara atau tips memilih asuransi yang tepat berdasarkan hasil kolaborasi FWD Insurance, Co-Founder dan CEO Sipundi.id sekaligus Financial Consultant, Mada Aryanugraha.

1.     Kenali berbagai jenis produk asuransi

Setidaknya saat ini di Indonesia ada 10 jenis produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi. Di antaranya ada produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi rumah, asuransi kendaraan, asuransi pendidikan, asuransi kerugian, asuransi perjalanan, asuransi pensiun. Pada tiap-tiap jenis asuransi tersebut menawarkan manfaat pertanggungan yang berbeda. Misalnya saja produk asuransi jiwa berjangka yang memberikan manfaat perlindungan untuk jangka waktu tertentu, seperti 5 tahun atau 10 tahun.

Nah FWD Insurance sendiri memiliki beberapa pilihan produk asuransi, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, kecelakaan, hingga penyakit kritis, yang siap memenuhi kebutuhan proteksi diri dan keluarga masyarakat Indonesia.

Seperti yang disampaikan oleh Rudy Franto Manik selaku Chief Human Resources & Marketing Officer FWD Insurance, fokus FWD Insurance adalah asuransi yang memberikan produk perlindungan dan layanan yang didasarkan pada kebutuhan para nasabah dengan didukung teknologi digital. Sehingga melalui jalur distribusi yang dimiliki, FWD Insurance ingin mendukung masyarakat Indonesia untuk bebaskan langkah tanpa rasa khawatir dengan menghadirkan produk asuransi yang mudah dipahami, mudah dibeli, mudah proses klaim, mudah diakses, dan yang terpenting menyenangkan.

Salah satunya contohnya adalah FWD Critical First Protection yang menawarkan perlindungan mudah dan optimal atas berbagai kondisi kritis secara menyeluruh, tanpa dibatasi jumlah maupun jenis penyakit kritis, baik penyakit yang sering terjadi, langka, hingga penyakit yang langka atau belum diketahui, hingga kondisi kritis yang disebabkan oleh penyakit maupun kecelakaan. Produk ini bisa dimiliki dengan premi yang terjangkau, mulai dari Rp 300 ribuan.

2.     Tinjau kembali polis asuransi yang sudah ada

Bagi sebagian kalangan, mungkin telah memiliki perlindungan asuransi dengan beragam jenisnya. Namun, dari sisi kebutuhan perlu juga untuk dilakukan bedah polis atau meninjau kembali fungsi atas manfaat asuransi yang sudah dimiliki minimal dua sampai tiga tahun sekali. Apakah asuransi yang saat ini dimiliki sesuai dengan kebutuhan? Atau masih membutuhkan asuransi yang sesuai untuk melindungi diri dari risiko sakit atau bahkan perlindungannya masih jauh dari kata cukup.

Biasanya para agen asuransi yang profesional memiliki pendekatan layaknya konsultan keuangan, dimana mereka dapat membantu klien untuk menganalisa kesesuaian kebutuhan terkini dari masing-masing individu serta manfaat dari asuransi yang sudah dimiliki. Jika masih kurang yakin, maka kamu bisa berkonsultasi kepada perencana keuangan independen sehingga kebutuhan berasuransi pun dapat sesuai dengan produk yang akan anda pilih.

3.     Buat perbandingan asuransi

Kemajuan dan kemudahan teknologi saat ini sudah sangat membantu memudahkan untuk mencari perbandingan asuransi, baik dari sisi manfaat maupun premi yang harus dibayarkan. Tips memilih asuransi ini sangat penting agar anda tidak sampai membeli kucing dalam karung, karena dengan melakukan perbandingan asuransi anda jadi bisa mendapatkan benchmark seberapa besar manfaat yang idealnya dimiliki serta premi yang dikeluarkan.

Ketika ternyata premi masih dalam tahap yang bisa anda jangkau, akan lebih baik untuk membeli asuransi dari perusahaan yang sudah memiliki track record yang jelas, baik dalam bentuk pelayanan ataupun fasilitas, sehingga lebih tenang untuk berhadapan dengan segala risiko kesehatan kedepannya.

