Alasan Penting Memiliki Asuransi Agar Hidup Lebih Baik


Hidup tenang dan nyaman jika biaya pendidikan anak sudah disiapkan sejak dini
Sering mendengar istilah sedia payung sebelum hujan ?  Yap, dengan selalu siap, kita bisa menghindari berbagai permasalahan yang akan terjadi di masa yang akan datang. Demikian juga dengan melakukan proteksi bagi diri sendiri maupun keluarga, melakukan persiapan perlindungan dari awal adalah langkah yang paling terbaik. Adanya perlindungan akan menjamin kehidupan diri dan keluarga yang lebih baik lagi.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa melindungi diri dan keluarga dari berbagai risiko yang akan datang? Jawabannya adalah melindungi diri dengan memiliki asuransi. Tidak banyak orang yang menyadari betapa pentingnya asuransi ketika sebuah musibah datang melanda. Kita hanya fokus pada besaran iuran premi yang terlalu besar, tidak butuh, atau merasa tidak akan terjadi apa-apa. Padahal musibah bisa datang kapan saja dan di mana saja. 

Asuransi sendiri merupakan sebuah sistem pengalihan risiko dari tertanggung terhadap pihak yang dipertanggungkan. Ada jaminan keamanan bagi mereka yang ikut serta dalam asuransi. Istilahnya kita akan selalu aman ketika hidup terus berjalan, walau tidak tahu risiko apa yang melanda. Oleh karena itu berikut ini adalah alasan yang memiliki asuransi agar hidup lebih baik:
  1. Memastikan kondisi finansial yang aman di masa depan
Hampir semua orang membutuhkan uang sebagai alat tukar untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kita biasanya sudah menyiapkan rencana finansial mulai dari menabung, investasi, dan persiapan dana darurat. Akan tetapi, musibah yang tiba-tiba muncul tidak akan diketahui berapa jumlah dana yang harus kita keluarkan.
Misalnya, ada ancaman kesehatan yang membuat kita sebagai kepala keluarga tidak bisa produktif untuk bekerja. Lalu siapa yang akan membiayai hidup anak dan pasangan kita, sementara uang sudah habis untuk pengobatan. Di sinilah peranan asuransi dalam melakukan proteksi keuangan kita. Masalah tersebut bisa kita atasi dengan mengajukan klaim pada perusahaan asuransi, sehingga keuangan kita tetap aman dan stabil.
  1. Kualitas hidup diri sendiri dan keluarga tetap terjaga
Bagi seorang kepala keluarga, maka menjamin kualitas hidup anggota keluarganya adalah sebuah keharusan. Lalu bagaimana jika sang kepala keluarga tidak bisa bekerja lagi, atau bahkan mengalami kematian? Tentu anak serta istri akan hidup terlunta-lunta dan tanpa arah. Menjamin kualitas hidup agar anggota keluarga tetap memiliki keuangan yang aman bisa dilakukan dengan memiliki asuransi. Suatu ketika musibah terjadi, kita tidak memerlukan biaya besar untuk melakukan pengobatan. Dana tersebut bisa kita alihkan untuk kepentingan lain, misalnya meraih pendidikan yang lebih tinggi lagi.
  1. Kita pasti akan menua seiring berjalannya waktu
Umur siapa yang tahu akan berakhir, namun menjadi tua adalah sebuah kepastian. Ketika kita menjadi tidak produktif, mengandalkan passive income saja tentu tidak cukup. Oleh karena itu pada saat memasuki usia tua dan tidak memiliki kemampuan untuk bekerja kembali, kita bisa memenuhi kebutuhan hidup dengan menggunakan premi asuransi yang telah kita iurkan sebelumnya.
  1. Memberi kepastian dan ketenangan batin
Seorang kepala keluarga tentu memiliki kewajiban besar untuk memastikan keamanan anggota keluarganya. Kekhawatiran yang paling besar adalah ketika seorang kepala keluarga sudah tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup anggota lainnya. Oleh karena itu agar memiliki kepastian dan ketenangan batin memiliki asuransi khususnya asuransi jiwa adalah pilihan yang terbaik. Kepala keluarga tidak perlu khawatir lagi ketika sudah tidak mampu untuk produktif. Karena dengan adanya asuransi, kebutuhan keluarga bisa dipenuhi dengan dana yang berasal dari klaim asuransi.
  1. Anak harus memiliki pendidikan yang baik
Salah satu keuntungan memiliki asuransi adalah adanya jaminan bagi pendidikan anak. Karena biaya pendidikan semakin tahun semakin mahal, menurut beberapa sumber kenaikkan biaya pendidikan bisa hingga 15%. Jika kita tidak bersiap mulai dari sekarang, tentu akan sulit bagi anak kita nantinya untuk mendapat pendidikan yang layak. Dengan memiliki asuransi, kita bisa lebih fokus melakukan perencanaan finansial bagi pendidikan anak. Tidak perlu takut lagi akan musibah yang terjadi, karena dana untuk mengatasi musibah tersebut di-cover oleh perusahaan asuransi.

Komentar