Desa Wisata Ekang : Destinasi Baru Bintan Nan Asyik Untuk Keluarga

Gerbang Desa Wisata Ekang
Jika selama ini Anda berwisata ke Bintan hanya tertuju pada Pantai Trikora dan kawasan Lagoi, saat ini sudah banyak terdapat destinasi wisata baru. Salah satunya adalah Desa Wisata Ekang. Tempat wisata yang berada di Desa Ekang Anculai ini belum setahunan ini beroperasi.

Selama ini saya hanya melihat sejumlah postingan netizen yang sudah ke sana. Rasa penasaran saya akhirnya terbayar ketika Minggu lalu bisa berkunjung ke sana. Saya pergi dengan dua orang teman kantor dan anak. Kami menyewa mobil plus sopir yang jago motret ternyata. Asyeek. Cerita tentang sopirnya nanti ya di tulisan lainnya.
Alamat Desa Wisata Ekang Bintan
Peta petunjuknya nih. Gampang banget menemukannya
Mencapai Desa Wisata Ekang ini gampang banget. Karena petunjuknya sangat jelas. Patokannya adalah simpang ke arah Lagoi di Jl. Lintas Barat. Jika menggunakan kendaraan dengan kecepatan sedang ada sekitar 15 menit mencapai Jl Sudirman yang mana merupakan simpang masuk Desa Wisata Ekang ini. Ada petunjuk berupa spanduk kecil di tepi jalan.
Lokasi Desa Wisata Ekang Bintan
Spanduk di simpang Jl. Jend Sudirman sebagai penanda
Jalannya masih tanah tapi cukup lebar dilewati kendaraan roda empat. Di kiri kanan memang masih hutan tapi ada sejumlah rumah penduduk. Perjalanan dari simpang masuk sejauh 1,5 km dan kemudian terlihat lapangan parkir yang luas dengan spanduk nama tempat wisata ini lumayan besar.

Dari tempat parkir kendaraan ini, pengunjung menuruni jalan setapak yang permanen dengan tanaman bunga di tengahnya. Sekitar 50 meter ada pos pembelian tiket. Biaya tiket masuk untuk hari biasa Rp 20 ribu untuk dewasa dan Rp 10 ribu untuk anak-anak. Sementara untuk weekend dan libur nasional Rp 25 ribu untuk dewasa dan 15 ribu untuk anak-anak.
Jalan setapak menuju pos pembelian tiket masuk
Tiket masuk dewasa ini akan mendapatkan gratis satu gelas minuman dingin yang ditukarkan di restoran. Sedangkan anak-anak tidak. Fitry, anak saya sempat protes ketika ia mendengar penjaga tiket mengatakan tiketnya tidak dapat minuman dingin hehehe.
Harga tiket masuk Desa Wisata Ekang Bintan
Harga tiket masuk
Siang yang lumayan terik membuat kami haus dan langsung menukarkan tiket masuk dengan minuman dingin di restoran. Ada dua pilihan, sirup melon dan lecy. Lumayan deh airnya meski hanya satu gelas kecil untuk membasahi tenggorokan.

Restoran ini terbuka, jadi angin yang sepoi-sepoi bisa membuat kita betah duduk di sini. Apalagi menjual berbagai makanan dan minuman serta camilan. Harganya juga standart untuk ukuran tempat wisata. Saat kami datang masih sedikit pengunjung.
Harga makanan Desa Wisata Ekang Bintan
Restoran terbuka
Nah apa saja yang bisa dilakukan di sini ? Saya pribadi menilai Desa Wisata Ekang ini cenderung untuk tempat rekreasi alternatif keluarga di Bintan selain Lagoi. Karena ada kolam ikan dengan pondok-pondok atau gazebo untuk santai dan memancing, juga ada kolam renang untuk anak serta pondok santai untuk keluarga yang mengawasi anak saat berenang. Tidak hanya itu juga ada delman dan kuda yang bisa dinaiki atau ditunggangi.
Taman yang cantik

