Pentingnya Pendidikan Seks Bagi Remaja


Remaja adalah kelompok yang rentan soal seks. Pendidikan yang seks yang tepat sangat penting untuk memberikan pencegahan secara preventif agar para remaja memiliki pemahaman yang baik soal seks agar mereka tidak bertindak jauh yang melewati batas. Hanya saja, masih ada saja kelompok masyarakat yang kontra dengan pemberian pendidikan seks kepada remaja. Mereka masih memandang seks adalah sesuatu yang tabu yang sudah secara alamiah pasti dipelajari.


Tetapi pemahaman semacam itu ada baiknya segera dikoreksi. Mengingat kemajuan teknologi yang begitu pesat. kemajuan teknologi yang pesat selain membawa dampak yang baik, nyatanya juga berdampak negatif. Salah satunya adalah seks bebas. Karena itu ada baiknya diberikan pencegahan. Salah satunya adalah melalui pendidikan seks.

Pendidikan seks adalah pemahaman yang berkaitan dengan seks. Misalnya bagaimana sikap yang baik bila menghadapi mentruasi hari pertama, kapan mentruasi akan berakhir, bagaimana mengelola perasaan ketika mestruasi dan lain sebagainya. termasuk juga soal batasan ketika berpacaran. Nah berikut beberapa alasan mengapa pendidikan seks itu penting:

1. Tidak Memandang Seks Hal Yang tabu
Bagaimana perasaan kamu mendengar kata seks? Apakah ada sesuatu yang geli atau biasa saja? ada beberapa orang yang mengucapkan kata seks saja rasanya agak berat dan ada beberapa orang yang biasa mengucapkanya. Sayangnya kita malah berfikir negatif. Bagi wanita yang malu-malu mengucapkanya, terkadang kita anggap kurang gaul. Sementara bagi yang biasa saja kita anggap sebagai ciri ciri wanita hiperseks.

Memang sebaiknya kita biasa saja bicara soal seks. Bahkan bicara soal hal-hal yang berhubungan dengan seksual. Hal ini karena seks adalah sesuatu yang pasti terjadi pada hidup kita. sebagai wanita kita pasti mengalami yang namanya mentruasi, itu merupakan bagian dari seks. Kalau kita tidak memiliki pemahaman seks yang baik, tentu kita tidak akan mendapatkan sikap yang baik saat sedang mentruasi.

Untuk itu diperlukan pendidikan seks. Pendidikan seks akan mengajarkan dan memberikan pemahaman pada anak bahwa seks adalah sesuatu yang lumrah di bahas. sesuatu yang pasti terjadi dalam hidup setiap orang termasuk wanita.

2. Mencegah Terjerumus Ke Hal Negatif
Lebih jauh lagi, memberikan pendidikan seks yang baik sama artinya dengan mencegah hal-hal negatif terjadi. Banyak remaja yang terjerumus pada seks bebas akibat tidak memahami bahaya seks bebas. Mereka tidak paham bahwa hamil di luar nikah bisa menghilangkan masa depan mereka. mereka tidak memahami resiko bila berhubungan seks di luar nikah. Akibatnya banyak anak remaja yang putus sekolah dan bahkan bunuh diri hanya karena pergaulan bebas. Tentu hal ini bisa diminimalisir dengan pendidikan seks yang baik.

3. Tahu Batasan
Pendidikan seks kepada remaja juga membuat remaja tahu batasan. Mereka bisa tahu batas-batas pergaulan sesama jenis maupun lawan jenis. Ada batasan yang tidak boleh dilanggar dalam hidup mereka. Jika batasa tersebut dilanggar, mereka bisa menghancurkan masa depan mereka sendiri. Batasan juga berkaitan dengan norma dan etika. Sehingga bila batasa tersebut dilanggar, mereka tahu resikonya akan ada pengucilan dari masyarakat. Dengan begini, para remaja akan jadi lebih mawas diri dan mengendalikan diri dari pergaulan bebas.

4. Menjamin Masa Depan Jadi Lebih Baik
Yang terpenting, pendidikan seks adalah cara yang baik untuk mengarahkan para remaja pada masa depan yang baik. Mereka harus diberi kesadaran bahwa seks yang tidak dilakukan dengan tepat bisa mengakibatkan sesuatu yang merusak masa depan mereka. karena itu pendidikan seks bisa menjamin masa depan jadi lebih baik.

Komentar

  1. kalo dulu tabu emang ya kak bicarakan seks depan anak2...namun sekarang wajib memberitahu mereka mana yang mereka tidak boleh lakukan karena sangat berbahaya akibatnya

    BalasHapus
  2. Pendidikan seks ini penting banget supaya para remaja semakin tau dan mencegahnya berbuat hal yang negatif dan lebih bertanggung jawab terhadap orang disekitarnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung
Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya.
Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi