Pilihan Makanan Sehat untuk Penderita Asam Urat


Anda menderita asam urat dan merasa hidup tak bahagia karena tidak lagi bisa menikmati berbagai makanan enak ? Jangan berpikiran begitu, karena Anda masih bisa kok menikmati hidup ini dengan menikmati aneka makanan yang lezat.

Mau tahu pilihan makanan yang enak dan nikmat untuk penderita asam urat ? ini pilihannya.


Penyakit asam urat menuntut penderitanya untuk memperhatikan segala asupan yang dikonsumsi sehari-hari. Jika luput atau abai akan hal itu, penyakit bisa kambuh dan menyebabkan gejala yang bisa mengganggu aktivitas bahkan menurunkan kualitas hidup.

Menurut dr. Andika Widyatama dari KlikDokter, asam urat atau gout merupakan penyakit yang terjadi akibat penumpukan kristal monosodium urat pada sendiri dan jaringan. Penyakit ini sangat mungkin terjadi jika Anda selalu mengonsumsi makanan yang tinggi purin, seperti jeroan, daging atau unggas berlemak, kerang, udang, dan lobster.

“Oleh karena itu, agar serangan asam urat tidak terjadi, Anda wajib membatasi asupan purin tidak lebih dari 100 miligram per hari,” kata dr. Andika.

Lantas, adakah makanan yang aman dan boleh dikonsumsi tanpa takut mengalami serangan asam urat? Ada! Beberapa makanan yang tergolong aman dan tidak menyebabkan peningkatan kadar asam urat tubuh adalah sebagai berikut:

·      Buah-buahan. Semua jenis buah tergolong ramah untuk asam urat. Namun, di antara sekian jenisnya, buah ceri sebaiknya Anda jadikan pilihan utama. Ini karena buah tersebut dapat membatu menstabilkan kadar asam urat dan mengurangi peradangan di tubuh.
·     Sayuran. Tidak semua sayuran dapat meningkatkan kadar asam urat. Namun, yang benar-benar aman dan bisa dikonsumsi adalah kentang, kacang polong, jamur, terong, dan sayuran berdaun hijau gelap.
·      Kacang. Kacang dan biji-bijian utuh tergolong aman untuk dikonsumsi, bahkan oleh penderita asam urat sekalipun.
·   Susu. Susu rendah atau tidak mengandung lemak adalah pilihan terbaik. Hindari susu kedelai, karena berpotensi meningkatkan kadar asam urat.
·   Minyak nabati. Minyak kanola, kelapa, zaitun, biji bunga matahari, dan rami tergolong aman bagi penderita asam urat. Namun, tetap ingat untuk membatasi konsumsinya, ya!
·    Bagaimana dengan telur? Makanan jenis ini boleh dikonsumsi. Asalkan tetap dikonsumsi sesuai porsi alias tidak berlebihan, telur malah bermanfaat bagi kesehatan.
Mengingat adanya potensi serangan asam urat, perhatikan lagi segala jenis makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Jangan sembarangan dan merasa abai, karena asam urat bisa menyebabkan komplikasi berupa gagal ginjal, penyakit jantung, dan diabetes melitus.

Komentar