4.     Menawarkan fasilitas tambahan dan jaringan yang luas

Perlu diketahui beberapa penyedia asuransi jiwa kerap menawarkan manfaat tidak hanya dari sisi pertanggungan secara nominal, namun bisa juga berupa layanan tambahan yang dapat dinikmati semisal kunjungan dokter, maupun tersedianya jaringan dari penyedia jasa kesehatan (rumah sakit) yang terdapat di berbagai wilayah. Semakin luas jaringan rumah sakit yang ditawarkan tentunya akan semakin baik dan menenangkan.

Karena itu sebaikanya sesuaikan manfaat tersebut dengan profil diri saat ini. Apalagi jika pekerjaan kita menuntut mobilitas yang tinggi bahkan sampai rutin ke luar daerah atau bahkan luar negeri, maka sangat disarankan untuk memanfaatkan asuransi dengan perlindungan serta layanan yang optimal, baik itu nantinya dengan sistem cashless ataupun reimburse.

5.     Ketahui besarnya uang pertanggungan (UP)

Bicara soal asuransi jiwa tentu saja tidak lepas dari uang pertanggungan atau jumlah uang yang akan diterima oleh penerima manfaat jika terjadi risiko meninggal dunia. Untuk itu, penting bagi kita mengetahui berapa jumlah uang pertanggungan (UP) dan disesuaikan dengan premi yang dibayarkan, serta tujuan membeli produk asuransi yang dipilih.

Misalnya jika tujuan anda untuk memiliki perlindungan jiwa/aset, maka belilah produk asuransi dengan UP dengan jumlah lebih besar. Jika tujuan memiliki asuransi untuk proteksi kesehatan, maka dapat memilih produk asuransi dengan UP yang lebih kecil jumlahnya. Oleh sebab itu, ketahui perusahaan asuransi yang akan dipercayakan untuk memberikan proteksi terhadap diri dan keluarga.

Nah lima hal tersebut adalah beberapa tips memilih asuransi yang harus diperhatikan. Asuransi sendiri merupakan salah satu sumber pemberdayaan yang dapat memungkinkan kita untuk bebaskan langkah menjalani hidup tanpa rasa khawatir. 


 FWD Unstoppable Lucky Draw

Sesuai dengan semangat ‘Bebaskan Langkah’ itulah FWD Insurance mengadakan kampanye FWD Unstoppable Lucky Draw, untuk mengajak masyarakat merasakan kegiatan berasuransi yang mudah dipahami, mudah dibeli, mudah proses klaim, mudah diakses, dan yang terpenting menyenangkan.

Dengan penawaran spesial, setiap pembelian salah satu atau lebih dari 12 (dua belas) produk asuransi pilihan dari FWD Insurance mulai tanggal 10 Juni – 31 Desember 2022, nasabah akan mendapatkan nomor undian dan berkesempatan memenangkan 56 hadiah istimewa termasuk All New Honda HR-V, Vespa LX, iPhone 13, serta hadiah menarik lainnya yang bernilai jutaan Rupiah. Pengundian dan pengumuman pemenang akan dilaksanakan di Januari 2023 mendatang.

Untuk keterangan lebih detail, serta syarat dan ketentuan undian berhadiah, para calon nasabah dan nasabah FWD Insurance dapat langsung mengunjungi laman FWD Unstoppable Lucky Draw di website FWD Insurance atau menghubungi FWD Customer Care di 1500 525.

Jadi, tidak perlu khawatir untuk menjalani hidup dengan dukungan dari FWD Insurance agar bisa #PressPlay atas mimpi dan passion anda melalui proteksi dari produk asuransi yang sesuai kebutuhan. Aktifkan perlindungan sekaligus rayakan kehidupan dan menangkan hadiah untuk dukung passion-mu! 

Mengapa harus FWD ?

