Mengenal Venture Capital dan Cara Kerjanya



Saat ini, startup menjadi salah satu bisnis yang paling banyak digemari oleh masyarakat karena menghadirkan keuntungan tersendiri apabila perusahaan startup yang anda miliki sudah berkembang dengan baik. Tak bisa dipungkiri, bisnis startup ini menjadi bisnis yang sedang popular terutama dengan adanya perkembangan teknologi. 


Kenalan dengan venture capital
Jika anda pemilik startup yang ingin mengembangkan bisnis anda agar leih baik tetapi tidak memiliki modal yang cukup, mengapa anda tidak mencoba untuk mendapatkan pendanaan dari venture capital? Ada ribuan lebih perusahaan startup yang sedang mencari capital venture untuk mendapatkan pendanaan.

Tetapi sayangnya, hanya akan sedikit perusahaan startup yang masuk kedalam daftar kualifikasi startup dalam venture capital. Hal ini tidak lain karena banyaknya pertimbangkan yang dilakukan oleh venture capital agar tidak salah dalam melakukan alokasi uang kepada perusahaan startup. Hal ini tidak lain karena venture capital ini sendiri tergolong sebagai bisnis yang memiliki risiko tinggi.

Sebelum membahas lebih jauh lagi, apakah anda sudah mengetahui apa yang disebut dengan venture capital itu? Nah, venture capital sendiri adalah modal yang diberikan kepada pemilik perusahaan startup dalam bentuk uang dimana akan diberikan kepada perusahaan startup yang memiliki pencapaian yang cukup baik. 

Orang-orang yang menjalankan bisnis ini sendiri dikenal dengan venture capitalist. Venture capitalist ini sendiri juga memiliki proyeksi keuntungan dari kepemilikan yang akan mereka dapatkan dari sebuah perusahaan startup yang sudah mendapatkan investasi dari venture capital. Mereka memiliki uang tersebut karena adanya investor yang menginvestasikan uangnya kepada mereka atau dikenal dengan limited partners (LP).

Yang disebut limited partners ini sendiri biasanya berasal dari orang-orang yang memiliki kekayaan tidak habis-habis, orang yang memiliki perusahaan keluarga, dana pensiun, atau berasal dari sumber-sumber lainnya. 

Bagaimana cara kerja bisnis yang satu ini?
Bagi anda pemilik perusahaan startup, wajib rasanya untuk mengetahui bagaimana cara kerja yang dimiliki oleh perusahaan venture capital ini. Nah, cara kerja yang dimiliki oleh perusahaan ini sendiri adalah berasal dengan adanya LP yang menitipkan kekayaan mereka dalam bentuk uang kepada para venture capitalist dan mereka juga akan memberikan pinjaman untuk malakukan management fee kepada VC juga. 

Hal ini berguna untuk menjalankan dan melakukan pengawasan bisnis mereka. Bisa disebut meminjamkan karena nantinya apabila investasi sudah bisa menghasilkan return, perusahaan venture capital harus mengembalikan return investasi dengan uang managemen fee kepada limited partners. 

Mereka akan melakukan distribusi uang atau pinjaman yang diinvestasikan dari para limited partners ke pada beberapa perusahaan startup yang telah masuk kedalam kualifikasi perusahaan venture capital. Mereka kemudian akan menunggu dalam beberapa waktu untuk melakukan review terhadap perusahaan startup hingga menghasilkan return.
Bagaimana venture capital bisa mendapatkan return?
Informasi seputar venture capital yang satu ini juga cukup penting untuk anda ketahui, venture capital sendiri bisa mendapatkan return apabila berhasil melakukan exit. Exit ini terdiri dari beberapa macam seperti dari startup yang diberikan investasi berhasil IPO atau go public, dijual, dinvestasikan dan cara-cara lainnya. 

Biasanya, return yang bisa didapatkan oleh venture capitalist ini sendiri bisa mencapai 20% dari return investasi dan akan dikembalikan sebanyak 80% dengan management fee yang sudah pernah diberikan oleh limited partnet. 

Demikian informasi seputar venture capital yang perlu anda ketahui terutama bagi anda yang sedang mencari pendanaan untuk mengembangkan perusahaan startup anda. Jika anda ingin mendapatkan venture capital yang professional, segera hubungi convergencevc.com.

Komentar

  1. Wah informasi yang berharga banget buat para pebisnis buat nyoba ngembangin bisnis dengan pendanaan dari venture capital. Info menarik mbak :)

    BalasHapus
  2. Aduh bahasannya agak berat bagi saya nih. Banyak istilah yang belum mengerti benar juga. Saya harus baca ulang lagi dan lagi nih biar paham. Hehehe...

    Anyway terimakasih atas ulasannya. Saya jadi nambah wawasan. Gak kudet lagi lah hahaha

    BalasHapus
  3. Wao keren juga ya ide dan inovasinya.

    mempertemukan para investor dan pebisnis.

    Memudahkan banget buat yang mau investasi tapi ga tau di mana yang tepat.

    serta pihak pebisnis startup yang masih memerlukan dana lebih :)

    BalasHapus
  4. Saya baru mengetahui tentang venture capital setelah membaca tulisan Mba ini :) info ini pasti bermanfaat sekali untuk para pembisnis baru. terima kasih ya mba informasinya

    BalasHapus
  5. Jujur saja, ini adalah sesuatu yang baru buat saya. Butuh membaca ulang untuk bisa memahaminya :)

    BalasHapus
  6. Wah baru dengar nih aku Venture Capital mba. Aku pribadi bukan pebisnis Start up tapi punya ckupc banyak teman pebisnis Start up. Bolehkah, kurekomendasikan ini hehe

    BalasHapus
  7. Venture capital ya, hal baru yang sayabtahu nih... Bisa di bookmark untuk dipelajari lebih lanjut nih😊 terimakasih infonya, bermanfaat untuk bisnis pemula untuk nambah wawasan nih.

    BalasHapus
  8. Venture Capital ini sangat berguna untuk mengembangkan usaha start up ya mbak. ROI nya juga cukup besar. Bisa jadi pertimbangan nih bagi start up yang sedang mencari suntikan dana.

    BalasHapus
  9. Venture capital ini sangat bisa membantu bisnis maupun usaha rintisan untuk lebih mengembangkan bisnis nya yah

    BalasHapus
  10. Keren banget ya sekarang . Jadi start up enggak perlu bingung lagi untuk mendapatkan modal karena sudah ada venture capital macam convergencv com ini. Karena kadang kalau pinjam ke bank bisa jadi sulit.

    BalasHapus
  11. Iya resiko banget bisnis Venture Capital ini ya mba karena start up sudah mulai menjamur maka butuh seleksi yang ketak untuk bisa meminjamkan mdoal ke salah satu start up yang mengajukan

    BalasHapus
  12. Semua yg ditulis disini istilah2 baru buat saya, Mba. Macam venture capital, limited partner, exit, dll. Ilmu baru nih.

    BalasHapus
  13. Sebenarnya sudah pernah dengar tentang Venture Capital ini tapi belum sedetail ini sih, sekarang baru paham deh setelah baca ulasannya.

    BalasHapus
  14. Masih belum ngerti sebenarnya ttg startup, masih konfensional ini bisnisnya. Lah masih blm terlalu fokus siih, padahal pengennya bisa maju dan berkembang juga :)
    Anyway makasih infonya ya Mbak. Nanti belajar lagi ahh.

    BalasHapus
  15. Bener mbak, udahh merebak banget ya penggemar bisnis yg satu ini. BTW, saya baru tau nih soal venture Capital. Menarik banget

    BalasHapus
  16. Di indonesia banyak gak ya start up yang masuk kualifikasi venture capital ini? Tapi gak bisa juga ya dapat pendanaan dari sini di awal pendirian start up.

    BalasHapus
  17. Noted mbak llilmunya. Aku masih awam soal venture capital dan startup gini. Semoga makin banyak investor yang tertarik sama startup di Indo yaa

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung
Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya.
Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi