Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencuci Mobil yang Benar dan Perlu Diperhatikan



Kendaraan roda empat atau mobil pribadi adalah hal menjadi kebutuhan banyak orang pada saat ini. Hal ini tidak terlepas dan mobilisasi yang rutin serta kenyamanan dalam berkendara. Sehingga banyak orang berusaha mencari mobil baru. Memiliki mobil apalagi yang didapat dari hasil menabung adalah sebuah kebahagiaan tersendiri. Sehingga merawat mobil dari paling dasar seperti membersihkan atau mencuci perlu pengetahuan yang bagus, supaya mobil tetap awet.

Mencuci mobil memang terlihat mudah, tetapi jika dilakukan dengan cara yang salah, mobil Anda yang seharusnya bersih kinclong, justru akan cepat kusam. Memangnya ada cara yang salah?

Ada beberapa cara yang cukup sering dilakukan tetapi ternyata cara itu salah. Memangnya seperti apa caranya?

Mencuci mobil menggunakan sabun cuci piring

Tidak sedikit orang yang menggunakan sabun cuci piring untuk mencuci mobil lantaran busanya banyak dan hasilnya kesat. Namun ternyata cara ini akan menimbulkan banyak goresan dan membuat cat mobil menjadi kusam. Sebaiknya gunakan sampo khusus mobil yang mengandung pH rendah supaya tetap mengkilap.

 Mencuci dengan gerakan memutar

Seringkali saat mencuci mobil, gerakan yang dilakukan ialah memutar spons sabun penuh busa ke segala sisi mobil. Padahal gerakan tersebut hanya akan menyebabkan debu dan kotoran menyebar ke arah lain. Sebaiknya lakukan gerakan dari atas ke bawah, mirip gerakan saat menyikat gigi.

 Mencuci mobil di bawah sinar matahari

Pasti Anda sering melihat orang yang mencuci mobil di bawah sinar matahari atau mungkin Anda sendiri yang melakukannya? Cara ini sebaiknya dihindari karena air dan sabun yang ada pada mobil akan mongering karena panas sinar matahari. Jika mengering, akan menyebabkan kerak dan jamur pada bagian mobil.

Kesalahan umum tersebut perlu dihindari agar mobil Anda awet dan tidak kusam. Selain menghindari kesalahan mencuci mobil, Anda juga bisa melakukan beberapa hal penting seperti berikut:

 Gunakan alat-alat yang tepat

Ada beberapa alat yang memang diciptakan untuk merawat mobil agar selalu awet. Dalam hal mencuci mobil, Anda perlu menyiapkan selang nozzle, spons lembut yang biasanya berukuran besar, kain microfiber, sampo khusus mobil, sikat pembersih roda, serta dua ember berisi air sampo dan air bilasnya. Untuk bagian interior, Anda bisa gunakan vakum mobil.

 Mulai dari membersihkan bagian atas

Mulailah dengan membersihkan bagian teratas mobil yaitu atap. Siram dengan air seluruh permukaan mobil dan mulailah menggosok dengan spons lembut bersabun. Menyiram air sebelum menggunakan sampo mobil dapat membantu melunakkan lumpur atau kotoran kering yang menempel. Jadi saat digosok, akan lebih mudah.

 Bilas dengan air dari bagian atas

Jika semua sudah tertutup busa, bilas dengan air bersih dari bagian atas. Jangan memulai dari bagian tengah atau bawah karena akan membuat kotoran naik menyebar ke permukaan mobil.

 Lap dengan kain hingga kering sempurna

Jangan pernah membiarkan titik-titik air kering dengan sendirinya, karena akan berkerak dan menyebabkan kusam pada mobil. Sebaiknya langsung keringkan dengan lap agar tidak tertinggal noda air.

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli mobil dengan menikmati segala keuntungan, kunjungilah website SEVA. SEVA menawarkan fitur kalkulator pembiayaan yang dapat mensimulasikan pembelian kendaraan sebagai bahan pertimbangan Anda untuk di masa depan. Tak hanya itu, SEVA juga memiliki Fitur Instant Approval yang dapat membantu calon pembeli untuk memeriksa kondisi financial sebelum memilih mobil sesuai dengan kemampuan.

Selain itu, SEVA juga menawarkan berbagai keuntungan yang menarik. Seperti pilihan bunga 0% atau DP 15% untuk pembelian beberapa mobil Toyota, cashback Rp 1 juta untuk pembelian mobil dengan pembiayaan kredit, dan gratis asuransi Garda Health Tech hingga Rp 3,2 juta. Tak hanya itu, SEVA juga siap melindungi dengan asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga senilai 10 juta dan diskon special lainnya.

Beli mobil yang terbaik, hanya di SEVA.

 

Posting Komentar untuk "Cara Mencuci Mobil yang Benar dan Perlu Diperhatikan"