Tanda Awal Kehamilan yang Harus Anda Ketahui


Perasaan seorang wanita ketika menjelang haid dan juga tanda tanda awal kehamilan memang seringkali membuat para ibu muda bingung. Di mana banyak sekali tanda-tanda yang hampir sering terjadi namun mirip dengan kondisi wanita menjelang haid.  

Sehingga sulit untuk anda para wanita yang baru menikah untuk membedakan, apakah Anda mengalami kehamilan atau hanya tanda atau kondisi menjelang menstruasi saja.  Berikut ini kita akan mengetahui apa saja perbedaan jelas antara tanda awal kehamilan dan juga gejala ketika anda mau menstruasi. Namun perbedaan gejala biasanya bervariasi pada satu wanita wanita lain namun beberapa tips berikut ini bisa menjadi patokan secara umum :
  1. Ingin Makanan Lebih Spesifik
Mungkin Anda menyadari bahwa saat menjelang PMS, banyak wanita yang cenderung mengkonsumsi makanan yang manis atau asin seperti, coklat, keripik kentang atau gorengan. Namun bagaimana dengan wanita yang sedang hamil ? Namun beda untuk tanda awal kehamilan anda akan menginginkan sebuah makanan atau Kombinasi yang tidak biasa. Misalnya saja anda ingin mengkonsumsi jus nangka, atau bahkan mengkonsumsi makanan seperti sate usus. Seringkali makanan juga sulit untuk didapatkan dan juga keinginan makanan sangat spesifik. Hal ini berlangsung secara berulang-ulang dan berturut-turut. Bahkan bukan hanya anda, namun juga pasangan Anda mengalami hal ini.
  1. Mual dan Muntah
Tanda awal kehamilan sakit yang bisa dikenali adalah morning sickness atau mual dan muntah. Di mana awal tanda kehamilan dini ini, hampir terjadi pada semua wanita. Umumnya untuk tanda-tanda PMS ataupun menjelang menstruasi anda tidak akan mengalami morning sickness ini. Untuk anda yang sedang hamil dan mengalami kondisi seperti ini, biasanya didapatkan mulai dari 3 minggu setelah pembuahan. Sehingga anda bisa mengenalinya dan jelas berbeda.  Namun tidak semua wanita mengalami morning sickness ataupun gejala mual dan muntah ini.
  1. Sakit punggung
Tanda awal kehamilan selanjutnya adalah mengeluhkan sakit punggung. Namun rasa sakit ini hanya akan muncul mulai dari trimester kedua sampai dengan ketiga. Karena adanya tambahan berat badan dari janin dan juga perut yang mulai membesar, sehingga menghambat ibu untuk bergerak. Jika anda mengalami sakit punggung bawah mendekati periode menstruasi, kemungkinan besar itu hanya terjadi karena gejala pms. Sakit punggung juga biasanya dikombinasikan dengan nyeri di bagian lain atau terasa pegal di bagian selangkangan. Jika sudah seperti ini maka hal tersebut bukanlah tanda awal kehamilan.
  1. Telat Datang Bulan
Banyak yang mengatakan bahwa ada yang telat datang bulan sudah pasti hamil. Padahal tanda awal kehamilan memang adanya keterlambatan datang bulan. Namun jika siklus menstruasi normal atau tidak pernah terlambat sebelumnya, namun jika anda cenderung tidak teratur tidak terduga belum tentu ada hamil bahkan pada beberapa wanita yang memiliki siklus tepat. Sekali pun terjadi menstruasi yang terlambat bukankah salah satu jaminan atau hal yang menjadikan seseorang memiliki tanda awal kehamilan. Stress, perubahan pola makan, serta peningkatan aktivitas fisik yang berlebihan bisa menjadikan seorang wanita mengalami keterlambatan untuk menstruasi.
  1. Kram atau Nyeri Perut
Terakhir adalah kram atau nyeri perut. Di mana Kecamatan jadi presiden sering kali terjadi menjelang PMS atau menjelang menstruasi tiba, terutama bagi Anda yang seringkali mengalami dismenore atau kram akibat kejang otot Rahim, yang terjadi 24 jam 48 jam sebelum terjadinya menstruasi. Pada awal kehamilan karena ini, kram perut yang dimaksud sangatlah berbeda. Karena kram perut yang dialami adalah implantasi embrio yang umumnya terasa lebih ringan daripada kram perut yang terjadi ketika PMS.

Komentar