#KejarMimpi Memotivasi Generasi Muda Memajukan Mimpi Indonesia

Jika ditanya apa mimpi saya ? Banyak banget. Sebagai pribadi tentu setiap manusia selalu punya keinginan, baik untuk diri sendiri maupun untuk keluarga. Namun, jika saya ditanya apakah saya mempunyai mimpi untuk orang lain atau lingkungan masyarakat ? Jawabannya punya. !

Banyak mimpi yang ingin saya wujudkan khususnya dalam berperan serta membangun masyarakat khususnya di kota tempat saya berdomisili sekarang, Kota Tanjung Pinang. Tapi mimpi yang paling besar adalah memotivasi generasi muda untuk gemar membaca dan menulismemajukan kualitas bangsa Indonesia.

Ya, saya ingin generasi muda khususnya pelajar dan mahasiswa mempunya minat baca dan menulis yang tinggi. Karena saya melihat minat mereka di dua bidang itu tersebut sangat minim. Hal ini terbukti dengan sepinya perpustakaan daerah, padahal ada dua perpustakaan di kota ini, , yaitu pertama perpustakaan milik Pemerintah Provinsi Kepri dan perpustakaan milik Pemerintah Kota Tanjung Pinang.

Miris banget melihat buku-buku koleksi banyak yang hanya jadi pajangan. Bahkan toko bukupun ada yang tutup karena sepinya pembeli buku. Sedih dan miris. Tidak itu saja, ketika ada lomba menulis sangat sedikit peminatnya.

Menoleh ke belakang pada 30 tahun silam, saya sangat kehausan bahan bacaan. Waktu duduk di bangku sekolah dasar, saya selalu mencari bahan bacaan yang gratis di perpustakaan sekolah. Tapi yang tersedia hanya buku -buku lama.

Untuk membeli buku baru atau bahan bacaan lain orang tua saya tidak mampu. Tak jarang saya membeli majalah bekas untuk bisa membaca atau meminjam majalah teman yang anak orang berada. Ketika duduk di bangku SMP saya merasakan surgae membaca, ketika perpustakaan sekolah mendapatkan sumbangan buku-buku baru dari pemerintah.

Setiap minggu saya selalu meminjam buku bacaan dan bahkan saya harus bisa menghambi hati petugasnya agar bisa dipinjamkan dua buku setiap minggu. Karena satu buku tidak cukup bagi saya dan bahkan kaluau bisa setiap hari saya bisa meminjam buku untuk dibawa ke rumah.

Kesulitan saya dalam mendapatkan bahan bacaan membuat saya bermimpi suatu saat nanti bisa memberikan bahan bacaan untuk anak-anak. Mimpi itu tersimpan rapat di alam bawah sadar saya dan akkhirnya terwujud pada tahun 2008 lalu. Saya melahirkan buku kumpulan cerpen anak “ Perpustakaan Mini Tasya”

Buku ini adalah kumpulan cerpen anak yang pernah dimuat di media massa mingguan. Tulisan-tulisan itu saya jadikan buku dan kemudian saya sumbangkan ke sekolah dasar, perpustakaan daerah dan taman bacaan.

Ada haru merebak ketika saat launching buku itu saya menceritakan bagaimana proses saya menulis dan menghasilkan buku demi memberikan kemudahan bagi anak-anak mendapatkan bahan bacaan. Saya ingin mereka bisa membaca dengan bahagia bukan seperti saya dulu yang harus meminjam buku ke sana sini.

Suatu kebahagiaan ketika beberapa tahun kemudian ada anak yang pernah mendapatkan buku kumpulan cerita anak saya ternyata juga terinspirasi untuk membuat buku. Sang ibu yang kebetulan bertemu dengan saya menceritakan bagaimana anaknya mulai rajin menulis karena ingin punya buku sendiri.

Keinginan untuk meningkatkan minat baca anak dan menulis juga saya wujudkan dengan lomba menulis tingkat pelajar. Bersama teman-teman saya membentuk komunitas dan mengajak pelajar tingkat SMA menulis cerpen. Meski pesertanya minim namun sebagian besar peserta adalah anak-anak yang punya bakat untuk menulis.

Saya mensupport mereka untuk bisa terus menulis bahkan mengirimkan ke media massa. Bahkan ada yang ingin juga mempunyai buku sendiri. Saya sangat mendukung dan memberikan peluang konsultasi bagi yang membutuhkan.

Sebagai seorang blogger saya juga beberapa kali diundang sebagai pembicara di hadapan mahasiswa. Hal yang sangat saya tekankan kepada mereka adalah agar bisa meningkatkan minat baca dan menulis. Karena keduanya berkaitan. Bahkan menulis di blog adalah sarana yang paling mudah untuk menuangkan ide-ide mereka.

Saya membuka diri berkomunikasi whatsapp tentang tulisan mereka di blog. Memang ada yang mengirimkan link tulisan mereka dan saya membaca serta memberikan saran yang membangun. Tapi ada yang tidak pernah mengirimkan sama sekali.

