Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata Cara Shalat Tarawih 11 Rakaat di Rumah


Bulan Ramadhan adalah bulan penuh pengampunan. Bulan dimana umat muslim memperbanyak amal ibadah. Salah satu ibadah sunnah yang dilaksanakan di malam hari selama bulan Ramadhan adalah shalat tarawih. Shalat tarawih biasanya dilaksanakan secara berjamaah atau sendiri. Tetapi ditengah pandemi corona seperti saat ini, seluruh umat muslim di Indonesia dianjurkan untuk melaksanakan shalat tarawih di rumah masing masing. Shalat tarawih bisa dilaksanakan dengan 11 rakaat yang terdiri dari 8 rakaat shalat tarawih dan 3 rakaat shalat witir. Atau melaksanakan shalat tarawih dengan 23 rakaat yang terdiri dari 20 rakaat shalat tarawih dan 3 rakaat shalat witir. 

Adanya perbedaan jumlah rakaat tersebut tidak menjadi masalah karena keduanya memiliki dalil yang sama kuatnya. Sehingga kamu bisa memilih jumlah rakaat untuk shalat tarawih yang sesuai dengan kemampuan dan keyakinanmu. Tetapi saat kamu akan melaksanakan shalat tarawih dengan 11 rakaat, maka harus mengetahui tata caranya yang benar, supaya ibadah shalat tarawih yang dilaksanakan dapat berbuah menjadi amalan shalih.

Berikut dibawah ini tata cara shalat tarawih 11 rakaat yang benar diantaranya yaitu :
1.       Membaca Niat Shalat Tarawih
Saat kamu akan melaksanakan shalat tarawih sendiri di rumah, maka menjelang takbiratul ihram silahkan melafalkan bacaan niat dibawah ini :
“Ushallu sunnatat tarawihi ra’atayni mustaqbilal qiblati ada’an lillahi ta’ala.”
Artinya : “Aku niat shalat sunnah tarawih dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

Berikut dibawah ini tara cara shalat tarawih secara keseluruhan :
·         Mengucapkan niat shalat tarawih.
·         Membaca niat dalam hati saat takbiratul ihram.
·         Mengucapkan takbir saat takbiratul ihram sambil berniat didalam hati.
·         Membaca ta’awuz dan surat Al-Fatihah, lalu dilanjutkan dengan membaca salah satu surat didalam Al-Quran.
·         Rukuk.
·         I’tidal.
·         Sujud pertama.
·         Duduk diantara dua sujud.
·         Bangkit dari duduk untuk mengerjakan shalat rakaat kedua dengan gerakan yang sama seperti shalat rakaat pertama.
·         Mengucapkan salam pada rakaat kedua.
·         Mengucapkan istighfar dan membaca kamalin.

Ulangi terus tata cara shalat tarawih diatas hingga rakaat yang sudah ditentukan yaitu 8 rakaat. Setelah selesai melaksanakan shalat tarawih 8 rakaat, silahkan lanjutkan melaksanakan shalat witir 3 rakaat yang diikuti dengan 1 kali salam.
2.       Membaca Niat Shalat Witir
Dalam pelafalan niat shalat witir ini adanya perbedaan bacaan yang tergantung pada posisi seseorang, apakah bertindak sebagai imam atau makmum. Selain itu juga adanya perbedaan dalam pelafalan niat shalat witir yang tergantung kepada jumlah rakaat shalatnya. Untuk lebih jelasnya, berikut dibawah ini penjelasannya :
·         Niat Shalat Witir Satu Rakaat :
“Ushallii sunnatal-witri rok’atan mustaqbilal qiblati (makmuuman/imamaman) lillaahi ta’aalaa.”
Artinya : “Saya berniat mengerjakan shalat sunnah witir, satu rakaat dengan menghadap kiblat, (makmum/imam), karena Allah Ta’ala.”
·         Niat Shalat Witir Tiga Rakaat Sekaligus :
“Ushallii sunnatal-witri tsalasa’raka’atin mustaqbilal qiblati (makmuuman/imamaman) lillaahi ta’aalaa.”
Artinya : “Saya (berniat) mengerjakan shalat sunnah witir, tiga raka’at dengan menghadap kiblat, (makmum/imam), karena Allah Ta’ala”.

Bulan Ramdhan memang menjadi bulan yang paling istimewa diantara bulan bulan lainnya. Selain menjalankan ibadah puasa wajib, salah satu ibadah spesial lainnya di bulan Ramadhan adalah melaksanakan shalat tarawih. Karena saat seorang muslim melaksanakan shalat tarawih maka bisa mendapatkan pahala yang besar dan Allah SWT akan mengampuni segala dosa dosanya.

Selain itu dengan melaksanakan shalat tarawih bersama imam seperti shalat semalam penuh, karena shalat tarawih merupakan seutama utamanya shalat pada bulan Ramadhan.

Posting Komentar untuk "Tata Cara Shalat Tarawih 11 Rakaat di Rumah"

Berlangganan via Email