Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata Ini Perbedaan Cincin Tunangan dan Cincin Nikah


Menjalin hubungan serius bagi sepasang insan biasanya diwujudkan dalam ikatan cinta yang direstui oleh kedua belah pihak keluarga. Biasanya diwujudkan dalam moment pertunangan. Biasanya momen yang paling ditunggu dan penting ini disimbolkan dengan suatu barang atau benda seperti cincin. Dimomen terbaik inilah, sebaiknya Anda tidak boleh sembarangan didalam memilihnya agar dapat menjadi hadia
h terbaik untuk pasangan.

Sama seperti dengan momen pertunangan, cincin ternyata juga digunakan sebagai simbol untuk pernikahan. Walaupun kedua momen tersebut sama-sama mempunyai simbol cincin, tetapi ternyata keduanya memiliki perbedaan loh. Apakah Anda sudah mengetahui apa perbedaannya? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan dibawah ini.

Perbedaan cincin tunangan dan cincin nikah

1.       Waktu penyerahan cincin

Perbedaan pertama yang terletak pada cincin nikah dan tunangan adalah waktu penyerahan cincin. Cincin tunangan biasanya diberikan ketika pria menanyakan apakah wanita bersedia menjalin hubungan ke jenjang yang lebih serius dan biasanya juga tidak wajib karena akan tergantung dengan Anda dan pasangan. Sedangkan cincin nikah merupakan cincin yang diberikan pada hari pernikahan.

2.       Fungsi dari cincin

Cincin pertunangan sebenarnya memiliki fungsi untuk dikenakan kepada wanita ketika menerima lamaran dari sang pria sampai menikah. Setelah menika, wanita dapat menyimpan maupun tetap mengenakan cincin tersebut. berbeda dengan cincin nikah dimana biasanya digunakan oleh kedua pihak sebagai simbol apabila sudah menikah.

3.       Posisi pemakaian cincin

Berdasarkan dengan tradisi yang ada, biasanya cincin pertunangan dikenakan di jari manis sebelah tangan kiri. Sedangkan cincin untuk pernikahan biasanya digunakan di jari manis di sebelah tangan kanan. Tradisi inipun ternyata berlangsung di beberapa Negara di daratan Eropa seperti Denmark, Norwegia, Polandia, Rusia, Bulgaria dan lainnya.

4.       Desain cincin

Perbedaan cincin tunangan dan nikah berikutnya terletak pada desainnya. Didalam pertunangan tradisional, desain cincin pertunangan biasanya dilengkapi dengan berlian atau batu pertama dengan ukuran yang sedang hingga besar pada bagian tengahnya. Sedangkan untuk cincin pernikahan biasanya mempunyai desain polos dimana tidak dilengkapi dengan batu. Kendati demikian, saat ini cincin pernikahan sudah banyak dilengkapi dengan berlian maupun permata lainnya.

5.       Jumlah cincin

Jumlah cincin untuk tunangan bisanya hanya memerlukan satu saja dimana akan disematkan di jari manis wanita. Sedangkan untuk cincin pernikahan biasanya butuh sepasang yakni untuk masing-masing mempelai wanita maupun pria.

Cara memilih cincin tunangan yang tepat

Sudah tahukan apa perbedaan antara cincin pertunangan dengan nikah? Anda juga harus mengetahui bagaimana cara memilih cincin tunangan yang tepat agar pasangan anda tersebut tidak kecewa, berikut beberapa cara yang harus anda terapkan.

1.  Pastikan anda memilih desain yang tepat. Didalam pemilihan desain ini sebaiknya harus disesuaikan dengan karakter pasangan. Apabila pasangan anda menyukai sesuatu yang simple, hindari memilih desain cincin yang terlalu banyak detail.

2.  Memilih bahan cincin yang tepat. Ada beberapa logam yang biasanya digunakan untuk pembuatan cincin tunangan seperti emas kuning, emas putih, platinum, perak dan palladium. Setiap material ternyata memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing

3.      Untuk memperoleh ukuran yang tepat, sebaiknya membawa pasangan anda untuk melakukan pengukuran. Dengan ukuran yang tepat maka pasangan anda akan semakin nyaman ketika mengenakannya.

4.      Terakhir, pemilihan cincin sebaiknya juga harus disesuaikan dengan dana yang dimiliki. Dana ini bisa disesuaikan dengan material hingga kualitas yang dihadirkan.

Cincin pertunangan merupakan cincin yang penting untuk momen terbaik anda menyatakan keseriusan dengan pasangan. Sampai disini sudah tahu perbedaan antara cincin tunangan danpernikahan? Segera pesan cincin dari Passion Jewelry untuk mendapatkan pilihan yang tepat. 

Posting Komentar untuk "Ternyata Ini Perbedaan Cincin Tunangan dan Cincin Nikah"

Berlangganan via Email