Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Asupan Sehat untuk Ibu Hamil di Trimester Pertama




Hamil adalah masa yang sangat ditunggu oleh kaum wanita yang sudah menikah. Terutama untuk pasangan yang baru menikah, kehamilan adalah moment yang paling spesial. Sehingga bagi seorang wanita yang baru menikah, kehamilan pertama sangat mendapatkan perhatian baik dari dirinya maupun keluarga serta orang terdekat. 


Nah, jika Anda adalah seorang wanita yang baru mengalami hamil, yang sangat diperhatikan adalah kesehatan. Apakah kehamilan Anda saat ini sehat-sehat saja? Jika mulai terasa mual dan selera makan menurun, itu hal yang biasa dialami oleh setiap ibu hamil. Jadi, Anda tidak perlu cemas, ya! Meskipun demikian, bukan berarti Anda tidak memperhatikan asupan nutrisi dan multivitamin yang dibutuhkan ibu hamil. Anda harus tetap bisa makan, karena janin sangat membutuhkan asupan nutrisi dan gizi baik untuk masa pertumbuhannya. 


Berikut ini daftar makanan sehat bernutrisi terbaik untuk ibu hamil, Anda boleh mengkonsumsinya sekarang juga:

1.      Kacang-kacangan

Untuk masa kehamilan yang masih muda, ibu hamil perlu tambahan protein sebanyak 60 gram per hari. Untuk itu, protein yang bisa ibu temukan dalam jumlah yang cukup besar, yaitu terdapat pada jenis kacang-kacangan. Utamakan ibu mengkonsumsi kacang kulit yang warnanya coklat yang mengandung zat besi. Sebaiknya pula mengkonsumsi kacang-kacangan tidak digoreng terlebih dahulu, yaitu untuk menghindari kadar lemak jahat da kalori yang terlalu tinggi.

Apabila merasa bosan dengan kacang-kacangan setiap hari, ibu bisa menggantinya dengan produk susu, seperti susu murni dan yogurt.

2.      Bayam

Nutrisi dan multivitamin sangat diperlukan ibu hamil. Sejak awal kehamilan pun ibu harus benar-benar memperhatikan asupan penting berupa nutrisi karena sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin. Salah satu yang harus ibu berikan pada janin adalah kandungan asam folat untuk mengurangi resiko cacat lahir. Perlu juga ibu mendukung pertumbuhan janin dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, yaitu terdapat pada bayam.

Bayam dikonsumsi oleh ibu hamil bisa dengan berbagai olahan, asalkan tidak dengan ditumis sampai benar-benar matang. Sebaiknya dibuatkan sayur bayam bening.

3.      Asparagus

Di dalam sayuran ini terdapat kandungan Vitamin D yang sangat baik untuk ibu yang sedang mengandung. Di dalam asparagus sendiri terdapat kandungan Asam folat yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Selama masa kehamilan pun sistem pencernaan harus benar-benar sehat. Salah satu cara untuk menyehatkan saluran cerna, yaitu rutin mengkonsumsi sayuran yang satu ini.


Selain beberapa jenis makanan di atas, Anda juga perlu memaksimalkan asupan Omega-3 dari jenis ikan yang terdapat nutrisi DHA dan EPA. Pentingnya DHA untuk ibu hamil dan janin haruslah diprioritaskan agar bayi dapat lahir dengan normal.

Posting Komentar untuk "7 Asupan Sehat untuk Ibu Hamil di Trimester Pertama"

Berlangganan via Email