Wisata Kebun Lengkeng Bintan : Serunya Memetik Buah dan Menikmati Manisnya

Alamat Wisata Kebun Lengkeng/kelengkeng Bintan
Asyiknya metik buah lengkeng 
Sebagai penggemar buah lengkeng/kelengkeng atau longan atau buah mata kaca kucing saya penasaran banget ketika melihat sebuah foto ada wisata kebun lengkeng di Bintan. Saya lalu menelpon nomor kontak yang dicantumkan untuk mengetahui alamat persis Wisata Kebun Lengkeng di Desa Penghujan, Bintan ini.


Berdasarkan informasi dari ibu yang menerima telepon saya, patokannya adalah simpang Lintas Barat arah ke Lagoi. Jika dari arah Tanjungpinang untuk ke Lagoi kita harus  belok ke kanan. Nah untuk lokasi kebun lengkeng ini kita lurus kek arah Busung sekitar 100-200 meter. Di Sebelah kiri ada simpang yang ada warung masuk dan lanjut sekitar 1-1,5 km akan ada plang kecil bertuliskan Gang Lengkeng. Nah dari jalan itu sekitar 50 meter sudah terlihat kebun lengkengnya.

Nah, berdasarkan petunjuk itu saya dengan teman kantor menuntaskan rasa penasaran hari minggu lalu. Kami ke sana sore hari setelah berkunjung ke dua tempat dan cukup menguras tenaga ternyata mengingat hari yang sangat panas.

Mencari simpang masuk ke arah Desa Penghujan itu gampang sesuai yang disampaikan oleh si ibu di telepon. Tapi ketika udah masuk, kami kesulitan menemukan gang lengkengnya. Awalnya saya pikir plangnya lumayan besar namun hingga mobil kami sudah cukup jauh  belum bertemu.
Wisata Kebun Lengkeng/kelengkeng Bintan Desa Penghujan
Pengalam baru Fitry
Akhirnya kami bertemu dengan anak-anak yang sedang main di pinggir jalan dan bertanya kepada mereka. Oh ternyata penandanya adalah umbul umbul warna warni yang sudah kami lewatkan sekitar 500 meter di sebelah kiri.

Benar saja ada plangnya dan sangat kecil. Hanya bisa dilihat oleh mereka yang membawa kendaraan dalam kondisi pelan. Akhirnya kami masuk gang itu dan melihat sejumlah mobil sudah parkir dan ada pondok kecil seadanya yang merupakan tempat melapor untuk mendapatkan ember kecil untuk menaruh lengkeng yang dipetik.
Alamat Kebun Lengkeng/kelengkeng Desa Penghujan Bintan
Driver multi talent  bisa jadi tukang panjat pohon :D 
Pengelolanya mengatakan jika buah lengkengnya sudah mulai habis tapi tetap ada untuk dipetik. Meski telat ke sini, tapi demi menuntaskan rasa penasaran kami tetap masuk ke kebun. Apalagi anak saya, Fitry yang sangat antusias.

Saya tidak tahu persis berapa luas kebun lengkeng ini. Yang jelas sejauh mata memandang adalah pohon-pohon lengkeng yang buahnya bisa dipetik anak seumuran Fitry. Jadi buahnya itu sampai ke bawah dan tidak harus memanjat. Jika pun memanjat sangat gampang.
Kebun Lengkeng/kelengkeng Desa Penghujan Bintan
Puas-puasin makan lengkeng
Memang benar, buahnya bagian bawah banyak yang masih muda. Hanya beberapa biji yang masak. Ketika dicoba rasanya manis banget meski dagingnya tipis. Untuk mendapatkan buah yang besar harus mengambil yang di atas.

Untuk kami punya sopir yang multi talent. Dia semangat memanjat lengkeng yang di bagian dahan atas. Sementara saya dan Fitry berkeliling mencari buah yang bagian bawah, biar dia senang memetik sendiri. Selain kami, pengunjung lain yang membawa keluarga juga asyik memetik. Ada yang udah mendapatkan dua ember.
Buah lengkeng yang masih muda
Sebenarnya pengin ingin masuk lebih jauh, tapi karena udah kecapekan kami memilih untuk menimbang hasil panen. Hasil yang saya petik dengan Fitry hanya setengah kilo lebih dan kami membayarnya 13 ribu. Sedangkan teman saya, Ita hampir 1 kg dan membayar 20 ribu. Jadi setiap 1 kg lengkeng ini kita bayar Rp 25 ribu. Sedangkan yang dimakan saat memetik gratis dan sudah diikhlaskan pemiliknya hehehe.

Di pondok ini juga ada menjual duku, pisang dan minuman. Jadi yang haus bisa membeli minuman di sini atau membeli buah lain sebagai oleh-oleh.
Bagian atas banyak yang udah matang
Bagi saya, wisata ke kebun lengkeng ini sangat bagus khususnya mengenalkan dan memberikan pengalaman baru pada anak saya. Cuma saat dia memakannya langsung saya harus sedikit cerewet supaya hati-hati dengan bijinya yang takut ketelan.
Mau ?
Anda penasaran dengan kebun lengkeng ini ? cuss ke sana ya, tapi telpon dulu ya ke ibu Vivi 085289013001/085264419971 untuk memastikan apakah lengkengnya masih ada atau tidak. 

Komentar

  1. Asyik ini untuk wisata alternatif kl ke bintan ketimbang yg itu2aja kan bosan juga...

    BalasHapus
  2. Kemarin ke Penghujan juga tapi gak tau lewat mananya, tapu hanya numpang lewat sih, soalnya ke rumah Nenek di sana. Ya bener juga bisa jadi objek wisata mata kucing nih ��

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. alternatif baru nih kalo nanti main ke Bintan, makin banyak aja nih wisata di Bintan

    BalasHapus
  5. wuiihh suka saye kalo dengar wisata kebun ni....rasanya tuh kebun milik sendiri,, bisa metik sembari makan disana juga... keep dulu lah tulisan kakak ini... ntar ke bintan dibuka lagi, dijadikan panduannya :)

    BalasHapus
  6. Padahal lengkeng itu kan buah impor biasanya ya makanya mehong. Ternyata bisa tumbuh disini ya. bagus nih bawa anak-anak kesini. Segera jadwalkan ponakan kesana :D

    BalasHapus
  7. Wah ini penting banget sampai ku ss. Hahaha secara punya makmertua di tanjungpinang asli sering wisata yg itu2 aja. Makasih uni sharing nya apalagi si kakak suka lengkeng. Btw desa penghujan sama ke arah pulau penghujan ga ya. Saya diawal kirain di pulau penghujan, kl ke pulau penghujan dulu pernah sekali

    BalasHapus
  8. Wah menarik nih.. Jarang-jarang ada wisata kebun lengkeng begini. Bisa puas makan lengkeng sambil metikin.

    BalasHapus
  9. Kebayang manisnya kelengkeng. Pasti seru kalau petik sendiri yaa...

    BalasHapus
  10. Wah seru sekali ya bu bisa memetik buah langsung seperti itu di bintan. Andai saja di Bekasi juga ada yang seperti itu, mungkin saya bisa merasa lebih bahagia, ehehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung