Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Pilihan Buku Harga Terjangkau untuk Bacaan Saat #DiRumahAja


Dari mulai bisa mengenal huruf dan kemudian bisa membaca, bagi saya membaca adalah sebuah kesenangan tersendiri. Bahkan bisa dikatakan saya haus dengan berbagai bahan bacaan. Tidak hanya buku pelajaran yang saya baca, tapi juga koran bekas hingga kertas bekas bungkus cabe.
Waktu itu 30 tahun lalu bahan bacaan adalah barang yang langka bagi saya dan bisa dikatakan untuk anak seusia saya yang baru duduk di kelas satu SD. Buku-buku bacaan penunjang sangat minim di sekolah. Perpustakaan sekolah hanya berisi buku-buku lama yang kemudian juga banyak yang rusak, halamannya hilang atau dimakan rayap.


Waktu itu memang sudah ada majalah anak, tapi bagi saya membeli majalah anak adalah sebuah kemewahan. Saya harus menabung dan menghemat uang jajan yang pas-pasan untuk bisa membeli majalah bekas. Ya majalah bekas. Apalagi majalah baru tentu saya harus lebih bisa berhemat.
Hanya anak orang berada yang bisa membeli majalah baru dan saya hanya bisa meminjam meski kadang harus diomelin atau tidak dikasi pinjam. Tapi saya tidak kehilangan akal, kadang saya menumpang membaca di tempat orang menjual majalah bekas sambil pura-pura memilih majalah bekas. Beli majalah yang untuk dibawa pulang hanya satu tapi majalah lain bisa dibaca sampai dua buah.
Haus akan bacaan terbayar ketika SMP karena waktu itu ada program bantuan buku oleh pemerintah pusat ke perpustakaan sekolah. Jadilah setiap hari saya selalu ke perpustakaan dan meminjam buku untuk dibawa pulang. Kadang sebelum seminggu sebelum batas waktu untuk mengembalikan buku saya sudah meminjam lagi buku baru. Begitulah hausnya saya dengan bacaan.
Buku koleksi pertama saya saya beli waktu bekerja. Saya seperti menuntaskan dendam masa lalu yang sulit untuk membeli majalah bekas sekalipun. Bisa dikatakan tiap tiga bulan saya selalu membeli buku baru. Sekali beli bisa 3-4 judul.
Membaca bagi saya adalah sebuah kebutuhan dan ada kebahagiaan tersendiri setelah membaca sebuah buku. Jadi intinya membaca itu sangat bermanfaat sekali, diantaranya adalah:
1. Menambah Wawasan dan Pengetahuan
Yang paling terasa manfaat membaca buku itu adalah menambah wawasan dan pengetahuan. Apalagi waktu dulu belum ada internet untuk mensearching hal-hal yang ingin diketahui. Semua dicari dan berasal dari informasi di dalam buku.
2. Melatih untuk Bisa Menulis Dengan Baik
Berawal dari hobi membaca jugalah saya mempunyai keinginan untuk bisa menulis. Berbekal dari hobi membaca sejak kecil saya bisa mendapatkan inspirasi ide-ide di dalam pikiran menjadi tulisan yang baik. Alhamdulillah sudah ada beberapa judul buku baik karangan saya sendiri maupun antologi bersama penulis lainnya.
3. Dapat Menambah Kosakata
Dengan beragam bahan bacaan yang saya baca selama ini membuat kosa juga bertambah. Hal ini membantu saya dalam menulis bahkan dalam berbicara dan berinteraksi dengan orang lain dengan percaya diri.
4. Mendorong Tujuan Hidup
Membaca memberikan saya motivasi dan inspirasi. Banyak hal positif yang saya rasakan dengan membaca salah satunya adalah saya bisa membuat perencanaan hidup dan mencapainya. Suatu ketika saya pernah berada di titik terendah dan merasa putus asa dengan kondisi kehidupan orang tua yang tak mampu menyekolahkan saya hingga ke perguruan tinggi, tapi saya bisa bangkit berbekal motivasi yang saya dapatkan dari buku.
5. Mengurangi Stress
Relaksasi atau menghilangkan stress tidak hanya dengan mendengarkan musik atau jalan-jalan. Tapi dengan membaca buku juga bisa membuat pikiran menjadi santai dan menekan stress lho.
Nah berkaitan dengan stress, kondisi pendemi corona saati ini sedikit banyak memicu stress. Sebab dengan pembatasan oleh pemerintah untuk beraktifitas di luar rumah membuat banyak orang harus berada di rumah.
Bayangin aja kita yang biasanya bebas beraktifitas kemana saja, sejak tiga bulan terakhir dilarang ke luar rumah kecuali untuk hal yang sangat penting. Bahkan untuk berdekatan pun dilarang. Semua demi memutus rantai penyebaran virus corona yang mematikan ini.
Saya percaya banyak yang mulai stress atau tak nyaman dengan kondisi sekarang. Hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Kita harus bisa mengelola stress dan mengatasinya. Salah satunya adalah membaca buku.
Nah bagaimana jika harus kesulitan juga untuk ke toko buku ? Gampang. Sekarang membeli buku tidak haru dalam bentuk fisik. Bisa dalam bentuk e-book yang bisa dibeli di google play karena beli aplikasi di google play lebih hemat .
Berikut sejumlah buku dengan harga terjangkau yang bisa kalian beli di google play untuk bahan bacaan saat #DiRumahAja akibat pendemi corona :
1. My Bride (Season 1)

