Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019 M di Tanjungpinang Ada Acara Apa Saja ?

tradisi idul adha di pulau penyengat
Ketupat lebaran Idul Adha sedang direbus di Pulau Penyengat

Perayaan Hari Raya Idul Adha 1440 H di Kota Tanjungpinang sama dengan Idul Fitri. Sama-sama disambut dengan suka cita, karena bisa bersilaturahim  dengan keluarga dan sanak saudara. Sehingga lebaran Idul Adha atau Hari Raya Haji juga disambut istimewa dengan mempersiapkan makanan khas lebaran seperti ketupat dan kue mue untuk dinikmati bersama saat silaturahim.

pawai takbir idul adha di kota tanjungpinang
Pawai Takbir. Pic by Diskominfo Tanjungpinang
Nah, selain silaturahim antar keluarga dan sanak saudara, Idul Adha juga dirayakan oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang. Salah satunya dengan mengadakan Pawai Takbir Keliling yang berlangsung malam ini, Sabtu, 10 Agustus 2019.

Pawai takbir ini bisa dikatakan sudah menjadi agenda tetap setiap tahunnya, sehingga dinanti oleh warga. Rute pawai takbir Idul Adha tahun 2019 dimulai dari  Terminal Sungai Carang, Bintan Center, dilanjutkan ke Pintu Gerbang 1 Bintan Center, Jl. Ahmad Yani atau belok kiri depan Kantor Kodim.

Kemudian lurus ke arah jl.A. Yani melewati Lapangan Pamedan, Jl. Basuki Rahmat, Jl. Wiratno, Jl. Yos Sudarso, Jl. Usman Harun atau Teluk Keriting dan finish di Jl. H. Agus Salim.

Pawai takbir ini selalu ditunggu karena masyarakat melihat aneka hiasan mobil yang dihias sedemikian rupa dan suara tabuhan beduk yang bersahutan.

Selain Pawai Takbir, di Pulau Penyengat juga ada acara Bernostalgia di Kampung Raye III, yang diadakan oleh Ikatan Keluarga Besar Anggrek (IKBA). Sejak hari ini, Sabtu 10 Agustus 2019 sudah ada memasak ketupat bersama-sama pada pagi hari.
tradisi idul adha di pulau penyengat
Acara Kampong Raye tahun lalu di Pulau Penyengat
Kemudian pada sore hari dilanjutkan dengan persiapan dan malamnya sekitar pukul 20.00 wib diadakan doa selamat dan takbir raya.Keesokan harinya tanggal 11 Agustus 2019 atau pas Idul Adha dilanjutkan dengan sholat hari raya dan halal bihalal seluruh warga Kampung Balik Kota, Kelurahan Penyengat.

Acara ini juga dimeriahkan dengan hiburan seperti tarian anak-anak, bernostalgia di Kampung Raye III. Acara yang berlangsung sampai malam ini, juga dimeriahkan dengan doorprize.
tradisi idul adha di kota tanjungpinang

Tidak hanya itu saja, kemeriahan di Pulau Penyengat juga dilengkapi dengan Festival Musik Religi yang ditaja oleh Organisasi Pemuda Penyengat pada Minggu, 11 Agustus 2019 mulai pukul 13.00 wib sampai 17.30 wib. 

Festival ini akan menghadirkan 10 Band terbaik Tanjungpinang serta duet duo vokalis terbaik Kepri salah satunya adalah Oji LIDA (Liga Dangdut Indonesia).

Jadi, Anda yang sedang berlibur di Kota Tanjungpinang atau ingin berlibur ke ke sini sudah tahu pilihan acara yang bisa dinikmati selama Idul Adha.

Komentar

  1. Meriah ya lebaran haji di tanjungpinang....Di batam yang penuh pantai2, hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung
Silahkan berkomentar dan jika ada pertanyaan yang perlu jawaban cepat silahkan WA ke 08126102123
Mohon maaf komentar dimoderasi