Tidak hanya untuk pelajar dan mahasiswa, tahun lalu bersama komunitas yang berkaitan dengan inspirasi kami melakukan kunjungan ke sejumlah sekolah. Saya sendiri tetap fokus bagaimana siswa SD itu bisa menyenangi buku dan kemudian terinspirasi untuk menulis.

Sebagai blogger saya pribadi juga memotivasi teman-teman yang ingin bisa menulis di blog. Bahkan saya pernah membuka kelas blogger untuk pemula. Semua saya berikan gratis ! Meski ada yang mengatakan rugi berbagi ilmu tanpa dibayar sepersen pun, tapi bagi saya malah senang dan bahagia karena bisa mengajak teman-teman untuk memulai menulis di blog.

Suatu kebahagiaan ketika ada teman yang memang ingin bisa menulis, pelan tapi pasti akhirnya bisa membuat blog. Bahkan ia bisa mendapatkan penghasilan dari tulisannya meski jumlahnya belum seperti yang saya dapatkan. Tapi bagi saya itu adalah kebahagiaan karena apa yang sudah saya berikan bermanfaat bagi orang lain.


Dream Warriors berdiskusi tentang mimpi yang ingin dicapai bareng Maudy Ayunda (Photo & Credit: CIMB Niaga & Kejar Mimpi)

Mengetahui gerakan #KejarMimpi dari CIMB Niaga ini saya senang banget. Karena program ini adalah sebuah gerakan sosial (social movement) ini untuk membentuk generasi muda Indonesia dalam menerapkan nilai hidup yang kokoh dan karakter yang positif. Lihat saja, banyak kegiatan bermanfaat yang dilakukan untuk anak muda. Salah satunya adalah Leaders Camp, acara yang mengasah soft skill melalui pengembangan serta pengendalian diri anak muda. Ada juga kegiatan volunteering dimana Kejar Mimpi melakukan aksi mengajar dan penghijauan di berbagai sekolah di Indonesia. Menariknya, Kejar Mimpi juga punya film dokumenter aksi mereka saat berkunjung ke Pulau Bajawa dan Kepulauan Selayar untuk berbagi kebaikan dan semangat Kejar Mimpi masyarakat sana.
Dream Warriors menanam tanaman bakau bersama masyarakat di Kepulauan Selayar (Photo & Credit: CIMB Niaga & Kejar Mimpi)

Terwujudnya kegiatan tersebut, tak luput dari dukungan komunitasnya. Anak muda dengan semangat yang sama pun mulai mengembangkan komunitas Kejar Mimpi di Indonesia. Mulai dari Medan, Malang, Bandung, Jakarta bahkan potensi wilayah lainnya yang turut mengembangkan komunitas Kejar Mimpi.

Senang rasanya mengetahui adanya gerakan sosial positif dari CIMB Niaga ini. Jarang sekali ada institusi perbankan di Indonesia yang baik, sehingga mampu memberikan nilai baru untuk generasi muda dalam yang dapat memajukan Indonesia.

Saya percaya gerakan #KejarMimpi ini menyatukan mimpi-mimpi yang sama dari perseorangan, kelompok atau komunitas yang mempunyai mimpi yang sama. Karena berusaha mewujudkan mimpi untuk kepentingan orang banyak hanya dengan modal diri sendiri itu tidak akan maksimal.

Saya percaya mimpi saya agar generasi muda di Kota Tanjungpinang punya minat baca dan menulis yang tinggi juga dipunyai oleh orang lain. Semoga dalam gerakan #KejarMimpi ini saya menemukan orang lain atau kelompok yang punya mimpi sama atau sevisi, sehingga bisa dipadukan untuk sebuah kekuatan dalam mewujudkan mimpi itu.

Jadi saya setuju banget dengan gerakan #KejarMimpi yang percaya bahwa setiap mimpi bisa terealisasi ketika kita saling membantu dalam mengejar mimpi tersebut.

Untuk itu mumpung di awal tahun 2019, saya ingin lebih memantapkan resolusi saya dengan #KejarMimpi. Berikut apa yang ingin saya lakukan :

· Sehat
Ya, kesehatan adalah hal yang sangat penting. Fisik dan jiwa yang sehat akan menunjang saya beraktifitas melakukan berbagai kegiatan. Karena itu saya akan lebih memperhatikan kesehatan dengan rajin berolahraga dan memperhatikan asupan makanan.


· Aktif di banyak komunitas
Saya ingin lebih aktif di banyak komunitas masyarakat,wanita, pemuda dan mahasiswa, karena dengan berada di dalam komunitas saya akan menemukan orang-orang yang mempunyai jiwa dan semangat berbagi dan mengabdi yang sama. Tentu hal ini akan memudahkan saya dalam mencapai #KejarMimpi untuk bisa membuat program dan kegiatan yang memotivasi generasi muda gemar membac dan menulis.


· Memperkuat link ke pemerintah dan wakil rakyat
Pemerintah dan wakil rakyat adalah pihak yang sangat penting. Pemerintah melalui instansi terkait bisa menjadi jalan untuk memujudkan #KejarMimpi gemar membaca dan menulis. Sedangkan wakil rakyat bisa sebagai tempat menyalurkan aspirasi agar memasukan program-program yang mendukung agar generasi muda bisa gemar membaca dan menulis.


