Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

POS System dan Kemajuan Usaha Kuliner di Kota Saya


POS System atau disebut juga Point of Sale adalah sebuah sistem untuk melakukan transaksi  jual beli yang biasanya digunakan oleh berbagai usaha


Ada yang hobi pesan makanan atau minuman dengan Gofood ? Kalau ada berarti kita sama donk. Ada tempat favorit atau tempat langganan pesan makanan dan minuman ga ? Kalau saya ada, banyaaaak ! Kok bisa sebanyak itu ? Ya, karena senang dengan layanannya yang cepat banget. Baru pencet tombol “pesan sekarang” dan dapat driver eh ada laporan kalau pesanan sudah masuk dan diproses penjual. Happy banget ga tuh ?! Makanya saya selalu memberikan bintang lima dan merekomendasikannya. Nah ternyata ada rahasia dibaliknya lho. Mau tahu ? Iyes, ada POS System yang bekerja di belakang layar membantu menghandel operasional setiap tempat makan di layanan Gofood tersebut.

Pasti penasaran kan dengan apa itu POS System atau System POS (Point Of Sale ) ini ? Tapi sebelum saya jelaskan, saya mau cerita tentang perkembangan usaha kuliner di kota saya saat sesudah dan sebelum ada layanan Gofood. Yap, kehadiran Gojek di kota saya sekitar tiga tahun lalu sangat memberikan kemudahan bagi warga khususnya saya. Meski terbilang telat dibandingkan kota-kota besar lainnya, tapi saya bersyukur banget bisa memanfaatkan berbagai layanannya, salah satunya yang favorit adalah layanan Gofood.

Awal masuk ke kota saya, Gofood tidak langsung ada. Harap maklum karena memang sedang proses persiapan. Akhirnya setelah beberapa bulan layanan Gofood pun tersedia da saya hepi banget bisa order makanan cukup dengan menggunakan smartphone.

Entah itu saya baru bangun tidur, lagi di kantor, mau tidur, pokoknya selagi mau makan dan ngemil, tinggal buka aplikasi Gojek dan pilih menu layanan Gofood, semua makanan dan minuman bisa diorder tanpa harus capek keluar rumah dan menghabiskan waktu. Apalagi saya sangat jarang masak, jadi mengandalkan Gofood adalah cara ninja saya, hehehe begitu istilah anak gaul masa kini.

Awalnya masih sedikit partner atau tempat makan yang bergabung di layanan Gofood ini, namun seiring berjalan waktu makin banyak tempat makan baru yang bergabung dan memberikan banyak pilihan menu.

Bisa dikatakan kehadiran layanan Gofood membuka peluang kerja dan sumber penghasilan bagi masyarakat, sebab ada banyak diantara  mereka yang tidak memiliki tempat makan fisik gitu tapi cukup membuka  usaha di rumah. Jadi di rumah pun tidak ada gerainya, hanya dapur tempat memasak sebagai tempat mengolah pesanan makanan yang masuk melalui layanan Gofood.

Sebenarnya dari dulu sudah ada banyak usaha kuliner rumahan ini dan mereka berjualan online dengan promosi di media sosial. Tapi kendalanya sering dalam hal pengantaran sebab pembeli harus menjemput sendiri. Kalaupun diantar ke pembeli harus menunggu beberapa item orderan dari yang lain biar bisa sekalian jalan. Jadi waktu pengantaran cenderung bergantung dengan penjual. Ga asyik banget kan harus nunggu-nunggu tak jelas gitu ?!

Tak heran, penjual kuliner rumahan ini banyak yang jalan di tempat dan susah berkembang. Namun dengan kehadiran Gojek dengan layanan Gofood semuanya berubah. Sebab sangat memudahkan dan menguntungkan kedua belah pihak, yakni penjual dan pembeli.

Penjual tak perlu lagi sibuk promo di media sosial dan membuat aturan jam pengantaran makanan karena ada driver yang siap sedia standby 24 jam menjemput dan mengantar pesanan. Pembeli juga mendapatkan kepastian waktu kapan pesanan mereka bisa diterima, bahkan ketika pesanan masuk ke penjual dan  diproses oleh tempat makan pun pembeli bisa segera tahu.

Apakah Anda sama seperti saya yang awalnya bertanya-tanya kok bisa pesanan baru order dalam hitungan detik, tapi sudah tertulis sudah masuk dan diproses oleh penjual ?

Nah inilah yang akan saya bahas seperti sudah saya disampaikan sebelumnya di atas, tentang POS System yang membuat hepi saya khususnya karena bisa tahu pesanan sudah masuk dan diproses tanpa sibuk nanya ke penjual ataupun drivernya.

Apa Sih Fitur POS System Itu ?

