Cara Mencuci Sepatu Menggunakan Mesin Cuci


Cara mencuci sepatu

Ada yang tidak memiliki sepatu ? tak mungkin ya. Karena bisa dikatakan setiap orang pasti memiliki dan pernah memiliki sepatu. Yap, sepatu merupakan salah satu barang yang hampir semua orang memilikinya. Meski merek dan jenis sepatu yang dimiliki setiap orang memang berbeda-beda. Terlalu sering dipakai juga akan mengakibatkan sepatu menjadi kotor. Nah jika sudah begini, tentunya tugas kamu ialah mencuci sepatu yang kamu miliki agar dapat digunakan kembali.

Khususnya bagi sepatu olahraga biasanya akan terlihat lebih kotor dibandingkan sepatu biasa untuk pergi ke kantor atau ke sekolah. Hal ini tentunya disebabkan oleh kondisi serta aktivitas ketika olahraga yang cenderung aktif dan berada di lapangan terbuka. Cara merawat sepatu olahraga juga menjadi dua kali lipat dari sepatu biasa pada umumnya.


Cara mencuci sepatu olahraga memang sedikit berbeda. Hal ini dikarenakan aktivitas yang cenderung membuat kamu harus aktif membuat sepatu olahraga kamu menjadi cepat lembab dan bau akibat dari kaki yang berkeringat ketika olahraga. Disarankan agar kamu menjemur atau mengangin-anginkan sepatu olahraga milikmu dan mencucinya apabila nyatanya sudah kotor.

Beberapa sepatu dapat dicuci dengan menggunakan mesin cuci. Sebelum mencuci sepatu sebaiknya kamu membaca label perawatan yang disarankan untuk sepatu kamu. Cara mencuci sepatu running biasanya sama dengan mencuci sepatu futsal jika bahannya ternyata sama-sama kain. Mencucinya juga terbilang mudah karena hanya memerlukan detergen yang berkualitas juga dengan sikat yang memiliki bulu lembut. Jika sepatu kamu memiliki label perawatan dicuci menggunakan mesin cuci maka jangan ragu. Berikut beberapa cara mencucinya:

Melepas Semua Bagian Sepatu
Cara mencuci sepatu yang pertama jika menggunakan mesin cuci ialah dengan melepas tali sepatu sekaligus sol dalam sepatu. Jangan lupa untuk menarik lidah sepatu untuk membuatnya keluar. Lakukan dengan cara yang baik dan pelan-pelan.

Membersihkan Terlebih Dahulu
Ketika kamu akan memasukkan sepatu ke dalam mesin cuci hendaknya kamu membersihkan kotoran yang menempel pada sepatu seperti lumpur kering misalnya atau apapun yang menempel pada sepatu. Hal ini dilakukan agar hasilnya dapat terlihat maksimal ketika sepati keluar dari mesin cuci.

Gunakan Kantung Mesin Cuci
Cara mencuci sepatu yang selanjutnya ialah memanfaatkan kantung mesin cuci ataupun jaring mesin cuci untuk memasukkan bagian utama atau bagian-bagian dari sepatu yang sudah dilepas. Jika tidak ada kamu dapat menggunakan sarung bantal sebagai gantinya. Hal ini begitu dianjurkan.

Masukkan Sepatu ke Dalam Mesin Cuci
Mencuci sepati berbahan kanvas ada baiknya jika dicampurkan dengan cucian lain yang memiliki tekstur yang tangguh seperti keset berbahan haduk, jeans juga cucian lain. Hal ini tentunya dilakukan agar sepatu terhindar dari benturan dengan mesin cuci. Selanjutnya kamu dapat memasukkan detergen pilihan kamu dan memastikan kondisi air yang dingin serta lama pemutaran mesin yang tidak terlalu lama (singkat) untuk menghindari sepatu terlalu lama terendam air.

Menjemur Sepatu
Nah bagian terakhir yang harus kamu lakukan dalam tahap cara mencuci sepatu ialah dengan menjemurnya. Menjemur sepatu ini cukup dengan menyangkutkan sepatu ke atas tiang dalam kondisi air dengan mudah jatuh. Setelah tiris, balik sepatu dan pindahkan ke permukaan yang datar. Alternatif untuk membuat sepatu kamu benar-benar kering ialah memasukkan gumpalan koran ke dalam sepatu guna menyerap air yang masih tersisa.

Demikianlah artikel singkat mengenai cara menyuci sepatu yang perlu kamu ketahui jika menggunakan mesin cuci. Jangan sampai salah dan berakibat fatal ya! Nah setelah kering kamu dapat memasang bagian-bagian dari sepatu kamu kembali. Tentunya setelah ini kamu dapat menggunakan sepatumu lagi untuk beraktivitas. Selamat mencoba dan semoga artikel ini memiliki manfaat!

Komentar

  1. Hmm, seumur2 saya belum pernah nyoba nyuci sepatu di mesin cuci, paling dicuci biasa aja. Boleh juga nih dicoba tipsnya :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung
Silahkan berkomentar dan jika ada pertanyaan yang perlu jawaban cepat silahkan WA ke 08126102123
Mohon maaf komentar dimoderasi