· Terus menulis
Terus menulis dan giat menulis harus saya lakukan. Sebagai orang yang ingin memotivasi tentu saya harus menunjukan jika saya adalah contoh bagi mereka.


· Semangat
Ini merupakan hal yang penting juga. Semangat yang harus terus tumbuh agar saya bisa terus melakukan banyak hal demi mewujudkan #KejarMimpi. Tanpa semangat yang membara, bisa saja itu hanya menjadi tulisan tanpa tujuan yang terealisasi.

Semoga apa yang saya impikan bisa tercapai. Mohon doa dan semangatnya untuk saya terus #KejarMimpi. Bagi kamu yang juga tertarik untuk bergabung dengan gerakan dan Komunitas Kejar Mimpi, silahkan baca informasi lengkap di www.kejarmimpi.id atau di instagram Kejar Mimpi sekarang.























Komentar

  1. Masih banyak mimpi yang belum terwujud, salah satunya adalah pergi ibadah haji dan memiliki rumah idaman. Perlu kerja keras untuk mewujudkan mimpi, yang pastinya harus tetap semangat. Semoga impian-impian mom Unizara segera terwujud, semangat mom.

    BalasHapus
  2. Seru juga ya komunitasnya #KejarMimpi :D
    Insha Allah dimudahkan untuk mencapai mimpi-mimpinya ya, aamiin.
    Impian memang tidak mudah dicapai, tapi bukannya tidak mungkin, dan mendapatkan dukungan semangat akan membuat kita lebih semangat mengejar impian :)

    BalasHapus
  3. Wah kalau masih ada buku kumpulan cerpennya, taman baca kami Al Hidayah di kampung kami, yang saya kelola mau juga dong koleksi buku cerpen tersebut ...

    Jadi ingat sendiri perjuangan sejak kecil sampai lulus sekolah gimana susahnya mau baca buku secara tinggal di pelosok itu akses sangat minim

    BalasHapus
  4. aku paling suka program begini, salut buat cimb niaga. membantu dan memberikan wadah bagi generasi mudah untuk menyalurkan mimpi.

    BalasHapus
  5. Generasi muda memegang peran sangat penting dalam meneruskan kehidupan kita di masa depan. Program #kejarmimpi ini sangat bermanfaat untuk membentuk karakter manusia Indonesia yang unggul. Saya jadi pengen gabung nih dengan komunitas hebat ini, makasih infonya mba

    BalasHapus
  6. Terus semangat, mbaaaa.. semoga impiannya segera terwujud :)

    BalasHapus
  7. Waah, selamat mbak bisa sharing dan berbagi dengan teman-teman lain di dunia nyata tentang buku ataupun aktifitas ngeblognya. Aku saluutt!

    BalasHapus
  8. Aktif dibanyak komunitas memang menyenangkan dan bisa jadi motivasi juga

    BalasHapus
  9. Amiiinn mbak. Semoga apa yang direncanakan dan diharapkan dapat berjalan dengan baik. Semoga segala niat baik bisa terlaksana. Amiinn ya rabb.

    BalasHapus
  10. Oooodr CIMB Niaga, soalnya Kejar Mimpi ini mirip namanya, kalau gak salah dgn proyeknya kakakku, Kak Maudy Ayunda #eh :D
    Seru banget ada proyek mendorong literasi membaca dan menulis serta kunjungan2 kyk gtu mbak, berasa pengen muda lg dan ikutan:D

    BalasHapus
  11. Wah keren banget gerakan #KejarMimpi dari CIMB Niaga ini . SAya juga yakin dan percaya bahwa setiap mimpi bisa terealisasi ketika kita saling membantu dalam mengejar mimpi itu.Selamat dan semangat menegjar mimpi ya Mbak..Semoga bias terealisasi :)

    BalasHapus
  12. Kata Pram, "Menulis adalah bekerja untuk keabadian." Sayangnya, dibanding bidang lain, emang nggak banyak orang yang berminat di dunia tulis-menulis.

    BalasHapus
  13. Amin, semoga daoat terlaksana selagi kita mamku kejarlah mimpi mimpi mu

    BalasHapus
  14. Wah lasti seru acara sharingnya ya. Apalagi dari bank CIMB Niaga aku sudah lama menjadi nasabahnya dan lumayan memuaska.

    BalasHapus
  15. semoga mimlinya lekas terwujud ya mbak.. salut sama dream warior yang mau langsung bergerak buat menanam tanaman bakau, keren banget ini #KejarMimpi

    BalasHapus
  16. sip, aku sudah main ke alamat kejar mimpi, memang keren kegiatannya

    BalasHapus
  17. Tentu mbak, sebagai generasi millenial akupun selalu menuliskan semua mimpiku dan harus diwujudkan dalam kurun waktu beberapa tahun. Karena mimpi itu bisa jadi kenyataan jika ada usaha yang kuat

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung
Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya.
Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi