Kenapa Saya Menulis Blog ?


Tak terasa sudah 10 tahun saya menulis di blog. Yap, saya menulis di blog sejak tahun 2008 lalu. Alhamdulillah, menulis di blog yang semula hanya untuk ikut-ikutan orang yang menurut saya keren punya blog, akhirnya sekarang saya benar-benar fokus dengan blog yang bisa menjadi sumber penghasilan sampingan.

Tahun 2008 yang bulannya saya lupa, saya yang hobi baca lagi keranjingan baca-baca di internet. Nah, saat itulah saya melihat tulisan personal sejumlah orang. Saat itulah ada keinginan juga untuk membuat blog. Kok saya merasa menjadi seorang blogger alias punya blog itu keren banget. 

Tapi bagaimana caranya membuat blog itu ?. Ada sih tawaran membuat blog tapi sebagai orang yang biasa mandiri dan lebih bangga dengan hasil kerja sendiri, akhirnya saya membeli buku panduan praktis membuat blog.

Jadi jangan dibayangkan membuat blog segampang sekarang yang sudah terkoneksi dengan google bagi yang memilih blog di blogspot. Berbekal buku panduan itu akhirnya saya bisa membuat blog sederhana. Rasanya udah hebat banget waktu itu bisa membuat blog hehehe.

Pilihan nama blog saya waktu itu catatan-ina.blogspot.com. Sengaja pilih yang simpel dan tujuannya memang sebagai catatan harian. Jadilah waktu itu isinya lebih banyak ke arah curcol tidak jelas hahaha. Bahkan juga kritik kepada pemerintah dan pelampiasan kekecewaan kepada orang-orang yang bikin negara ini malu dan rugi, seperti koruptor dll. 

Tapi tulisan-tulisan seperti itu sudah saya hapus hehehe. Mungkin dulu itu darah muda masih tinggi sehingga dilampiaskan dalam bentuk tulisan di blog meski belum banyak yang baca. Apalagi saat itu media sosial sangat terbatas untuk menyampaikan uneg-uneg hehehe.

Jadi bisa dikatakan awal-awal membuat dan menulis di blog, tulisan saya lebih cenderung untu melampiaskan perasaan semata. Lebih kepada kepuasan pada diri sendiri. Saya belum memikirkan manfaat pada orang lain yang membaca.

Seiring berjalannya waktu dan banyak blog walking ke sesama blogger, saya mulai menemukan tujuan dari menulis di blog yang sesungguhnya. Saya melihat sejumlah tulisan teman-teman blogger yang menginspirasi meski itu adalah pengalaman pribadi mereka.

Akhirnya saya mulai memperbaiki dan memilah tema tulisan yang harus saya tulis. Isinya tidak lagi isi curcol dan komplin atau kritik tidak jelas kepada pemerintah. Meski tulisan saya memang masih personal tapi isinya lebih informatif. 

Sempat vakum alias tidak rutin menulis tiap bulan dan akhirnya di tahun 2014 saya kembali mendapatkan semangat menulis. Hal itu sejak saya mengenal grup FB yang mana saya ikut bergabung di komunitas blogger. 

Apalagi ada sejumlah challenge seperti give away yang memberikan reward. Makin semangat menulis deh. Selain itu juga ada lomba-lomba blog yang membuat saya terpacu untuk bisa menjadi juara. Oh ya, tahun 2014 saya membeli domain dan blog saya resmi menjadi www.unizara.com. Berasa keren banget udah punya domain sendiri hehehe.

Seiring berjalan waktu, makin banyak komunitas blogger yang saya ikuti. Bahkan sejak ada aplikasi whatsapp, saya juga ikut bergabung di sana. Banyak manfaat yang saya dapatkan bergabung di komunitas blogger, diantara makin banyak teman, banyak jaringan, menambah wawasan tentang dunia blogger yang berimbas pada keinginan untuk mendapatkan job atau penghasilan dari blog.

Alhamdullillah dari job pertama di tahun 2014, hingga saat ini setiap bulan selalu ada job. Bahkan nilai pembayarannya juga makin tinggi seiring kwalitas blog saya. Sebuah berkah luar biasa yang saya syukuri. Hingga sekarang saya masih terus menulis di blog dan tidak akan pernah berhenti selagi nafas di kandung badan. 

Mengapa saya akan terus menulis di blog ?
1. Menulis di blog memberikan kepuasan batin karena saya bisa memberikan informasi bermanfaat kepada banyak orang
2. Menulis di blog adalah media gratis dan gampang aksesnya. Bahkan dari smartphone juga bisa untuk menulis blog
3. Menulis blog menambah teman, sahabat dan jaringan
4. Menulis blog bisa memberikan sumber penghasilan tambahan
5. Jejak pemikiran saya akan tersimpan di dunia maya dan semoga bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi orang lain serta bermanfaat.
6. Sumber amal jariyah. Setidaknya apa yang saya tulis dan bagikan di blog bisa menjadi ladang amal bagi saya. 

Semoga saya bisa terus konsisten menulis hingga tua nanti. Yuk yang mau ngeblog silahkan menulis dari sekarang. Mulailah dari hal sederhana namun bermanfaat bagi orang lain. 


Komentar

  1. Semoga kita bisa terus konsisten menulis di blog ya mbak...karena sejatinya menulis di blog itu kaya manfaat

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung