Bagaimana Power Bank untuk Laptop Bekerja?

Secara fungsi power bank untuk laptop sama seperti power bank yang sering digunakan untuk Smartphone atau gadget pada umumnya. Keduanya sama-sama berfungsi sebagai media penyimpanan arus listrik untuk kemudian ditransfer ke perangkat lain yang kehabisan daya.

Namun berbeda dari Smartphone yang mayoritas dibekali baterai yang awet, baterai laptop bisa dibilang lebih boros. Bahkan untuk laptop baru pun baterainya kadang hanya mampu bertahan beberapa jam saja. Hal ini tentu saja disebabkan kinerja hardware maupun software pada laptop yang membutuhkan suplai daya yang cukup besar.

Dengan begitu kehadiran power bank untuk laptop sangat membantu, terutama bagi mereka yang mempunyai laptop dengan masa pakai cukup lama. Ini satu-satunya solusi terbaik mengingat salah satu penyebab menurunnya kinerja laptop adalah baterai yang cepat habis atau drop.

Aksesoris Penyuplai Arus Listrik

 
pic by pexel
Power bank laptop adalah aksesoris tambahan pada laptop berupa baterai berkapasitas daya tertentu dan dapat diisi ulang. Aksesoris ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang kesehariannya bekerja menggunakan laptop baik indoor maupun outdoor

Ketika baterai laptop habis maka tidak perlu repot mencari colokan listrik. Belum lagi jika lupa tidak membawa charger. Pendek kata, power bank laptop membuat semua pekerjaan menjadi lebih praktis karena laptop bisa digunakan lebih lama. 


Jika Smartphone bisa menggunakan power bank bagus merek apa saja, tidak demikian dengan power bank untuk laptop. Beberapa power bank ada yang diproduksi sesuai merek laptop itu sendiri. Tentu saja ini sangat bagus sebab power bank tersebut sudah pasti compatible dengan perangkat laptop yang digunakan.
Meskipun begitu untuk saat ini sudah banyak dipasarkan jenis power bank multifungsi. Artinya bisa digunakan untuk berbagai merek laptop. Satu lagi, power bank untuk laptop dibekali kapasitas daya lebih besar dibanding power bank untuk Smartphone.

Power Bank untuk Laptop Terbaik

Ada banyak sekali power bank laptop yang dipasarkan sekarang ini namun hanya beberapa yang direkomendasikan untuk digunakan. Berikut ini 3 diantaranya.
1.       Asus ZenPower Max
Dari namanya sudah pasti power bank ini bikinan Asus raja komputer. Selain bodinya yang ramping perangkat ini dibekali kapasitas daya sangat tinggi mencapai 26.800 mAh, ditambah 2 port konektor untuk fast charging, masing-masing Qualcomm Quick Charge 2.0 dan port USB Type-C. Dengan fitur tersebut power bank ini dapat terisi full hanya dalam 5.5 jam saja.
2.       Blade Stealth Powerbank
Power bank besutan Razer ini dirilis tahun 2016 lalu dengan target pengguna laptop Blade Stealth. Meskipun kapasitas dayanya hanya 12.800 mAh namun perangkat ini diklaim mampu menambah daya selama 15 jam. Sedangkan untuk pemakaian 6 jam hanya butuh charge selama 2 jam saja. Power bank ini dibekali 5 port yaitu 2 USB Type-A, 2 USB Type C, dan port microUSB.  Blade Stealth Powerbank juga dibekali teknologi yang mampu mengidentifikasi jenis perangkat apa yang sedang terkoneksi.
3.       Powerbank B222 Apacer
Bisa dibilang power bank untuk laptop yang satu ini paling praktis dan portable. Ini karena bodinya yang sangat simple dan ramping dengan bobotnya hanya 200 gram saja. B222 Apacer menggunakan baterai garapan LG dengan kapasitas 11.400 mAh. Selain bisa digunakan untuk semua merek laptop, power bank ini juga direkomendasikan untuk mengisi daya ponsel. Bahkan B222 diklaim mampu mengisi baterai Smartphone kapasitas standar sebanyak 8 kali pengisian. B222 juga dipastikan lebih aman karena dibekali sistem proteksi yang mampu mengamankan perangkat dari hubungan arus pendek, overheat maupun voltase yang naik turun.

Komentar