Jadi POS System atau disebut juga Point of Sale adalah sebuah sistem untuk melakukan transaksi  jual beli yang biasanya digunakan oleh berbagai usaha. Bisa dikatakan Point of Sale atau POS System saat ini sudah menjadi bagian yang penting dari operasional berbagai usaha.

Kalian yang biasa bertransaksi di kasir misalnya di restoran pasti sering melihat  seperangkat mesin kasir, lengkap dengan cash drawer untuk menyimpan uang dan printer untuk mencetak struk ? Itu dulu alias konvesional. Kini dengan berkembangnya teknologi, penggunaan mesin kasir konvensional sudah mulai digantikan oleh Point of Sale dengan sistem dan perangkat pendukung yang lebih modern lho.

POS System bisa dikatakan juga adalah versi modern dari mesin kasir konvensional atau cash register yang biasanya sudah dilengkapi dengan cash drawer. Tak heran jika Point of Sale kini sudah banyak digunakan oleh beragam jenis usaha, seperti restoran, kedai kopi, barbershop atau laundry kiloan.

Nah, bagi Anda yang berencana memulai usaha baik itu usaha kuliner maupun usaha ritel lain yang membutuhkan transaksi jual beli secara rutin, sangat penting untuk memahami fungsi dan manfaat dari POS System ini.  Kenapa ? karena Anda akan membutuhkan POS System untuk membantu operasional harian usaha Anda, mulai dari menerima berbagai macam metode pembayaran, mencatat dan membuat laporan penjualan, mencetak struk dll.

Fitur POS/POS System pada aplikasi super GoBiz dapat digunakan pada ponsel pintar Android



Menggunakan Fungsi POS dari Aplikasi GoBiz

Nah, sudah tahu kan apa itu POS System dan kegunaannya ? Tapi perangkatnya bisa didapatkan dimana ? Tenang, karena kini sudah banyak penyedia Point of Sale di Indonesia yang menggunakan tablet pintar berbasis Android atau iOS. Tapi ada juga yang menggunakan perangkat khusus POS yang biasa disebut terminal. Sedangkan untuk konektivitas sudah banyak yang meninggalkan penggunaan kabel dan diganti dengan wireless.

Salah satu tempat dimana Anda bisa mendapatkan fungsi dari POS adalah di aplikasi GoBiz secara GRATIS! Fitur POS/POS System pada aplikasi super GoBiz dapat digunakan pada ponsel pintar Android, sedangkan untuk fitur laporan penjualan dapat Anda akses pada GoBiz Dashboard dari komputer

Bagaimana cara mendaftar fitur POS atau POS System ini ? Pendaftaran fitur POS hanya bisa dilakukan untuk Mitra Usaha Gojek yang sudah terintegrasi dengan layanan GoPay. Bagi Anda yang usahanya sudah terintegrasi dengan layanan GoPay dan ingin mengaktifkan fitur POS, gampang banget caranya karena cukup  login ke akun aplikasi GoBiz Anda, masuk ke tab Bayar dan pilih Cobain POS ! Jangan khawatir karena tidak ada biayanya lho !

Berikut adalah beberapa kemudahan yang dapat dirasakan ketika Anda mengaktifkan fitur POS di aplikasi GoBiz:

1. Anda tidak perlu lagi repot mencatat manual untuk pesanan makan di tempat

Jadi pesanan makan di tempat bisa langsung Anda input pada aplikasi GoBiz Anda dengan lebih mudah dan cepat.

2. Laporan harian yang lengkap untuk pesanan online dan juga makan di tempat

Anda bisa langsung melihat total pesanan untuk online dan juga makan di tempat langsung di aplikasi yang sama. Jadi tidak perlu repot untuk melakukan rekapan manual di akhir hari.

3. Cukup dengan menyambungkan ke printer dan Anda bisa langsung print struk untuk pesanan GoFood dan juga makan di tempat

Simpel dan cepat banget lho karena struk untuk mitra driver dan untuk pelanggan makan di tempat dapat dibuat dengan cepat hanya dengan 1 klik.

Jadi, terjawab sudah ya pertanyaan saya dan Anda tentang system dibalik partner tempat makan di layanan Gofood di aplikasi Gojek. Semoga bisa tidur nyenyak ☺

 

 

44 komentar untuk "POS System dan Kemajuan Usaha Kuliner di Kota Saya "

  1. Setuju banget ... kehadiran layanan Gofood membuka peluang kerja dan sumber penghasilan bagi masyarakat. Adanya POS sangat membantu pula ya, jadinya mudah mengelola usaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali Mbak Mugniar
      Go Food ini menguntungkan banyak orang. Saya sebagai customer yang nggak usah keluar rumah dan makanan pun datang. Dan UMKM yamg terbantu karena pelanggan bisa datang dari mana-mana

      Hapus
  2. Wahh baca tulisan ini saya juga akhirnya tahu...
    Sistem dibalik gofood

    BalasHapus
  3. Aku tinggal di daerah Ciamis, tapi agak pinggir bukan pusat kota, layanan pesan antar kuliner baru sekitar 6bulanan masuk disini. Itu pun blm bnyak merchant yg kerjasama.
    Aku pernah sih gunain jasanya tp cm bbrapa kli gak sering, dan setau aku dr cerita bbrapa temen, masih kurang efektif sih kalo di daerah aku. Kalau di kota besar mungkin bisa cepat diterima, tp didaerah aku agak kurang.
    Aku sndiri kalau punya usaha kuliner tertarik sih join di POS system buat promosi.

