Inilah Katalog Warna Cat Rumah dan Karakteristiknya


Rumah yang indah adalah idaman setiap orang. Karena keindahan itu bisa memberikan kebahagiaan bagi anggota keluarga yang tinggal di dalamnya.Nah, ternyata ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap keindahan rumah, diantaranya pemilihan warna dinding yang tepat, penataan furniture dalam ruangan, dan sebagainya. Pemilihan warna dinding menjadi aspek paling utama yang harus diperhatikan saat Anda mendekor rumah, karena warna cat ibarat “wajah” dari rumah Anda. Untuk memilih dan menentukan warna yang paling sesuai untuk cat rumah, Anda bisa menggunakan katalog warna sebagai referensi.


Katalog Warna untuk Cat Rumah dan Karakteristiknya
Warna rumah menciptakan nuansa dalam ruangan, serta bisa juga mempengaruhi suasana hati penghuni rumah. Oleh karena itu, sebelum Anda menentukan akan mengecat dinding rumah dengan warna apa, perhatikan karakteristik yang dimiliki masing-masing warna. Hal ini tentunya agar bangunan rumah Anda tidak hanya cantik dari tampilan luar, namun juga memiliki filosofi yang indah di baliknya. Berikut katalog warna beserta karateristiknya untuk tampilan rumah yang cantik dan menarik.

1.      Warna Primer
Pengelompokan katalog warna dikategorikan berdasarkan warna primer, sekunder, dan tersier. Warna primer merupakan warna dasar yang terdiri dari warna merah, kuning, dan biru. Ketiga warna ini sering disebut juga sebagai warna tua. Merah identik dengan karakter berani, agresif, dan bersemangat. Warna merah sebagai warna dinding memberikan kesan mewah pada ruangan. Sementara warna kuning yang lebih cerah sering diidentikkan dengan karakter ceria, membangkitkan semangat, dan kebahagiaan. Jika Anda menginginkan suasana ruangan yang cerah bisa memilih warna kuning. Adapun warna biru cenderung lebih lembut daripada merah dan kuning. Warna ini bisa membawa nuansa teduh dan tenang pada ruangan.

2.      Warna Sekunder
Warna sekunder terbentuk dari perpaduan antara dua warna primer yang menghasilkan berbagai varian warna baru, misalnya warna ungu dihasilkan dari kombinasi warna biru dan merah, warna hijau dihasilkan dari kombinasi warna biru dan kuning, dan lain-lain. Jika warna primer lebih terasa tegas, warna sekunder sedikit terasa lebih soft. Ada banyak pilihan warna sekunder dengan karakteristik masing-masing, seperti warna ungu yang memberikan kesan feminin, anggun, dan antik. Ada juga warna hijau dengan aura segarnya yang akan memberikan nuansa sejuk dan menggambarkan karakter remaja. Warna sekunder memberikan lebih banyak pilihan untuk dikombinasikan. Percampuran warna primer yang tak terbatas akan menghasilkan varian warna dengan jumlah tak terhingga.

3.      Warna Tersier
Warna tersier merupakan hasil dari perpaduan warna primer dengan warna sekunder. Beberapa warna tersier yang sering dikombinasikan untuk cat dinding rumah, di antaranya merah-violet yang merupakan campuran dari warna merah dengan violet, warna turquoise atau aqua terbentuk dari perpaduan hijau dengan biru, dan masih banyak lagi varian lainnya. Dalam diagram katalog warna, pencampuran warna tersier dilakukan pada warna yang jaraknya jauh agar kontras. Sebagian besar cat yang dipilih oleh orang-orang untuk menghias rumah berasal dari warna tersier. Hal ini karena warnanya tersedia bermacam-macam dan memiliki tampilan yang lebih soft daripada warna primer atau sekunder. Kebanyakan warna-warna tersier memberikan nuansa yang eksotis dan elegan untuk memperindah interior rumah Anda.

Itulah katalog warna beserta karakteristiknya yang bisa Anda jadikan referensi untuk membuat hunian Anda lebih cantik. Jika Anda ingin memperindah tampilan rumah pastikan menggunakan cat yang didesain khusus menghasilkan warna tajam dan lugas. Asian Paints menyediakan beragam pilihan warna dengan beragam gradasi yang siap memberikan Anda tampilan rumah menawan dalam jangka waktu panjang.

Komentar