Rencana Liburan dan Kulineran di Surabaya



Saya itu pecinta kuliner Indonesia. Jika sebagian orang agak susah mencoba masakan dari daerah lain, saya malah penasaran dengan berbagai kuliner di Indonesia. Meski asli Minang yang terkenal dengan masakannya yang lezat, tapi saya juga percaya masakan daerah lain di Indonesia juga enak dan memanjakan lidah.

Itulah mengapa saya selalu penasaran dengan kuliner dari seluruh Indonesia. Jika berkunjung ke suatu daerah saya pasti mencari makanan khasnya atau kuliner yang direkomendasikan. Begitu juga kalau di kota saya ada tempat makan khas daerah tertentu saya selalu mencoba bahkan menjadi langganan. 


Saya suka banget dengan soto kwali yang berasal dari Solo. Saya juga menyukai coto makasar dan begitu juga sate madura, soto betawi, mpek-mpek, gudeg dll. Pokoknya saya menikmati aneka kuliner daerah lain.

Salah satu daerah yang masih saya penasaran banget dengan kulinernya adalah Surabaya. Ibukota Jawa Timur konon banyak banget kuliner khas yang dicari wisatawan saat berkunjung ke sana. Saya sendiri pernah beberapa kali menyaksikan di televisi tentang acara kuliner di Surabaya. Duh penasaran banget dengan berbagai makanan yang menggugah selera itu, seperti lontong balap, soto lamongan, nasi cumi dll. 


Tahun ini saya pengin banget liburan ke Surabaya. Apalagi melihat di internet kota yang dipimpin walikota perempuan itu makin kece. Jadi makin penasaran deh. Jadi sambal berwisata mengunjungi sejumlah tempat wisata yang sedang hits, saya juga akan berburu kuliner dan menuntaskan rasa penasaran.

Jadi berikut kuliner Surabaya yang akan saya cari :
1.       Lontong Balap
Lontong balap ini beberapa kali saya lihat di acara kuliner di tv. Duh penasaran banget liat hostnya menikmati lontong yang berisi toge, lento dan bumbu petis itu. Konon yang paling terkenal adalah Lontong Balap Garuda Pak Gendut yang sudah melegenda karena sudah ada sejak tahun 1965.
 2.       Kepiting Cak Gundul
Melihat penampakannya di foto-foto yang bersilewatan di media sosial, saya juga penasaran dengan kuliner satu ini. Apalagi saya termasuk penyuka makanan seafood. Konon makanan ini juga termasuk melegenda sebab sudah ada sejak 1922.
 3.       Rujak Cingur Ahmad Jaiz
Sebagai penyuka rujak saya penasaran banget dengan rujak cingur ini. Apalagi konon ulekannya yang khas membuat rujak ini membuat rasa yang beda dari rujak cingur kebanyakan dan tentu juga cingurnya yang banyak.
 4.       Bebek Goreng Sinjay
Sebagai penyuka bebek saya harus mencoba nih bebek goreng yang dagingnya gurih dan empuk ini. Soalnya di kota saya agak sulit menemukan bebek goreng dan itu harganya lumayan mahal. Ternyata di Surabay harganya lumayan bersahabat  berdasarkan referensi yang saya baca.
 5.       Es Dawet Blauran
Dawet termasuk minuman yang saya suka. Tapi membaca tentang es dawet ini saya jadi ngiler. Apalagi campuran isinya lumayan banyak seperti jenang, ketan hitam, bubur putih, cendol dll.

Sebenarnya masih ada lagi sejumlah kuliner yang masih ingin saya coba dan meski tidak ada dalam daftar tapi adalah dalam keinginan hehehe. Tapi biar makin afdol rencana kulinerannya, saya harus mencari waktu yang tepat untuk liburan ke sana. Sepertinya bulan maret pas banget deh karena bukan lagi masa peak season.


Memilih waktu liburan di waktu yang selow tentu lebih menguntungkan, karena harga tiket juga bisa lebih murah dan termasuk hotel. Nah untuk mencari penginapan atau hotel di Surabaya saya memilih di website pegipegi.com.

Kenapa saya memilih di sini ? karena gampang banget mencari berbagai hotel sesuai kebutuhan, seperti hotel murah, hotel bintang 5 atau hotel terbaik. Jadi ketika membuka web atau aplikasi pegipegi.com kita bisa memilih tanggal menginap dan lokasi menginap. Selanjutnya akan disajikan sejumlah pilihan hotel dari harga termahal hingga termurah.

Biar tidak bingung, kita cukup sesuaikan hotel dengan kebutuhan. Karena saya penyuka hotel murah meriah, saya memilih hotel bintang 1 di filter pencarian. Nah, tampillah hotel-hotel yang merupakan bintang 1 beserta harganya.

