Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Celana Jeans Agar Tidak Mudah Rusak dan Tahan Lama

Celana jeans, bisa dikatakan nyaris dimiliki semua orang. Maklum keberadaan celana jeans memang penting untuk memenuhi trend fashion semua orang. Sebagai kebutuhan fashion yang bersifat basic, celana jeans sering kali digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Maka tidak heran apabila setiap orang memiliki celana jeans lebih dari satu di dalam lemari pakaiannya.

Sebagai kebutuhan pakaian yang mendasar, tentu Anda perlu memberi perhatian khusus pada celana jeans kesayangan. Agar awet dan tidak mudah rusak, tentu Anda perlu mengikuti proses perawatan celana jeans yang tepat dan mudah dilakukan.

Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

5 Cara Merawat Celana Jeans Agar Tidak Mudah Rusak dan Tahan Lama

1. Baca Instruksi Perawatan Celana Jeans

Pastikan Anda tidak terburu-buru membuang label perawatan celana jeans terlebih dahulu. Sebab Anda perlu memperhatikan detail informasi perawatan celana jeans.

Umumnya, label instruksi perawatan celana jeans terletak di bagian dalam celana. Anda dapat mengeceknya di dekat kantong atau di balik bagian pinggang.

Agar memudahkan proses mencuci, Anda hanya perlu memisahkan celana jeans dengan jenis pakaian yang lain. Terlebih saat Anda baru mencuci celana jeans tersebut pertama kali. Hal ini bertujuan menghindari luntur atau transfer warna pada pakaian.

2. Perhatikan Detail Informasi Pencucian Celana Jeans

Baik menggunakan tangan atau mesin cuci, Anda perlu membalikkan celana jeans dari dalam ke luar. Tujuannya agar celana jeans bagian depan tidak mudah rusak dan pudar. Tidak hanya itu, jika Anda mencuci celana jeans lewat tangan memudahkan Anda megamati kotoran dengan lebih jelas.

Selain itu, Anda dapat menggunakan air dingin dan deterjen sebagai bahan dasar mencuci celana jeans. Penggunaan deterjen khusus akan membantu meningkatkan kualitas celana jeans Anda dari perubahan warna, pilling, dan fading.

Deterjen memang penting digunakan dalam mencuci pakaian. Maka tidak ada salahnya jika Anda memilih menggunakan deterjen yang lembut untuk celana jeans. Namun, Anda juga perlu menghindari penggunaan deterjen yang berpemutih, sebab dapat membuat celana jeans Anda kehilangan warna aslinya.

3. Pilih Waktu Terbaik untuk Mencuci Celana Jeans

Mencuci celana jeans sebaiknya tidak terlalu sering dilakukan. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan frekuensi penggunaan celana jeans yang Anda kenakan.

Anda dapat mencuci celana jeans jika sudah terlihat kotor, berbau, dan kendur di bagian lutut. Tidak hanya itu apabila celana jeans tidak terlalu kotor, Anda dapat mencucinya setelah 5-10 kali pemakaian.

4. Hindari Menjemur Celana Jeans di Bawah Terik Matahari

Pasalnya menjemur celana jeans di bawah paparan terik matahari secara langsung hanya akan membuat warna celana mudah pudar dan kusut. Menghindari resiko tersebut, Anda cukup menggantungkan celana jeans dengan diangin-anginkan pada teras atau balkon rumah.

Pengering yang terdapat pada mesin cuci ialah musuh besar bagi celana jeans. Dilihat dari cara kerjanya, mesin pengering hanya akan membuat kain celana jeans lebih mudah melar dan pudar.

5. Hindari Penggunaan Setrika

Setelah melalui tahap mencuci dan mengeringkan, Anda tidak perlu tergesa-gesa untuk menyetrika celana jeans. Khusus jenis pakaian ini, Anda hanya perlu menggantungkannya dengan rapi di lemari pakaian Anda.

Celana jeans yang terlalu sering disetrika dapat menimbulkan resiko pada kain. Kain akan lebih mudah menyusut, sehingga tidak nyaman untuk dikenakan. Selain itu, panas pada setrika juga berdampak pada perubahan warna celana jeans menjadi lebih pudar.

Namun dalam kondisi mendesak jika tetap ingin menyetrika celana jeans, Anda hanya perlu memastikan celana jeans benar-benar dalam keadaan terbalik dari bagian dalam ke luar. Anda dapat menyetrika celana jeans dengan memulainya dari bagian kantong, pinggang, dan dilanjutkan pada bagian leg opening.

Setelah menyimak ulasan di atas, tentu Anda dapat mengetahui perawatan celana jeans dengan mudah. Anda tidak lagi kebingungan mengatasi kerusakan celana jeans yang Anda miliki.

 

 

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Celana Jeans Agar Tidak Mudah Rusak dan Tahan Lama"

Berlangganan via Email