Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Virus Corona dan Influenza Biasa


Virus corona saat ini menjadi momok bagi setiap orang dimanapun berada. Virus corona merupakan penyakit baru yang menjadi pandemik di banyak negara, salah satunya adalah terjadi di Indonesia. Virus ini membuat banyak orang takut karena mempunyai resiko besar dapat menyebabkan kematian. Apalagi karena gejala awal dari virus ini sama seperti pada penyakit umum lainnya yaitu mengalami demam dan batuk kering, sehingga hal tersebut membuat banyak orang menjadi lebih panik. Di tengah kondisi seperti ini tidak heran apabila mengalami influenza biasa juga akan menjadi parno dan menjadikannya sebagai alasan panik dan melakukan diagnosis diri sendiri mungkin terjangkiti corona.


Meskipun mempunyai ciri yang sama yaitu mengalami masalah saluran pernafasan seperti demam, batuk, dan juga pilek, akan tetapi untuk penyebab virus kedua penyakit tersebut berbeda. Sehingga hal tersebut membuat cara penanganan dan juga akibat yang ditimbulkan juga dapat berbeda. Seperti yang diketahui bahwa apabila penyakit influenza biasa dapat untuk diobati dengan pengobatan yang mudah dan juga mempunyai istirahat yang cukup sehingga dapat untuk lekas sembuh. Akan tetapi bagi yang mempunyai corona maka sebaiknya segera melakukan pemeriksaan yang bisa dilakukan dan juga pengobatan yang diperlukan.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, penyakit corona dan juga influenza mempunyai tanda yang mirip. Sehingga hal tersebut memang susah dibedakan pada tahap awalnya. Oleh karena itulah Anda perlu untuk melakukan berbagai pemeriksaan yang dapat dilakukan agar dapat mengetahui hasilnya dengan pasti. Karena akibat yang akan ditimbulkan kedua penyakit tersebut berbeda, yaitu untuk penyakit corona merupakan virus baru yang mempunyai efek hingga dapat menyebabkan kematian.

Pasien corona juga perlu untuk ditangani secara serius karena selain dapat menyerang sendiri juga bisa untuk menularkan kepada orang lain. Sehingga penting untuk melakukan isolasi diri bagi penderita corona agar tidak membuat orang lain tertular. Sedangkan untuk penderita influenza biasa tidak perlu sampai melakukan isolasi tetapi cukup menggunakan masker dan melakukan pengobatan.

Selain dua tanda tersebut, ada juga hal yang dapat diperhatikan bagi yang mempunyai tanda demam, sakit tenggorokan, dan batuk kering. Dimana bisa jadi hal tersebut bisa menjadi tanda dari corona apabila pernah melakukan atau termasuk dalam klasifikasi berikut ini:

  1. Pertama adalah bagi Anda yang memiliki riwayat perjalanan 14 hari ke negara transmisi lokal Covid-19. Sehingga hal ini membuat banyak orang dari daerah dan juga negara yang merupakan daerah terserang virus ini sebaiknya melakukan isolasi diri untuk mencegah penularan ke orang lain.
  2. Selanjutnya adalah karena pernah melakukan kontak dengan orang yang positif virus korona.
Dengan mengetahui gejala dan juga perbedaan akibat dari virus corona dan influenza, maka hal tersebut dapat untuk mengurangi kepanikan yang dapat dialami. Selain itu juga penting untuk melakukan pencegahan yang mudah dilakukan untuk dapat menghindari terserang corona yang dapat dilakukan dengan berbagai hal seperti berikut ini:

  • Membersihkan barang yang disentuh dan juga menjaga kebersihan lingkungan Anda.
  • Membersihkan tangan yaitu cuci tangan menggunakan sabun selama 20 detik untuk dapat membunuh kuman dan virus.
  • Tidak menyentuh wajah apabila tangan Anda masih kotor, sehingga bisa untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum bisa menyentuh bagian wajah.
  • Mengkonsumsi makanan bergizi dan juga melakukan olahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan. Hal tersebut dapat untuk meningkatkan imun yang dapat menjaga tubuh agar tetap sehat.
  • Menggunakan masker apabila keluar rumah dan kalau bisa lakukan isolasi diri dan hindari tempat yang ramai.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Virus Corona dan Influenza Biasa"

Berlangganan via Email