Metode Khusus Mensterilkan Botol Susu yang Perlu Diketahui Para Ibu


Bagi Anda yang berstatus seorang ibu dan member anak susu formula gimana sih cara membersihkan atau mensterilkan botol susunya ? Dicuci biasa dengan sabun atau ada metode lainnya ? Nah, umumnya untuk mensterilkan peralatan makan bayi bisa menggunakan metode perebusan, namun ada metode lain yaitu mensterilkan botol susu dengan cara menggunakan cairan kimia. Cairan kimia yang tersedia di pasaran umumnya berbentuk tablet maupun cairan sabun cuci pembersih botol yang biasanya tergolong pencuci foodgrade dan metode ini cukup mudah untuk di aplikasikan, berikut adalah beberapa caranya:

  • Bersihkan tutup botol, puting dot dan alat-alat lainnya yang biasa digunakan saat menyiapkan susu si kecil.
  • Umumnya, saat kita menggunakan cairan kimia untuk mensterilkan botol susu, ada panduan pemakaian yang menempel pada cairan kimia tersebut. Anda hanya perlu mengikuti panduan tersebut untuk menyiapkan larutannya.
  • Sama seperti dengan metode merebus sebelumnya, masukkan botol dan aksesori lainnya kedalam panci yang sudah berisi larutan kimia.
  • Biarkan selama 30 menit atau sesuai petunjuk penggunaan.
  • Jika anda belum ingin memakainya, anda bisa membiarkan botol di dalam larutan sampai anda ingin menggunakannya. Anda juga bisa menyimpannya dalam kulkas jika tidak ingin langsung digunakan.
  • Namun, jika Anda ingin segera menggunakannya, ambil botol dan aksesori lainnya, bilas dengan air bersih, lalu keringkan dengan kain bersih.
  • Kain bersih yang telah digunakan, selanjutnya dapat dicuci dengan deterjen biasa maupun dengan deterjen khusus baju bayi.
  • Jangan lupa peralatan yang digunakan untuk merendam dibilas air hangat, untuk membersihkan residu kimia.
Nah para ibu itulah hal yang perlu dilakukan untuk mensterilkan botol susu bayi. Botol susu bayi jangan diperlakukan sama seperti tempat makan atau minum orang dewasa lainnya, karena bayi masih memiliki daya tahan tubuh yang kurang baik sehingga segala kebersihan baju dan alat makannya harus benar-benar steril dan bersih unuk menghindari masuknya bakteri dan virus pada tubuh bayi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda semua yang sedang membutuhkani nformasi mengenai cara mensterilkan botol susu bayi yang biasanya dipakai setiap hari non stop. 

Komentar