Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Positif Media Sosial Bagi Keuangan Keluarga Saya

Menjadi narasumber di sebuah perguruan tinggi di kota saya berkat aktif di media sosial 

Sekitar tahun 2008 dan 2009  bisa dikatakan adalah awal saya mengenal media sosial yakni blog dan facebook. Awalnya blog saya gunakan untuk curhat dan cerita kehidupan sehari-hari, seperti pekerjaan, organisasi dan keluarga. Begitu juga dengan facebook yang ketika baru mengenal media sosial jenis baru yang mana bisa berteman dengan banyak orang dari berbagai daerah bahkan negara itu, saya anggap hanya untuk bersenang-senang, bergurau atau bukan sesuatu yang penting.

Namun seiring waktu sekitar tahun 2014 saya menemukan grup komunitas blogger di facebook. Saya pun bergabung dengan grup tersebut dan ketika melihat aktifitas di grup itu saya merasa ada sebuah inspirasi dan motivasi untuk bisa lebih serius mengelola blog.

Inspirasi dan motivasi apa saja yang saya peroleh dari komunitas tersebut ?

1.       Ternyata blog bisa menghasilkan uang jika dikelola dengan baik

2.      Blogger daerah atau berada di luar pulau Jawa apalagi Jakarta, bisa punya kesempatan dan peluang sama mendapatkan pekerjaan atau job dari brand, perusahaan dan agency.

3.      Ilmu baru tentang mengelola blog yang bagus, tampilan yang menarik, foto, infografis, konten yang bervariasi dan informasi

4.      Mendapatkan teman-teman sesama blogger dari berbagai daerah dengan berbagai latar pengalaman dan prestasi

5.      Pentingnya komunitas dan jaringan dalam mengembangkan diri serta mengelola blog supaya bisa menghasilkan uang

6.      Pentingnya membagikan konten atau postingan di blog ke media sosial seperti facebook supaya tulisan kita dibaca banyak orang, dilihat agency dan brand.

7.       Membuat konten-konten positif di media sebagai branding diri bahwa saya adalah seorang blogger dan konten creator.

Saya mulai mengubah mindset tentang media sosial yang selama ini saya anggap hanya tempat santai. Saya aktif mengikuti grup, menyimak diskusi dan info-info menarik lainnya. Saya juga bergabung di komunitas lainnya dan bergabung di grup whatsapp.

Hasilnya adalah saya berhasil mendapatkan job pertama dan sebuah e-commerce berupa review tentang produk yang dijual di sana. Meski dibayar dengan voucher belanja tapi saya sangat senang, karena blog saya bisa seperti teman-teman blogger di Pulau Jawa dan Jakarta khususnya yang memang sangat aktif mengelola blog dan berkomunitas.

Bahkan prestasi pertama saya di blog saya bisa menjuarai kompetisi menulis yang diadakan oleh sebuah bank BUMN. Sebuah prestasi yang menurut saya luar biasa karena saya bersaing dengan blogger-blogger senior dan sudah malang melintang berbagai lomba.

Seiring waktu terus berjalan saya makin sering mendapatkan job dari blog dan media sosial lainnya, seperti facebook, instagram dan twitter. Bisa dikatakan tiap bulan selalu ada job-job yang bisa menambah penghasilan bagi keuangan keluarga saya. Tidak hanya itu saya beberapa kali diundang menjadi pemateri dengan blog dan media sosial di perguruan tinggi di kota saya.

Bisa dikatakan media sosial sangat berjasa dalam membantu saya memenuhi keuangan keluarga khususnya menghidupi keluarga di kampung yang masih menjadi tanggungan saya. Lebih kurang tujuh tahun aktif di media sosial materi yang saya hasilkan dalam membuat dan menyebarkan konten-konten positif sangat luar biasa. Sebuah pencapaian sangat saya syukuri.

Saat pandemi yang awalnya saya pikir akan memberikan dampak terhadap job di media sosial ternyata tidak. Bahkan saya malah mendapatkan job-job lain seperti mendapatkan review produk skincare dan beauty yang selama ini tidak terlalu saya lirik. Belum lagi menjadi peserta kegiatan-kegiatan yang digelar brand, perusahaan atau pemerintah melalui daring.

Meskipun begitu apa yang telah saya capai harus bisa saya pertahankan khususnya dalam mengelola blog, seperti makin mempercantik konten dengan infografis yang bisa memudahkan pembaca memahami isinya.

Infografis indozone yang keren menurut saya 

Untuk infografis ini saya terkesan dengan tampilan dari www.indozone.id . Sepertinya saya harus banyak belajar dengan membaca dan mempelajari website tersebut dalam menyajikan konten dengan infografis yang menarik dan informatif sehingga mudah dimengerti pembaca. Dengan tampilan yang menarik khususnya infografis tentu blog saya akan semakin menarikn, menjual dan bisa makin dilirik oleh brand, perusahaan dan agency pemberi job.

 

 

 

 

1 komentar untuk "Dampak Positif Media Sosial Bagi Keuangan Keluarga Saya"

  1. Mpo suka nih menang blog selain bisa menunjukan kemampuan menulis juga menunjukkan keberanian berkompetisi dengan jujur

    BalasHapus