    BalasHapus
  4. Kemajuan teknologi saat ini bener-bener mendukung dan memberi peluang sebesar-besarnya bagi yang mau maju ya. Contohnya seperti sitemsi POS ini. Segala kemudahan yang ditawarkannya membuat semua senang. Baik itu pelanggan, penjual, maupun abang drivernya.

    BalasHapus
  5. beberapa macam aplikasi POS memang bermanfaat untuk UKM. Baru tau ada goBiz juga ya, jadi makin banyak umkm terbantu utk bisnis secara efisien dan profesional serta going digital.

    BalasHapus
  6. mudah banget sih kalo begitu. Mitra jadi lebih mudah bertransaksi dan tercatat rapi. Pelanggan juga bahagia karena makanan datang tepat sesuai pesanan

    BalasHapus
  7. Kalau ada yang otomatis gini, mending pilih saja. Ga ribet. Kayak saya yang mudah bingung kalau ada data baru. WKwkwk
    GoBiz sangat membantu usaha kuliner rumahan ya Mbak

    BalasHapus
  8. Memang sudah seharusnya usaha kuliner memakai System POS (Point Of Sale ) dari GoBiz ini ya mbak. Soalnya fiturnya emang mempermudah transaksi baik dari segi penjual maupun pembeli.

    BalasHapus
  9. Banyak sekali manfaat POS System ya
    Sangat membantu operasional harian usaha, mulai dari menerima berbagai macam metode pembayaran, mencatat dan membuat laporan penjualan, mencetak struk sehingga pelaku usaha tinggal fokus ke pengembangan usaha agar makin membesar dan sukses

    BalasHapus
  10. wah menarik sekali fitur POS di aplikasi GoBiz kak, Tentu memudahkan dan memanjakan pembeli dan penyedia produk kuliner. Sekarang apa-apa serba digital dan jadi simple dan mudah.

    BalasHapus
  11. Asik ya layanan POS System yang sangat membantu ini bisa dinikmati secara gratis lewat GoBiz. Buat yang baru ngerintis usaha lumayan banget nih berkurang satu beban pikiran.

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah ya Mbak dengan adanya POS System usaha kuliner maupun UKM-UKM lain dapat berkembang dengan lebih mudah.
    Btw aku juga seneng kalo pesen-pesen jajan pake Gofood, hehehe..

    BalasHapus
  13. Bener banget, semenjak adanya layanan dari gofood gini selain kita sebagai konsumen yg sangat terbantu buat delivery makanan kapan saja dan di mana saja, para pelaku usaha juga pastinya banyak yg terbantu ya

    BalasHapus
  14. wah iya tanpa sadar sekarang sudah beralih ya jadi pakai pos, lebih mungil, mudah dan praktis krn hemat tempat jg. dan lgsg ada pencatatannya pula, ngebantu bgt ini :D

    BalasHapus
  15. Dimasa pandemi begini memang efektif pesan makanan melalui ojek online ya. Meminimalisir waktu dan keuangan. Apalagi dapat promo makanan lagi dari ojolnya. Aduhhh senangnya langsung pesan makanan deh.

    BalasHapus
  16. Jadi lebih rapih ya mba kalo ada pos system seperti ini. karena membantu mempermudah mencatat transaksi yang ada

    BalasHapus
  17. POS System sungguh mudah dan praktis yaa..
    Aku suka layanan dari GoBiz. Semoga semakin banyak pengusaha UMKM yang memanfaatkannya.

    BalasHapus
  18. Sistem POS ini memudahkan baik antara penjual dan pembeli ya mba. Kebayang ga sih kalau segala sesuatunya harus manual. Hari gini harus pake manual, udah ga jamannya lagi.

    BalasHapus
  19. Sama Mak, saya juga pengguna GoFood, senang karena praktis ya, bisa bayar nontunai. Kalau penjualnya paham dengan teknologi asyik banget kita sebagai konsumen.

    BalasHapus
  20. Pos system ini memudahkan pelaku umkm dan konsumen ya. Thanks udah nulis detail, kak

    BalasHapus
  21. Hihi..saya banget nih, yg merasa sangat terbantu dg adanya Gofood.. Dan saya senang, ternyata dg adanya POS ini penjualnya juga sangat terbantu ya..

    BalasHapus
  22. Ternyata dibalik kelancaran order GoFood aku ada pos system ya mba jadi kita ga dibikin nunggu lama buat pesanan kita, udah kita pemilik resto pencatatannya jadi rapih dan detail bgt ya

    BalasHapus
  23. Teknologi membuat semua jadi mudah, cepat dan membantu kerjaaan lebih praktis. Jangan ragu mengunakan teknologi untuk mengembangkan usaha kuliner

    BalasHapus
  24. Sekarang banyak yang nerapin beginian sejak pandemi enak non tunai, nggak perlu antri ga perlu nunggu kembalian gitu mba eehhehe

    BalasHapus
  25. Untuk yang punya usaha rintisan maupun bisnis UMKM jadi lebih mudah nih soal laporan maupun transaksi keuangan dengan sistem Pos

    BalasHapus
  26. Aku..aku kak, sering banget pesan makanan dan minuman lewat aplikasi gofood, duuh beneran deh ini ngebantu banget, dan aku sekarang baru tau tentang POS system kak setelah baca artikel ini

    Hihihi

    BalasHapus
  27. Sebagai mitra GoFood, saya sangat terbantu sekali dengan adanya sistem ini. Pencatatan keuangan jadi lebih rapi.

    BalasHapus
  28. Aku suka POS sistem nya gofood ini, bikin aku juga ngga lama nunggu pesanan makanan aku. Dan juga bagus untuk driver nya karena kecepatan pengantaran juga mempengaruhi konsumen untuk memberikan penilaian

    BalasHapus
  29. Aplikasi ini mwmudahkan para konsumen dan seller ya. Keren deh,makasih kak infonya.

    BalasHapus
  30. Mbak Vera tinggal dimana ya? Btw ya pasti hepi banget donk ya sekarang udah ada gofood.

    Ada tetangga jual makanan aku auto nyaranin daftar jadi mitra go food aja deh

    BalasHapus
  31. Jadi makin seneng pastinya ya kalau ngorder di GoFood karena prosesnya cepat gak pakai lama.

    Apalagi di aplikasi GoFood udah ada namanya Pos System yang semakin memudahkan para pelaku usaha dalam berbisnis.

    BalasHapus
  32. Sistem Point' of sale ini banyak keuntungannya ya, memudahkan para pelaku usaha untuk nggak ribet lagi melakukan pencatatan laporan keuangan, sehingga bisa dipantau kapan saja

    BalasHapus
  33. Usaha kuliner bakal terus jadi perhatian yang memikat ya, apalagi sekarang makin tambah maju dengan adanya Gobiz. Memudahkan untuk pelaku bisnis juga pembelinya.

    BalasHapus
  34. sistem kaya gini sangat membantu penjual, karena transaksi jadi jelas tercatat dan bisa menggaet konsumen lebih luas juga

    BalasHapus
  35. berkat pos system semuanya jadi lebih praktis ya mbaa. Pun sangat memudahkan penjual dan pembeli..

    BalasHapus
  36. Bener sih point of sale ini emg ngebantu bgt terus jadi ga ribet kan ya, sbg pembeli jg merasa lebih cepat, aman, dan praktis. Gaperlu catat2 manual :D

    BalasHapus
  37. Berguna banget pos system ini ya. Semua hal bertransaksi jauh lebih mudah juga. Ahhh mempermudah pekerjaan emak-emak juga nih.

    BalasHapus
  38. UMKM kudu banget memanfaatkan kemajuan digital. Salah satunya aplikasi GoBiz, ini akan sangat memudahkan dan memanjakan pembeli dan penyedia produk kuliner. Memanfaatkan dunia online sebaik mungkin

    BalasHapus
  39. POS benar benar solusi bagi pedagang yang siap menyongsong banyak cuan ya. Kelihatannya simpel tapi beda hasil bagi pengguna POS dan bukan

    BalasHapus
  40. di kota surabaya sini juga alhamdulillah ekosistem seperti itu sudah cukup familiar di berbagai lapisan masyarakat, mbak. sangat membantu sih, terutama saat pandemi begini :D

    BalasHapus
  41. Aku banget nih mba tukang jajan online, ternyata Pos System ya rahasia pesanan aku cepet kebaca pemilik resto, jadi aku ga nunggu lama.

    BalasHapus
  42. Senang sekarang dimudahkan nya untuk usaha kecil bisa online, bahkan di daerah yang mbak ceritakan ini.

    BalasHapus
  43. Pos system ternyata bermanfaat banget yah dan bisa diandalkan UMKM

    BalasHapus

Berlangganan via Email