Buku ini cuma seharga Rp 20 ribu di aplikasi play buku. Buku sebanyak 91 halaman ini menceritakan tentang Renata Ivanov, seorang gadis sombong keturunan indo-Rusia, yang menghabiskan sebagian hidupnya hanya untuk bersenang-senang. Ia menghambur-hamburkan uang Sang Ayah yang tak lain adalah pengusaha kaya raya dari Rusia.
Hidupnya berubah seratus delapan puluh derajat ketika ia mendapati kenyataan jika perusahaan ayahnya bangkrut. Renata tak dapat menerima kenyataan tersebut, ia tidak ingin jatuh menjadi orang miskin. Namun, ada satu jalan, agar ia tidak jatuh ke jurang kemiskinan, yaitu, menikah dengan Putera dari teman Ayahnya, Abinaya Syahreza. Lelaki tampan yang sama sekali bukan typenya.
2. Untolod Story Jack Ma, Pendiri Alibaba.com : No 1 Richest Billionaires In China

Buku sebanyak 141 halaman ini cuma seharga Rp 19.999. Buku ini menceritakan tentang sosok Jack Ma yang sukses dan telah membuktikan bahwa konsistensi, kerja keras dan ketekunan dalam belajar bisa membawanya mendirikan perusahaan bisnis berbasis online terbesar di Tiongkok Alibaba grup.Buku ini bisa menginspirasi Anda yang ingin belajar atau terjun dalam bisnis ecommerce dan mendapatkan filosofi timur dalam berbisnis.
3. Dahsyatnya Berperasaan Positif

Buku sebanyak 288 halaman ini cuma seharga 24 ribu lho. Buku ini ditulis oleh Dr. Elfiky yang melukiskan bagaimana perasaan berkembang, apa saja sumber-sumbernya dan bagaimana mengubah perasaan negatif menjadi keterampilan positif. Buku ini sarat dengan wawasan, kaya cerita menawan, disertai langkah mudah dan menyenangkan.
4. The Book Of Digital Marketing : Buku Pemasaran Digital

Buku setebal 210 halaman sangat murah karena cuma seharga 10 ribu . Buku ini juga disusun dengan bahasa yang mudah dicerna oleh siapapun pembacanya. Isi buku ini meliputi Strategi, Tips dan Trik serta Ilmu Dasar dari Dunia Digital Marketing. Sehingga pembaca diharapkan mendapat pemahaman, semangat dan materi yang bermanfaat untuk Optimasikan roda bisnisnya berorientasi Digital Marketing.
5. Kisah Hidup Abu Bakar AL-SHIDDIQ

Bagi Anda yang ingin mendalami tentang kisah sahabat nabi apalagi di bulan suci ramadhan ini, buku ini sangat cocok untuk dibaca. Dengan jumlah halaman sebanyak 314 cuma seharga 24 ribu lho. Lumayan hemat kan ?!  Buku ini menyuguhkan kepada pembaca hari-hari penting yang dilalui Abu bakar al-Shiddiq dalam kehidupannya. Buku ini juga menyajikan data-data historis yang paling sahih seraya tetap berpedoman pada konsep keadilan sahabat.
Itulah sejumlah buku-buku dengan harga terjangkau yang bisa Anda beli di google play buku dan bisa menjadi pengisi hari-hari saat di rumah saja. Masih banyak buku bagus lainnya dengan harga terjangkau.
Bagi yang penasaran silahkan langsung masuk ke aplikasi play store dan caranya amat simpel :
  1. Setelah membuka aplikasi play store, pilih menu “BUKU” di sudut kanan bawah 
  2. Pilihlah buku-buku yang diinginkan sesuai jenisnya, seperti sastra dan fiksi, best seller, novell romantic, komik dan hingga berdasarkan harga.
  3. Klik buku yang ingin dibeli dan pilih metode pembayarannya
  4. Kalau saya memilih metode pembayaran dengan GoPay karena kebetulan sudah terhubung.
Bagi Anda yang belum terhubung dan ingin melakukan transaksi dengan GoPay di Google Play dan menikmati promo fantasisnya, Anda harus mendaftarkan dulu nomor telepon yang terhubung dengan akun Gojek. 
Berikut caranya :
  • Masuk ke Google Play Store dan klik "Metode Pembayaran"


  • Pilih "Tambahkan GoPay"sebagai metode pembayaran
  • Klik "Lanjut"


  • Masukkan PIN GoPay. Pasang PIN GoPay jika belum terpasang
  • GoPay Anda sudah terpasang
    Gampang banget kan membeli buku di aplikasi play buku di google play? Ayo buruan beli bukunya dan isi waktu selama pendemi ini dengan bermanfaat dan meningkatkan kwalitas diri.
Selama bulan Ramadan, nikmati juga promo Google Play lainnya dengan mendapatkan cashback 70% untuk semua pengguna GoPay yang bisa didapat berkali-kali dari tanggal 23 April - 22 Mei 2020. Promo ini berlaku khusus saat sahur dan buka puasa dan ngabuburit.

Jadi bagi kamu yang ingi memanfaatkan promo Google Play Ramadan berupa cashback 70% untuk semua pengguna GoPay, ada syarat dan ketentuan yang diantaranya ini nih:
1. Skema promo berupa cashback 70 persen untuk sahur dan buka puasa
2. Limit kuota untuk sahur dan berbuka dengan limit transaksi 10.000 per hari dari total transaksi dengan GoPay di Google Play
3. Promo period mulai tangga 23 April - 22 Mei 2020 untuk sahur dan buka puasa.
4. Limit cashback sahur dan berbuka puasa berupa3x transaksi/periode.
5. Promo berlaku untuk menggunakan GoPay di Google Play saja.
6.Tanpa minimum transaksi.
7. Berlaku untuk metode pembayaran menggunakan GoPay saja.
dalam kalender).
Nah, akhir kata, selamat berburu buku bagus dengan harga terjangkau ya. 

12 komentar untuk "5 Pilihan Buku Harga Terjangkau untuk Bacaan Saat #DiRumahAja"

  1. Aku beli buku saat suah kerja. Dulu mah modal pinjam aja. Masa pandemi ini aku banyak nonton, ckckck. Padahal ada buku-buku yang belum ke baca. Habis ini kudu lebih semangat bacanya

    BalasHapus
  2. Wahhh jaman sudah canggih ya kak, membaca buku digital jauh lebih mudah dan murah karena sudah dibawa dalam satu paket bersama smartphone.
    Bisa diakses kapanpun dengan mudah sekali

    BalasHapus
  3. Beberapa kali saya beli buku di sini juga. Salah satu buku favorit saya judulnya Lapar karya Knut Hamsun. Buku jaduul, tapi pesan moralnya tetep sesuai dengan kondisi dari zaman ke zaman.

    BalasHapus
  4. wahhhh transaksi google play udah bisa pake gopay ya? asikkkk! pas banget baru nabung di gopay aku. ehehehe.... bacaan ebook aku masih banyak. tapi aku ga sanggup ternyata kalau baca digital. capek mata, dan gangguan lebih banyak. terakhir terakhir aku cuma beli buku puisi aja akhirnya

    BalasHapus
  5. Waahhh jadi ingat buku untold jack ma ada di rak dan belum tuntas kebaca ampe sekarang.. hihi.. baru tahu kalo ada promo gopay mba
    . Bisa banget ya dimanfaatkan untuk pesen banyak hal.. mesen buku? Hmm menarik!

    BalasHapus
  6. Kalau sudah hobi membaca, kayaknya setiap benda yang ada tulisannya ingin segera dibaca ya, Mbak. Ketemu potongan koran atau majalah, saya juga senang baca-baca tulisan yang tertera di sana hihihi
    Sekarang menyalurkan hobi membaca bisa lebih mudah lagi ya, tinggal beli di google play

    BalasHapus
  7. AKu juga kemarin baru isi Google Play karena penasaran sama bukunya Gitasav.
    Senangnya...
    Sekarang bisa baca buku dimana saja kapan saja.

    BalasHapus
  8. Kalau saya pribadi lebih suka buku dalam bentuk fisik, soalnya ga akan ke skip bacanya. Tapi referensi yang ada bikin saya kepingin coba baca buku secara online juga :(

    BalasHapus
  9. Wah memang masa sekarang enaknya baca buku yang masih jadi tumpukan, namum pengin juga beli buku baru, tapi kan harus dihemat ya kalau fisik kan mahal. Nah digital ini lebih ringkes dan harganya lebih murah ya, aku jg pernah beli d google play books hihi

    BalasHapus
  10. Wah solusi keren nih untuk bisa baca buku di masa pandemi. Apalagi pembayarannya jua ga pake ribet dgn gopay

    BalasHapus
  11. Wah, sekarang sudah bulan Juni, nih. Ada promo apalagi ya Mbak? Kayaknya menarik. Mumpung saldo GoPay masih lumayan untuk beli beberapa buku dan banyak juga buku yang menarik dan ingin saya beli.

    BalasHapus
  12. Betul banget, dengan membaca rasanya lebih rileks yaa.. apalagi pas sore sambil nyantai. GK usah khawatir lagi mesti keluar baca buku bisa secara online juga ternyata

    BalasHapus

Berlangganan via Email