Ini Dia Kumpulan Resep Masakan Khas Nusantara Yang Wajib Kamu Coba






Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya dengan keberagaman budaya dan bahasanya. Dengan demikian, maka tak heran jika negara tercinta kita ini juga kaya akan keberagaman kulinernya. 


Berbicara soal kuliner khas nusantara, tentu saja setiap masing-masing di daerahnya memiliki cara memasak dan cara penyajian yang berbeda-beda. Dan hal itu pula yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta kuliner dari lokal maupun dar imancanegara.

Nah, untuk mengetahui tentang kumpulan resep masakan khas nusantara, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya dibawah ini :

1. Sate Khas Kota Padang

Bahan-Bahan :

- 1 kg daging sapi

- 1 kg jeroan sapi

- Tepung beras, lalu larutkan dengan sedikit air sebanyak 50 gram

- 4 lembar daun jeruk

- 500 ml air

Bahan Bumbu Halus :

- 4 siung bawang putih

- 5 butir bawang merah

- ½ sendok teh merica bubuk

- ½ sdt gula pasir

- 1 sendok the jintan bubuk, sangrai

- 5 cm kunyit

Cara Membuatnya :

- Pertama silahkan potong dagingnya dengan bentuk dadu atau sesuai selera.

- Selanjutnya haluskan semua bahan bumbu dengan cara ditumbuk, atau lebih praktis dengan cara di blender.

- Lumuri daging sapinya dengan bumbu yang telah dihaluskan secara merata.

- Agar kuah sausnya bisa mengental secara merata, anda bisa mengaduk-aduk dengan cepat pada saat larutan tepung berasnya dimasukkan.

- Setelah itu bakar sate tersebut diatas bara api hingga dagingnya berwarna kecoklatan serta tercium aroma khas sate yang harum.

- Untuk menciptakan cita rasa yang lebih sempurna, sebaiknya beri taburan bawang goreng.

2. Gulai Asam Pedas Ikan Patin Khas Melayu

Bahan-Bahan :

- 1 kg ikan patin

- 5 buah belimbing wuluh

- 1 sdt garam halus

- 1 buah tomat (iris)

- 1 lembar daun kunyit

- 3 lembardaun jeruk

- 1 batang serai (memarkan)

- 500 ml air

- 1 ruas lengkuas, memarkan

Bumbu-Bumbu halus :

- 1 ruas jari jahe

- 4 siung bawang putih

- 6 siung bawang merah

- 1 ons cabai merah

Cara Membuatnya :

- tumis semua bahan bumbu halus hingga harum, lalu masukkan daun-daun dalam kualis ambil dioseng-oseng.

- selanjutnya masukkan belimbing wuluh, dan biarkan hingga agak matang, kecilkan api, tambahkan penyedap rasa dan masukkan tomat.

- gulai asam ikan patin siap Khas Melayu pun sudah siap untuk dinikmati.

3. Karedok Khas Sunda

Bahan-bahan :

- 1 ikat kacang panjang (potong kecil-kecil memanjang)

- 4 lembar daun kemangi

- 1 butir gula merah

- 5 buah cabai rawit (sesuaiselera)

- ½ sdt garam halus

Cara Membuatnya :

- Masukan gula merah, garam halus, cabai rawit, ke dalam ulegan, lalu tumbuk hingga halus.

- Selanjutnya susul dengan kacang panjang dan daun kemangi, lalu uleg lagi hingga hancur sambil diaduk-aduk agar semuanya tercampur rata.

- Jika sudah demikian, silahkan sisihkan ke dalam piring, dan karedok khas Sunda pun sudah siap untuk disantap bersama sepiring nasi. 



Nah, itulah beberapa kumpulan resep masakan khas nusantara, yang semoga saja bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.

Komentar

  1. Hallo Uni, semua masakaannya enak semua ini. Apalagi satenya aduh ngeces, jadi pengen mencoba untuk mepraktikannya.

    BalasHapus
  2. Nyummy semua deh menunya...sate Padang saya suka hhh JD lapar

    BalasHapus
  3. Sate aku lebih milih beli ajah, hihihi. Ribet masaknya. Makannya cepat banget habisnya, hihihi

    BalasHapus
  4. Ngiler sama gulai ikan patinnya. Kebetulan ada belimbing wuluh nih hehe

    BalasHapus
  5. Karedok, itu tuh yang belum pernah cicip, rasanya kayak apa ya mbak? Mirip lotek ya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung