Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Pinjaman Online

 Pinjaman Online

Hidup di zaman sekarang kalau bisa dikatakan susah ya mudah, tapi jika dikatakan mudah saya susah. Paham kan ?! Jadi maksudnya itu begini. Banyak hal yang sebenarnya yang kita anggap susah sebenarnya itu mudah dilakukan. Tapi ada juga yang dianggap mudah jadi susah karena tidak mau mencoba dengan segala kecanggihan yang ada saat ini. Misalnya saja, saat kita butuh dana tunai mendesak dan lantas meminjam ke teman bahkan ke keluarga sekalipun, banyak yang tidak percaya dan mau meminjamkan. Namun ada lembaga yang bisa cepat membantu mengatasi masalah kita, namun kita malah ragu dan tidak mau melakukannya untuk melakukan pinjaman online.

Seperti curhatan seorang anggota grup emak-emak di FB yang mengeluh tentang keluarganya yang tidak peduli dengan kesusahannya. Ia mengaku butuh duit mendesak sementara dana dari suaminya belum cair dari proyek yang sedang dikerjakan.

Nah dari situ muncullah komentar emak-emak tentang solusi, salah satunya agar melakukan pinjaman online saja. Namun si emak yang lagi bermasalah takut karena nanti ditagih terus jika membayar tidak sesuai waktu. Ya ialah, yang namanya pinjaman kepada siapapun harus dibayar dan akan ditagih terus donk. Apakah itu antar teman, keluarga, bank atau Lembaga pinjaman online akan tetap menagih jika si peminjam tidak membayar sesuai komitmen.

Nah, inilah yang sering menjadi masalah dalam pinjam meminjam uang. Tidak hanya urusan meminjam dengan keluarga, teman atau siapapun, niat baik dari si peminjam sering melenceng setelah uang diterima. Janji seminggu bisa berbulan bulan tidak dibayar. Jika ditagih galaknya minta ampun.

Pinjaman online kalau menurut saya sebenarnya bagus karena membantu mengatasi masalah mendesak. Bahkan banyak yang memberikan pinjaman tanpa persyaratan yang ribet. Tinggal komitmen si peminjam untuk membayar sesuai aturan yang sudah disepakati.

Berikut tips bagi Anda yang akan melakukan pinjaman online :
1.       Niat baik
Jadi niatkan meminjam itu karena Anda butuh dan mendesak. Jangan sekali-kali memasang niat buruk hanya untuk mendapatkan uang dengan alasan saat meminjam Anda tidak berhadapan dengan pihak pemberi pinjaman secara langsung. Itu adalah persepsi yang sangat keliru. Jadi intinya Anda siap untuk membayar cicilan dan ada dana untuk membayarnya.

2.       Survei lembaga atau fintech resmi yang akan memberikan pinjaman
Pilihlah lembaga atau perusahaan fintech yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Biasanya keterangan tentang perusahaan itu ada di info perusahaan.

3.       Pilih lembaga atau fintech yang memberikan bunga rendah atau terjangkau
Setelah mendapatkan sejumlah nama fintech yang terdaftar resmi di OJK, Anda bisa membandingkan bunga pinjaman antara satu fintech. Biasanya ada simulasi pinjaman berikut cicilannya.

4.       Pelajari syarat dan ketentuan peminjaman
Jangan sampai hanya karena butuh keperluan mendesak Anda kemudian tidak membaca syarat dan ketentuannya. Hanya mikir yang penting cair dan saat lalai membayar serta kemudian ditagih malah marah-marah. Padahal sudah ada aturannya .

5.       Pinjam Sesuai Kebutuhan dan kemampuan memmbayar
Pinjamlah sesuai kebutuhan Anda. Jangan karena memanfaatkan aji mumpung lalu melakukan pinjaman di luar kebutuhan dan kemampuan membayar. Hal ini nantinya akan berpengaruh terhadap cicilan Anda tiap bulannya.

6.       Catat jumlah pinjaman dan cicilan perbulannya
Catat jumlah pinjaman yang Anda terima dan jumlah cicilan perbulannya. Sehingga Anda sudah bisa mengatur bajet yang harus Anda bayarjan tiap bulannya.

7.       Bayar Tepat waktu
Bayarlah cicilan tepat waktu sesuai tanggal yang ditentukan. Hal ini untuk menghindari penagihan terus menerus. Komitmen Anda sangat diperlukan sesuai apa yang diniatkan dari awal.

Jadi pinjaman online yang diniatkan dari awal memang untuk membantu kebutuhan dana mendesak bisa sangat bermanfaat jika Anda paham dan berkomitmen baik. Semua bergantung dari Anda dan tentu akan berpulang ke Anda jika melanggarnya.

Nah bagi Anda yang membutuhkan dana cepat untuk mencukupi beragam kebutuhan seperti untuk pendidikan, biaya pengobatan ataupun biaya menikah, salah satu fintech yang resmi, terdaftar di OJK dan diawasi Bank Indonesia adalah CekAja.com.

Pinjaman online di CekAja.com adalah jenis fasiitas pinjaman yang dapat langsung cair tanpa jaminan. Bahkan persyaratan dan prosedur yang semula harus dilakukan dengan tatap muka pun tidak diperlukan lagi. Bahkan, wawancara kelayakan kredit kini dilakukan melalui telepon.

Bagi Anda memiliki aset untuk dijaminkan, akan mendapatkan suku bunga yang lebih rendah, karena hal itu sejalan dengan tingkat risiko yang timbul. Bila sewaktu-waktu Anda tidak dapat melunasi dalam jangka waktu yang ditentukan, Anda juga bisa melakukan negoisasi untuk memperpanjangnya.

Jenis pinjaman online yang disediakan CekAja.com antara lain :
·         Kredit Tanpa Agunan (KTA)
·         Kredit Karyawan
·         Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)
·         Kredit Pemilikan Rumah (KPR)
·         Pinjaman Usaha

Bagi Anda yang memang ingin tahu lebih banyak tentang pinjaman online ini lebih lengkap, silahkan akses di https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online/

Komentar

  1. Untuk saat ini, mau onlen maupun oflen, saya pribadi jauhi berhutang...

    BalasHapus
  2. banyak banget fintech penawaran pinjaman dana online.. makasih tipsnya ka, bermanfaat banget :)

    BalasHapus
  3. Sekarang urusan finansial bisa lebih mudah ya termasuk untuk pinjaman

    BalasHapus
  4. Saya baru tahu hal yang seperti ini.

    Makasih kak,
    Menambah wawasan saya perihal peminjaman online.

    BalasHapus
  5. Agakngeri2 sedap ya pinjaman online ini. Tp ya kembali lg, mungkin dibutuhkan ketika benar2 mendesak.

    BalasHapus
  6. Bisa langsung ke cekaja ya bila ada niat buat pinjaman online
    Thanks buat infonya

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung
Silahkan berkomentar dan jika ada pertanyaan yang perlu jawaban cepat silahkan WA ke 08126102123
Mohon maaf komentar dimoderasi