Tidak hanya itu, kita juga bisa memilih hotel sesuai lokasi yang diinginkan. Jadi klik atau pilih lokasinya dan akan tampil hotel yang berada di sekitar lokasi tersebt. Seperti saya memilih hotel bintang satu yang dekat dengan lokasi tugu pahlawan yang kemudian tampil hotel-hotel dengan harga maksimal Rp 150 ribuan.

Selain mencari hotel dengan cara di atas, juga ada fitur yang kita menyesuaikan harga dan tipe hotelnya. Tidak hanya itu di pegipegi.com juga memberikan informasi yang lebih tentang hotel yang akan kita booking. Seperti memberikan informasi transportasi terdekat, atraski, kuliner dan belanja terdekat serta info lainnya.

Ketika sudah membooking dengan mengisi data pribadi, kita juga diberikan banyak kemudahan saat melakukan pembayaran, seperti ATM transfer, VA BCA, kartu kredit, CIMB Clicks, Klik BCA dan transfer antar bank. Bahkan ketika butuh bantuan bisa menghubungi layanan line telepon dan email 24 jam.

Tak sabar banget nih untuk bisa segera liburan dan kulineran di Surabaya. Kalau kamu mau liburan dan kulineran kemana ?




Komentar

  1. asik trims tips kulinerannya, kemarin baru sempat bebek sinjay aja hehe.. kepiting kayaknya boleh banget tuhh

    BalasHapus
  2. Ada yang kuraaang...
    Tahu campur, sego sambel mak yeye, rawon setan, tahu tek-tek, sate klopo Ondomohen....
    Hihii~

    Dijamin...
    Syukkaaa~

    ((eh, karena aku orang Surabaya siih....lidahnya biasa makan yang pedas dan maknyuuss~~))

    BalasHapus
  3. Aku tuh penasaran sama ras rujak cingur, gimana ya rasanya, kalau ada rezeki ke Surabaya mesti coba nih

    BalasHapus
  4. Aku pengen nyobaij kepiting. Belum pernah makan kepiting aku tuuuuuh

    Lontong balap sih juga belum pernah, tapi lebih penasaran sama kepitingnya, haha

    BalasHapus
  5. Duh, membayangkan ingin liburan dan kulineran ke Surabaya saaja bisa membuat saya ngiler. Apalagi dibantu pegi2 yg filternya oke begini ya. Bisa sesuai budget dan keinginan dong.

    BalasHapus
  6. Duh, membayangkan ingin liburan dan kulineran ke Surabaya saaja bisa membuat saya ngiler. Apalagi dibantu pegi2 yg filternya oke begini ya. Bisa sesuai budget dan keinginan dong.

    BalasHapus
  7. Duh, membayangkan ingin liburan dan kulineran ke Surabaya saaja bisa membuat saya ngiler. Apalagi dibantu pegi2 yg filternya oke begini ya. Bisa sesuai budget dan keinginan dong.

    BalasHapus
  8. Kayaknya rujak cingur menarik tuh, sayang tapi gak ada contoh fotonya ya mbak.

    BalasHapus
  9. Dari semuanya, aku belum nyoba satupun. Penasaran sama kepitingnya, bedanya apa ya sama yang lain. Hehe

    BalasHapus
  10. Huwaaaaaaaaaaaaa! Pengen juga kuliner di Surabaya, biar bisa menjemput rezeki gitu. Eh. Tapi penasaran sih sama kuliner di sana huahua.

    BalasHapus
  11. Aku suka lontong balap, lontong kikil, sama rujak cingur. Kalo udah nemu yang enak, wah bakal ketagihan deh, Mbak. Enakkk pokoknya. Silakan coba sendiri nanti kalo jadi ke Surabaya, ya ��

    BalasHapus
  12. Sebenarnya lOntong balap itu gimana sih...?

    Sayangjya gak dilengkapi dengan foto real..
    Jika ada fotonya dijamin...suka ..

    BalasHapus
  13. Enggak sekalian ke Sate Klopo Oendomoehen? Sama Es krim Zangrandi. Aduhhh... jadi kangen balik Surabaya lagi.

    BalasHapus
  14. Duh jd kangen mudik Surabaya :D
    Itu tenpat wiskulnya manteb2 semua. Aku kalau pulang Sby jg segera cari yg gak ada di Jkt :D
    BTW Surabaya tuh buat kulineran kadang yg di kaki lima/ street food justru enak lho mbak, cuma gak terkenal aja sih hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung
Silahkan berkomentar dan jika ada pertanyaan yang perlu jawaban cepat silahkan WA ke 08126102123
Mohon maaf komentar dimoderasi