Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Company Formation Indonesia


Potensi yang ada di Indonesia yang sangat besar menjadikan banyak warga negara asing yang ingin membuka bisnis di Indonesia. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui tentang company formation Indonesia saat ini. Dengan mengetahui hal ini, Anda bisa mendirikan perusahaan secara legal dan sudah terlindungi oleh payung hukum. Jadi, tidak akan ada lagi masalah tentang perizinan yang sangat rumit.

Sayangnya, untuk melakukan pengurusan ini juga tidak mudah dan menjadi momok tersendiri oleh warga negara asing. Hal ini dikarenakan birokrasi yang lumayan rumit dan membutuhkan berbagai dokumen pendukung. Berikut ini adalah beberapa hal tentang companyformation di Indonesia, termasuk syarat-syarat yang perlu dipersiapkan untuk membangun perusahaan.

Informasi Penting tentang Company Formation di Indonesia

1. Perencanaan investasi

Perencanaan investasi memang menjadi hal pertama dan utama yang harus dimiliki sebelum membangun perusahaan. Baik pengusaha asing maupun investor harus memiliki perencanaan tersendiri untuk membangun dan mengembangkan bisnisnya di Indonesia. Berkaitan dengan perencanaan investasi ini, BKPM Indonesia sudah menetapkan kewajiban terkait hal ini termasuk besaran investasi yang sesuai dengan kualifikasi bisnis yang hendak dibangun.

2. Tentang modal berbayar

Selanjutnya, hal yang tak kalah penting tentang companyformation di Indonesia adalah tentang modal berbayar. Hal ini menjadi syarat sebuah companyformation. Nominal dari modal berbayar ini adalah sekitar USD $190.000. Untuk melakukan pembuktian, caranya bisa dengan menandatangani pernyataan modal atau melakukan transfer ke perusahaan. Kedua cara ini bisa dilakukan guna memudahkan proses mengurus modal berbayar ini.

3. Berkas dan dokumen perizinan

Terakhir dan mungkin yang paling krusial di antara semuanya adalah tentang berkas dan dokumen perizinan. Selain krusial, biasanya proses ini cukup memakan waktu karena birokrasi yang rumit dan dokumen-dokumen yang lumayan banyak. Untuk mendapatkan dokumen yang dibutuhkan pun biasanya juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Mengenai perizinan, yang pertama harus dilakukan adalah mengurus izin prinsip. Izin prinsip ini bisa didapatkan dari BKPM dan berisi hal-hal fundamental yang berkaitan dengan perusahaan yang hendak didirikan. Selanjutnya, ada pula akta pendirian perusahaan dan keputusan dari kementerian yang terkait. Setelah ini selesai, baru bisa dilanjutkan ke pengurusan dokumen berikutnya seperti NPWP dan sebagainya.

Langkah untuk Membangun Perusahaan di Indonesia

Jika sebelumnya dibahas beberapa informasi mengenai companyformation di Indonesia, selanjutnya Anda juga harus memahami langkah-langkah membangun perusahaan di Indonesia. Secara singkat, perusahaan harus memiliki perencanaan yang tepat. Perencanaan tersebut meliputi target market, riset market, rencana tahunan, anggaran biaya, dan lain-lain.

Selanjutnya, untuk keperluan identitas, sebuah perusahaan harus memiliki nama. Pastikan nama tersebut belum dipatenkan oleh perusahaan lain karena jika hal itu terjadi, di kemudian hari akan ada masalah hukum dan kemungkinan besar akan kalah karena menggunakan nama yang sudah dipatenkan.

Terakhir, tentu saja menyiapkan sumber dana dan dokumen. Seperti penjelasan sebelumnya, pengurusan dokumen ini sangat memakan waktu dan bagi yang belum pernah menjalani sebelumnya pasti akan sangat kerepotan. Oleh karena itu, untuk menghemat waktu dan biaya, sebaiknya gunakan layanan pengurusan dokumen tersebut seperti Permitindo.

Permitindo sudah berpengalaman kurang lebih 25 tahun dalam membantu pengurusan legalitas perusahaan di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi permitindo.com. Serahkan semua ke Permitindo dan Anda cukup menanti hasilnya saja sambil mematangkan rencana perusahaan.

Posting Komentar untuk "Mengenal Company Formation Indonesia "

Berlangganan via Email