Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengurangi Nyeri Bulanan


Setiap wanita normal tentu pernah mengalami haid. Namun ternyata siklus bulanan tersebut tidak serta merta lancar. Tidak jarang yang mengalami nyeri berlebihan karena tamu bulanan itu. Biasanya rasa nyeri haid hari pertama akan terasa jauh lebih menyiksa.

Bagi kamu seorang wanita yang sering mengalami hal tersebut, berikut tips mengurangi nyeri bulanan.


Penyebab Nyeri Haid
Dysmenorhea atau yang lebih familiar dengan sebutan nyeri haid adalah keluhan yang umum terjadi pada setiap wanita. Keluhan ini biasanya akan begitu terasa pada hari awal haid. Nyeri tersebut biasanya terasa pada bagian perut bawah.

Penyebab nyeri haid ialah kontraksi yang terjadi pada dinding rahim dan menyebabkan adanya tekanan pada pembuluh darah di sekitarnya. Tekanan tersebut memicu kurangnya pasokan oksigen ke rahim sehingga menjadikan rasa nyeri yang tidak tertahankan pada bagian perut bawah.

Nyeri haid yang normal biasanya hanya berlangsung selama 2 hingga 3 hari saja. Biasanya, selain nyeri Kamu juga bisa mengalami keluhan lain seperti punggung terasa pegal, diare, mual, sering buang air kecil hingga nyeri kepala.

Keluhan-keluhan yang timbul akibat haid tersebut tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-harimu. Oleh karena itu, Kamu perlu tahu tips apa saja yang bisa mengurangi nyeri haidmu demi menjalankan aktivitas normalmu.

Tips Mengurangi Nyeri Haid
1.     Lakukan olahraga ringan
Kamu bisa menerapkan tips olahraga ringan demi mengurangi rasa nyeri yang timbul akibat haid. Kamu bisa berjalan-jalan dan bersepeda dengan tingkatan yang rendah. Tips ini sangat cocok bagimu yang senantiasa aktif dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

2.     Hindari makanan dan minuman tertentu
Terdapat beberapa makanan dan minuman yang harus Kamu hindari ketika sedang menerima tamu bulanan. Sebaiknya Kamu menghindari konsumsi makanan seperti makanan yang mengandung lemak, makanan asin, alkohol, kopi dan soda. Kamu juga dianjurkan untuk tidak mengonsumsi susu terlebih dahulu selama haid.

3.     Hindari penggunaan celana ketat
Terakhir, Kamu bisa menghindari penggunaan celana yang ketat. Celana yang ketat khususnya jeans dapat membuat perutmu tertekan. Hal ini tentu saja dapat memperburuk nyeri yang ditimbulkan dari siklus bulananmu. Alih-alih demikian, sebaiknya Kamu menggunakan pad terapi hangat seperti Ifree Indonesia. Pad ini terkenal manjur untuk meredakan nyeri haidmu. 

Posting Komentar untuk "Tips Mengurangi Nyeri Bulanan"

Berlangganan via Email