Peran Penting Coworking Space Bagi Enterpreneur


Bisnis startup makin berkembang terutama di kalangan enterpreneur muda, sehingga membuat kebutuhan akan tempat kerja juga terus meningkat. Jenis tempat kerja yang banyak dicari oleh para enterpreneur itu adalah coworking space atau tempat kerja bersama.

Mengapa ? karena tidak hanya satu perusahaan saja yang menggunakan tempat tersebut. Banyak alasan kenapa enterpreneur lebih memilih tempat kerja bersama diantaranya karena mempunyai sedikit modal dan biaya sewa yang lebih murah. Keuntungan lainnya adalah kemungkinan terjadinya kolaborasi bisnis dengan perusahaan lain yang juga menyewa tempat tersebut.


Pentingnya Coworking Space Bagi Enterpreneur
Beberapa peran penting yang didapatkan oleh enterpreneur yang memilih menggunakan tempat kerja bersama sebagai kantor adalah :

1.     Menghemat anggaran
Seperti yang sudah disebutkan diatas, salah satu alasan yang membuat enterpreneur lebih memilih coworking space adalah keterbatasan modal perusahaan. Perusahaan startup yang baru saja didirikan dengan jumlah pegawai yang masih sedkit tentu akan rugi jika langsung menyewa sebuah kantor. Selain biaya yang mahal, penggunaannya tidak maksimal. Oleh sebab itu, sebuah tempat kerja bersama bisa menjadi pilihan. Dengan biaya sewa yang murah modal yang ada bisa dialokasikan untuk hal lain demi kepentingan usaha.

2.     Tempat kerja yang kondusif
Lingkungan kerja yang kondusif merupakan salah satu faktor untuk memperoleh produktivitas kerja secara maksimal. Meskipun berada dalam tempat kerja bersama dengan perusahaan lain Anda tetap bisa merasakan suasana kantor namun dengan tingkat fleksibilitas yang lebih tinggi. Keberadaan rekan kerja dari perusahaan lain juga akan meningkatkan semangat kerja Anda.

3.     Kolaborasi kerja
Menggunakan tempat kerja bersama dengan perusahaan lain akan sangat menguntungkan bagi perkembangan sebuah bisnis terutama bagi mereka yang baru saja mulai. Kebutuhan untuk pemasaran produk dan branding akan lebih mudah jika menyewa tempat kerja bersama. Berkumpulnya enterpreneur dari berbagai bidang dengan segala pengetahuan dan jaringannya tentu akan lebih memudahkan dalam memperkenalkan produk kepada masyarakat luas. Bangunlah jaringan bisnis dengan cara berinteraksi dan saling bertukar informasi dengan perusahaan lain.

Selain itu berbagi gagasan dan ide dengan enterpreneur lain juga dibutuhkan untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan dari bisnis yang Anda jalankan. Bentuk kolaborasi kerja lain yang bisa terjadi jika Anda menyewa coworking space adalah kerjasama dengan perusahaan lain dalam sebuah proyek. Selain membangun sebuah komunitas, bekerja sama dalam satu proyek dengan perusahaan lain memungkinkan peluang Anda untuk membuka bisnis baru.

4.     Efisiensi kerja
Bagi enterpreneur, efisiensi dalam bekerja sangat dibutuhkan dalam mengembangkan usaha. Segala fasilitas yang ada ketika menyewa coworking space tentu membuat para enterpreneur sangat terbantu. Tempat kerja bersama biasanya menyediakan fasilitas seperti meja dan kursi yang nyaman, internet gratis, printer dan mesin foto copy, serta cemilan dan mesin pembuat kopi sehingga membuat suasana ruang kerja lebih nyaman dan santai. Fasilitas lainnya adalah ruang rapat dan presentasi. Selain itu penyedia coworking juga menyediakan staff yang sewaktu-waktu bisa membantu kesulitan Anda semisal terjadi kerusakan pada printer atau mesin foto copy maupun yang lainnya.

Berbagai keuntungan yang didapatkan ketika menyewa tempat kerja bersama tentu bisa menjadi pertimbangan Anda ketika ingin memulai sebuah startup. Penyedia tempat kerja bersama yang bisa jadi rekomendasi adalah Go-work. Go-work merupakan salah satu penyedia coworking space dan private office terbaik di Indonesia. Silahkan kunjungi web go-work.com untuk info lebih lanjut

Komentar