Pantai Tanjung Setumu : Tempat Menikmati Kesempurnaan Sunset di Tanjungpinang


 
Sunset di Pantai Tanjung Setumu, Dompak. Difoto dengan Samsung Note 3. Tentu makin keren jika difoto dengan kamera profesional

Pantai Tanjung Setumu, Dompak, Tanjungpinang, bagi banyak orang tentu masih asing. Ya, karena pantai ini memang baru dibuka sebagai tempat wisata sejak awal Januari 2020 lalu oleh Pokdarwis Dompak. Keistimewaan pantai ini adalah, Anda bisa menikmati sunset dengan sempurna.

Mencapai lokasi Pantai Tanjung Setumu sangat gampang. Jika Anda sudah pernah ke Pantai Tanjung Siambang, Dompak, nah itu sudah dekat. Patokannya adalah kantor Satpol PP Kepri. Jika untuk menuju Pantai Tanjung Siambang Anda harus lewat melalui samping kantor itu, tapi menuju Pantai Tanjung Setumu, Anda harus jalan terus hingga jalan aspal habis dan masuk ke pemukiman warga. Ada plang yang sudah dipasang oleh Pokdarwis Dompak juga sebagai penanda.

 
Plang penanda lokasi. pic by dedi igor
Ada jalan tanah yang lebar dan bisa dilalui mobil. Ikuti jalan tanah yang lebar itu menuju ujung hingga bertemu kembali dengan plang penanda kedua dengan jalan yang lebih lapang. Plang ini berlokasi di tengah – tengah jalan dan Anda ambil jalan sebelah kanan dan lurus ke ujung dan sekitar 100 meter sudah sampai di lokasi.


Lokasi pantai ini lebih luas,ada bagian yang berkarang dan ada yang berpasir. Sehingga pengunjung bisa main di pantai yang berpasir di kala air surut. Sedangkan di bagian yang berkarang atau berbatu pengunjung bisa mencari hewan laut atau berfoto dengan latar batu berlobang yang sempat viral beberapa waktu lalu.



Pengelola pantai ini sudah menyediakan pondok-pondok untuk bersantai, kamar mandi atau WC dan kafe untuk membeli makanan dan minuman dengan harga standar. Selain itu ada bingkai yang mana bisa menjadi tempat latar berfoto jika sunset sudah muncul di sore hari.

 
Dari lokasi pantai ini pengunjung juga bisa berfoto dengan latar pantai, batu karang dan view jembatan dompak dan Kota Tanjungpinang karena lokasinya memang berada di ujung Pulau Dompak. 


Sebaiknya jika ke lokasi ini sore hari, sehingga tidak terlalu panas dan tidak terlalu lama menunggu sunset. Tapi jika Anda ingin menikmati dan bermain di pantai bisa sejak pagi namun sebaiknya membawa topi, tikar, tenda kecil,  makanan dan minuman yang cukup. Serta yang paling penting menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. 
batu belubang. pic by awang

Dua pekan lalu saya berkunjung ke pantai ini, lumayan banyak pengunjungnya. Ada yang berkarang, bermain di pantai, santai di pondok-pondok, ada yang menikmati makanan di kafe serta ada yang sekedar hunting foto.


Saat yang ditunggu-tunggu adalah kemunculan sunset yang memberikan sensasi tersendiri. Jika selama ini saya menikmati sunset di Pantai Tanjung Siambang dengan tampilan yang saya kira sudah paling indah, ternyata di Pantai Tanjung Setumu jauhlebih indah dan bisa dikatakan sempurna !

Bagi penggemar fotografi yang suka berburu sunset, pantai ini adalah surganya ! Karena mata benar-benar dimanjakan dengan matahari yang perlahan tenggelam dengan menyemburatkan sinar jingga kemerahan.


Bagi saya pribadi pantai ini sangat potensial sebagai destinasi wisata pantai di Kota Tanjungpinang jika dibenahi dan dikelola dengan baik. Sebab dari hasil ngobrol dengan pengelola kafe yang juga pengurus Pokdarwis Dompak (maaf lupa nanya namanya ) pantai dan lahan di sana dikuasai pemerintah. Artinya pantai ini tidak mengalami kendala jika harus dikembangkan tanpa harus terhalang izin dari pemilik lahan.


Hal yang harus dibenahi atau dilengkapi di Pantai Tanjung Setumu antara lain :
1.       Menambah fasilitas pondok pondok untuk bersantai.
2.       Membangun mushala atau pondok khusus untuk sholat
3.       Menambah kamar kecil dan kamar bilas
4.       Menyediakan tong tong sampah di sejumlah tempat atau sudut
5.       Membangun spot-spot foto yang instagramable dengan tetap memperhatikan kelestarian alam dan lingkungan
6.       Menyediakan petugas khusus atau bisa diambil dari pokdarwis untuk memantau pengunjung
7.       Membuat papan informasi di sejumlah tempat jika sekiranya ada yang harus diwaspadai oleh pengunjung


Semoga pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta didukung oleh DPRD Kota Tanjungpinang bisa memberikan perhatian dan menganggarkan dana untuk pengembangan pantai ini. Sehingga bisa bertambah satu lagi destinasi wisata bagi warga Tanjungpinang.



Komentar

  1. Wah Pantai nya memukau dan mampu menghipnotis pengunjung nih

    BalasHapus
  2. Waaah kedompak aja saya belum sampai ni kak...udah ada aja pantai pantai yang baru dibuka...baiklah akan masuk dalam list kalo ke tanjungpinang coba blusukan juga kesana :)

    BalasHapus
  3. Aku salah datu penyuka sunset, cakep banget sunset disana ya uni. Semoga aja jalan tanahnya segera di aspal supaya gak becek kalo musim hujan

    BalasHapus
  4. Kalau sudah ngomongin pantai dan sunset aku paling ngga tahan kak. Jiwa liburan yang berusaha kupenjara langsung berontak dan ingin keluar. Apalagi kalau sunsetnya seindah itu.... duhhh sedep abnget kalau selonjoran disana

    BalasHapus
  5. Wah baru dibukaa, masih indah bgt ini semoga selalu terjaga kebersihannya ya. Betul masih ada perlu penambahan2, semoga makin baik dikelolanya. Anyway sunsetnya bagus bingiiit

    BalasHapus
  6. Sunset di tepi pantai tuh emang ya gak pernah salaaaah.. selalu bikin takjub, mau juga dong kapan-kapan bisa main ke sana apalagi sekalihus menikmati sunset begini

    BalasHapus
  7. Bisa dapat banyak stok foto kece ya kalau jalan-jalan dan liburan ke sini Kak.

    Jadi kepingin traveling juga deh, apalagi pemandangan di sana indah seperti ini

    BalasHapus
  8. Lucu ya disediain bingkai-bingkai gitu, jadi pas sunset bisa panen foto buat instagram hehe. Kalau kepantai jangan lupa minum air kelapa mba

    BalasHapus
  9. Foto di batu belubang nya cakep sekali mbak. Aamiin semoga fasilitas pantai diperbanyak ya jadi semakin nyaman

    BalasHapus
  10. Pantainya cakep banget ya. Kebetulan adik ipar ada yang tinggal di Tanjung Pinang, bisa nih masuk bucket list untuk dikunjungi saat nanti berkunjung ke sana.

    BalasHapus
  11. Pantainya unik sekali
    Ada batu berlubang yang istimewa
    Sunsetnya juga cantik, sebagai pecinta senja, hatiku hangat melihatnya

    BalasHapus
  12. Dari dulu saya suka banget sama yang namanya senja, makanya kalau ada tempat yang bisa menikmati senja dengan bebas pasti saya incar. Apalagi tempatnya kayak di pantai Tanjung setumu ini, view senjanya indah sekali Mbak.

    BalasHapus
  13. Uni bikin mupeng duh
    kapan ya saya bisa main ke Tanjung Setumu moga kapan2 amin
    indah banget

    BalasHapus
  14. Kalau bahas Tanjungpinang itu jadi inget 4 tahun yang lalu, ngerjain proyek untuk di sana.

    Sunset nya indah banget ya, buat fotografer pecinta Sunset ini pasti surga. Semoga ke depannya tempat ini bisa dikelola dengan lebih baik lagi.

    BalasHapus
  15. Aku belum oernah ke Dompak. Paling jauh mainku ya ke Trikora. Katanya sih asik di sini piknik sambil bakar-bakaran.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung
Silahkan berkomentar dan jika ada pertanyaan yang perlu jawaban cepat silahkan WA ke 08126102123
Mohon maaf komentar dimoderasi