Mungkin anda bertanya mengapa harus memilih asuransi di FWD ? ini jawabannya. FWD Group adalah bisnis asuransi jiwa di wilayah Asia Pasifik yang telah menjangkau sekitar 10 juta nasabah di 10 jaringan usaha, termasuk beberapa pasar asuransi dengan pertumbuhan yang cepat di dunia.

Sejak berdiri di tahun 2013, FWD fokus dalam menciptakan pengalaman berasuransi menjadi lebih simpel, cepat, dan lancar dengan produk yang inovatif dan mudah dipahami, yang didukung oleh teknologi digital. Melalui pendekatan yang berfokus pada nasabah, FWD berkomitmen mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi. Nah untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi website FWDII  ya

16 komentar untuk "Ini Lima Cara Memilih Asuransi yang Tepat"

  1. wah makasih banyak informasinya mbak semoga membantu yang lain juga yang sedang cari cari asuransi yang pas

    BalasHapus
  2. Wah terimakasih info berguna sekali jadi kepoin asuransi dong siaap apalagi banyak hadiahnya

    BalasHapus
  3. Wow ada 56 hadiah istimewa disiapkan oleh FWD ya ... semoga makin banyak yang tertarik dengan FWD karena kualitasnya pun tak diragukan lagi ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin mupeng ya Mbak. Hadiahnya gak kaleng-kaleng. Ada mobil pula. Menarik banget jadinya.

      Hapus
  4. Wah terimakasih infonya kak, ini sangat bermanfaat sekali bagi saya

    BalasHapus
  5. Satu hal kalau saya mau pilih asuransi, cicilannya 🤭. Harus sesuai dengan kemampuan pastinya.

    BalasHapus
  6. Iyaya, enaknya kalau sudah mengenal FWD Insurance, maka tahu banget kelebihan yang ditawarkan sehingga bisa lebih mantap memilih asuransi sesuai kebutuhan keluarga.

    BalasHapus
  7. Inget banget dulu ibuku pernah mau buka asuransi tapi ribetnya luar biasa. Kalau baca dari tulisan ini sepertinya FWD cocok nih untuk ibuku karena simple nggak ribet. Apalagi kalau bisa ikutan lucky draw. Siapa tahu beruntung dapat hadiah utama.

    BalasHapus
  8. FWD ini udah terkenal bgt di mana2 jadi kalo mau pilih asuransi gak khawatir lagi. Untuk yg baru pakai asuransi, informasi di atas udah ngerangkum FWD insurance secara keseluruhan. Membantu bgt.

    BalasHapus
  9. Di FWD ini asuransi jiwanya murni nggak ya? Soalnya syulit nih cari asuransi jiwa yang cuma asuransi jiwa aja...

    BalasHapus
  10. iya nie penting banget untuk mempunyai asuransi hidup karna kita tak bisa menjamin kesehatan dirikita sendiri jadi dgn adanya asuransi bisa lebih terjaga

    BalasHapus
  11. Jadi tertarik dengan produk FWD Critical First Protection yang coverage berbagai jenis penyakit kritis, mapupun penyakit langka dan resiko kecelakaan. Hanya dengan premi mulai dari Rp 300 ribuan aja ya..

    BalasHapus
  12. dapat sekali pointnya mba untuk pilah pilih asuransi ini, termasuk FWD jadi penasaran untuk cek2

    BalasHapus
  13. memilih asuransi ini memang harus benar-benar teliti ya, mbak. kita jangan cuma terbuai sama keuntungan yang ditawarkan tapi juga harus tahu risiko yang mungkin bisa terjadi di kemudian hari

    BalasHapus
  14. Memilih asuransi itu nggak bisa sembaranganya ya mbak
    Harus pilih dgn hati hati
    Kalau fwd insurance ya pasti recommended ya

    BalasHapus
  15. Hebat ya, jaringan FWD sudah sampai Asia Pacific jadi lebih kredibel dong ya.
    memilih asuransi ini memang harus selektif secara selama ini banyak yang merasa terkecok karena asal aja kayaknya beli polisnya tanpa membandingkan terlebih dahulu dan melihat track recordnya.

    BalasHapus