Kredit Mobil Bekas? Apakah Worthy?



Tertarik untuk melakukan kredit mobil bekas? Yuk, cari tahu apakah kredit mobil bekas cukup worthy atau tidak. 

Harga yang cukup mahal menjadi salah satu alasan sulitnya membeli mobil. Namun, hal ini bisa disiasati dengan membeli mobil bekas. Kalaupun masih sulit untuk membeli mobil bekas secara tunai, kredit mobil bekas juga bisa dilakukan. Pertanyaannya adalah apakah membeli mobil bekas secara kredit cukup worthy? Yuk, disimak penjelasannya.

1.       Harga Lebih Murah

Harga yang cukup murah menjadi salah satu pertimbangan untuk membeli mobil bekas secara kredit. Mobil bekas cenderung mengalami penyusutan nilai barang setelah digunakan. Jadi, ketika dijual kembali, harganya mengalami penurunan sekitar 15% hingga 25% per tahun sejak awal pembelian.

2.       Proses Pengajuan Kredit Lebih Cepat

Keuntungan membeli mobil bekas secara kredit adalah proses pengajuan kredit yang mudah dan cepat. Bahkan banyak perusahaan leasing dan program perbankan mengadakan kredit mobil bekas. Saat kamu mengajukan kredit untuk mobil bekas, kamu akan mendapatkan tingkat bunga yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan membeli mobil baru secara kredit. Tingkat bunga yang rendah akan membantumu membayar cicilan sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

3.       Angsuran Lebih Terjangkau

Selain pengajuan kredit yang lebih cepat, kamu bisa mendapatkan mobil bekas dengan uang muka atau down payment (DP) lebih murah dan angsuran yang terjangkau. Kamu tidak perlu takut untuk merasa terbebani dengan kesulitan membayar cicilan. Kamu hanya perlu mencari perusahaan leasing yang bisa memberikan kemudahan mulai dari jangka waktu, suku bunga, hingga jaminan komponen mesin.
Selain mengetahui kelebihan saat membeli mobil bekas secara kredit, kamu juga harus mempertimbangkan kerugiannya.

1.       Performa yang Kurang Prima

Performa mobil bekas biasanya kurang prima jika dibandingkan dengan mobil baru. Oleh karena itu, pastikan dulu untuk melihat kondisi mesin dan interior. Lakukan juga test drive terhadap mobil untuk mengetahui performa dan kemampuan mesin. Jangan sampai kamu menghabiskan uang untuk memperbaiki kerusakan mobil.

2.       Harga Jual yang Cukup Rendah

Hal yang patut dipertimbangkan saat membeli mobil bekas adalah harga jual yang cukup rendah. Harga mobil dari tahun ke tahun akan mengalami penurunan karena fitur dan model mengalami perkembangan dan pembaruan. Akibatnya, harga jual untuk mobil bekas akan mengalami penurunan yang sangat signifikan.

3.       Pengeluaran Operasional yang Bertambah

Saat kamu memutuskan membeli mobil bekas secara kredit, kamu harus siap dengan biaya tambahan. Mobil bekas biasanya membutuhkan perawatan yang lebih ekstra karena performa mesin yang kurang atau interior yang tidak baru lagi. Semua bisa dihindari jika kamu teliti dan tahu cara memilih mobil bekas yang baik.

Bagaimana? Apakah masih mempertimbangkan untuk membeli kredit mobil bekas atau tidak? Asal kamu tahu cara memilih mobil bekas yang baik, kamu bisa menjadikan mobil ini sebagai sumber investasi. Berinvestasi juga bisa kamu lakukan di qazwa.id, salah satu platform investasi syariah yang terdaftar di OJK sehingga tidak perlu diragukan lagi keamanannya.

Komentar