Nutrisi Yang Dibutuhkan Saat Hamil




Hamil merupakan idaman setiap wanita yang sudah menikah. Rasa bahagia saat mengetahui kehamilan tentu harus diimbangi dengan menjaga kehamilan. Salah satunya dengan asupan nutrisi yang baik untuk inu dan janin. 

Kenapa ? karena apa yang Anda makan dan minum selama hamil, akan menjadi sumber nutrisi bagi janin di dalam kandungan. Karenanya, ibu hamil sebaiknya hanya mengonsumsi makanan dan minuman sehat, demi perkembangan dan kesehatan janin.


Ibu hamil juga dianjurkan mengonsumsi makanan bervariasi untuk mencukupi kebutuhan semua zat gizi, baik zat gizi makro seperti karbohidrat, protein, dan lemak, maupun zat gizi mikro yang terdiri dari beberapa nutrisi dan multivitamin yang dibutuhkan ibu hamil. Beberapa di antaranya kalsium, asam folat, dan zat besi yang masing-masing memiliki fungsi berbeda.

Menurut beberapa ahli pakar ibu hamil ada bermacam jenis nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan ibu hamil  inilah  jenis nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil dalam jumlah yang cukup! Apa saja, yang pertama asam folat, Asam folat merupakan salah satu jenis vitamin B yang bermanfaat mencegah cacat janin, yaitu gangguan pada perkembangan otak dan selubung saraf tulang belakang atau dikenal dengan neural tube defects. 

Wanita yang tengah merencanakan kehamilan dianjurkan mengonsumsi asam folat 400 mikrogram setiap hari, minimal sebulan sebelum hamil. Setelah terjadi kehamilan, dosis asam folat ditambah menjadi 600 mikrogram sehari.

Biasanya asam folat sebagai suplemen untuk kehamilan dosisnya antara 400-600 mikrogram. Jika dikonsumsi dari makanan, asam folat banyak ditemukan pada sayuran berwarna hijau, sereal yang difortifikasi, roti dan pasta, kacang-kacangan, dan buah citrus. Kalsium, Kalsium bermanfaat untuk membentuk tulang dan gigi janin.

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, jika ibu hamil kekurangan kalsium, maka kebutuhan kalsium akan diambil dari cadangan kalsium di tubuh ibu. Sumber kalsium ada pada susu, dan produk makanan yang difortifikasi dengan vitamin D. Kebutuhan kalsium untuk ibu hamil berusia di atas 19 tahun sesuai rekomendasi ACOG adalah 1.000 mg sehari. Pentingnya DHA untuk ibu hamil dan Janin dari asam folat sebagai nutrisi yang sangat baik untuk janin menjadi sumber nutrisi pelengkap ibu hamil dan Janin dan memberikan nutrisi seimbang dan juga lengkap.



Komentar