Rencana Liburan Naik Kereta Api ke Semarang

Lawang Sewu. Pic by Pixabay


Hidup adalah perencanaan ya. Begitulah prinsip saya. Jadi dalam hidup saya selalu ada perencanaan. Urusan terealisasi itu urusan kedua, yang penting bagi saya adalah merencanakan, merancang dan mempersiapkan segala sesuatunya. Salah satu yang sering saya rencanakan adalah liburan. Ada waktu luang atau bisa nyempil usai dinas luar, saya akan membuat rencana liburan.

Bulan November mendatang saya akan dinas ke Jakarta. Rencana acara selesai tanggal 11 November dan saya akan memanfaatkan sisa waktu tiga untuk liburan ke Semarang. Mengapa saya pilih Semarang ? karena saya belum pernah ke kota ini hehehe. Jadi penasaran saja untuk mengunjungi sejumlah destinasi wisata yang sering saya lihat fotonya di laman media sosial.

Mengingat waktu tiga hari yang menurut saya sangat pas-pasan untuk pulang pergi Jakarta-Semarang, saya harus memilih transportasi yang cepat, harga terjangkau dan yang paling penting adalah nyaman. Nah pilihan saya jatuh pada kereta api eksekutif.

Perencanaan pertama tentu harus mencari tiket kereta api. Biar gampang mendapatkan info tentang jadwal  kereta api dan harga tiket kereta api saya yang lebih suka hal praktis, memilih mendapatkan info tersebut dengan cara memesan di aplikasi pemesan tiket kereta api online.

Saya memilih mencarinya di aplikasi Pegipegi yang ternyata sudah versi terbaru dan makin simple. Kenapa sih saya memilih di Pegipegi ? ini jawabannya : 
      1. Rute Lengkap untuk Semua Jenis Kelas
Jadi kita dapat membeli tiket kereta api mulai dari 3 jam hingga 90 hari sebelum tanggal keberangkatan untuk semua jurusan dan kelas. 
2. Transaksi Mudah & Bebas Antre
Navigasi yang mudah membuat kita dapat secara bebas menentukan jadwal perjalanan dan memilih kursi yang diinginkan.
3. Dilengkapi Berbagai Pilihan Pembayaran
Didukung berbagai metode pembayaran, mulai dari ATM Transfer, Kartu Kredit, hingga Internet Banking.
4. Sistem yang Terpercaya
Telah terverifikasi oleh SSL yang menjamin privasi dan keamanan transaksi online.

Jadi di aplikasi Pegipegi saya tinggal mengklik fitur Kereta Api, mencari stasiun asal dan tujuan. Kemudian mengisi tanggal keberangkatan dan kepulangan serta memilih jenis penumpang dewasa. Nah saya memilih keberangkatan pagi  pada tanggal 12 November 2019 pukul 07.00 wib dari Stasiun Gambir ke Stasiun Semarang Tawang. Perjalanan selama enam jam kan lumayan untuk tidur siang untuk mempersiapkan energi untuk langsung jalan-jalan sesampai di Semarang atau sekitar pukul 13.00 wib.

Sedangkan untuk kepulangan pada tanggal 14 November 2019 saya mengambil waktu malam pukul 22.30 wib dari Stasiun Semarang Tawang dan sampai di Stasiun Gambir sekitar pukul 04.50 wib. Jadi dari Gambir bisa langsung ke Bandara Soekarno Hatta untuk naik pesawat penerbangan pertama pukul  pagi.

Gampangnya lagi, beli tiket kereta api di Pegipegi ini kita bisa langsung memilih tempat duduk sesuai keinginan. Jadi saya yang suka dekat jendela langsung memilih tempat duduk paling depan dan dekat jendela.

Setelah mengisi data tinggal lakukan pembayaran yang sangat banyak pilihannya, seperti transfer bank, ATM, virtual account, internet banking hingga bayar di minimarket.

Pasti penasaran kan mau kemana aja saya di Semarang nanti ? Yap, saya memilih destinasi wisata yang dekat dengan Stasiun Semarang Tawang. Ternyata lumayan banyak juga ya dan saya kira cukuplah waktu tiga hari untuk mengunjungi semuanya. Berikut tempat-tempat yang akan saya kunjungi  :
Kampung Pelangi. Pic by Pixabay

1. Gedung Lawang Sewu
2. Kota Lama Semarang
3. Simpang Lima
4. Pasar Semawis
5. Brown Canyon
6. Masjid Raya Baiturrahman
7. Kantor Pos Lama Semarang
8. Old City 3D Trick Art Museum
9. Kampung Pelangi Semarang
10. Taman Parang Kusumo
11. Tugu Muda
12. Taman Srigunting
13. Dusun Semilir
14. Pagoda Avalokitesvara

Lumayan banyak juga ya, semoga segala rencana ini berjalan lancar. Kamu mau merencanakan liburan kemana juga ? sharing yuk !

Komentar