Fasilitas Desa Wisata Ekang Bintan
Kolam pancing dan pondok santai
Ada juga kolam untuk wahana permainan air berupa perahu mini dan taman dengan sejumlah ayunan serta tempat duduk. Di brosur ada taman kelinci namun saya tidak eksplore karena Fitry lebih memilih berenang. Selain itu ada tempat camping bagi yang ingin menginap.
Fasilitas Desa Wisata Ekang Bintan
Ayunan santai di taman
Ketika teman-teman saya memilih santai di restoran menikmati angin sepoi-sepoi, Fitry malah ingin berenang. Maklum dia pantang liat kolam renang. Akhirnya saya memilih mengawasi dia berenang. Kolam renangnya tidak terlalu dalam cuma 1 meter yang paling dalam, tapi tetap saja saya merasa harus mengawasi dari dekat. Oh ya untuk berenang ini gratis lho.
Kolam renang Desa Wisata Ekang Bintan
Kolam renang anak. Gratis
Sebenarnya saya bisa santai di pondok yang berada persis di pinggir kolam renang. Namun karena sewanya Rp 50 ribu dan saya hanya sendiri, akhirnya saya memilih mengawasi sambil duduk di pinggir kolam hehehe. Bukan pelit, tapi merasa tidak efektif aja. Kecuali ada beberapa orang dan dipastikan berenangnya lama tak masalah.
Fasilitas Desa Wisata Ekang Bintan
Orang tua harus mengawasi anak karena tidak ada petugas khusus
Benar banget, tidak sampai 1 jam berenang, Fitry udah selesai dan minta dibilas. Kamar mandinya bersih dan ada shower. Usai berpakaian saya kembali bergabung dengan teman-teman di restoran. Karena sudah jam makan siang kami memilih makan di sana. Ada sejumlah menu dengan harga standart tapi kami memilih paket ayam goreng, nasi putih, sambal dan teh obeng seharga Rp 30 ribu.

Sementara itu pengunjung lain makin ramai yang datang. Ada yang memilih duduk di restoran sementara yang rombongan keluarga memilih duduk di pondok santai. Pondok yang di kolam pancing sewanya Rp 25 ribu.
Harga sewa gazebo Desa Wisata Ekang Bintan
Pondok santai keluarga di tepi kolam renang
Usai menyantap makan siang yang lumayan enak, kami mencari spot-spot foto untuk selfi. Spot berfoto favorit bagi pengunjung adalah kuda delman yang sedang parkir dan sampan layar di kolam wahana. Selain itu ayunan cantik di taman juga menjadi spot menarik dan pondok-pondok di tepi kolam. Jalan-jalannya yang ditanami bunga di kiri kanan juga bagus untuk berfoto.
foto keluarga dulu
Bagi saya sebagai seorang ibu, membawa anak ke sini tidak sia-sia karena ada wahana kolam renang yang menyenangkan bagi dia. Begitu juga ayunan yang asyik untuk bermain. Sebenarnya jika ayahnya ikut bisa santai lebih lama sambil leha-leha di pondok sambil tiduran menikmati semilir angin atau memancing ikan hehehe.
Harga sewa delman Desa Wisata Ekang Bintan
Harga sewa
Harga sewa kuda Desa Wisata Ekang Bintan
Kuda delman bisa disewa untuk keliling
Namun karena tujuan jalan-jalan kami masih ada tiga tempat lagi, jadi kami harus meninggalkan tempat ini. Semoga bisa berkunjung ke sini lagi dengan keluarga khususnya suami dan bisa santai lebih lama menikmati ketenangan alam.
Spot selfi Desa Wisata Ekang Bintan
Jangan lupa bawa topi ya

Anda mau ke sini ? tentu donk !

Komentar

  1. Tampatnya asik. Tetapi, kalau pohonnya tinggi-tinggi kayaknya bisa lebih asik lagi. Kalau kayak begitu rasanya gerah jalan-jalan siang hari, ya

    BalasHapus
  2. Wuih cakeppp, makin keren aja nih wisata di Bintan. Ada kolam renangnya juga , jadi kepengen main kesini hehe, thanks infonya uni dan thanks sudah meracuni saya buat pengen main kesini

    BalasHapus
  3. wah Bintan makin bagus aja ya Uni. itu di desa Ekang ada kolam renangnya juga. seger banget ya

    BalasHapus
  4. Mau juga kesana kalo ada waktu ke lagoi...mau narsis narsis cantek dekat kude...hahahha

    BalasHapus
  5. Wah, ada lagi tempat baru di Bintan... RUAAAR BIASA. Salut deh

    BalasHapus
  6. Ahhh cantik banget, jadi punya pilihan lain yakan kalau liburan ke sana ga melulu ke situ situ lagi. Keren kakkk thanks infonya yah :3

    BalasHapus
  7. Ayunannya manjaah...enak tdran sambil diayun2 tuh yaa...duh.

    BalasHapus
  8. wah wisata baru, permainanya juga banyak asik nih jadi salah satu list jika sedang belibur

    BalasHapus
  9. Wah, ternyata Kepri banyak tempat wisata yang keren-keren yah...

    BalasHapus
  10. Asyik ya ada kolam renang anak gratis... Pasti bikin betah walaupun panas bedentang. .. Tempatnya cantik juga ya mbak, lumayan hijau.

    BalasHapus
  11. Kolam renangnya kelihatan seger Un. Asik ya di Bintan ada tempat kayak gini, jd pilihan berwisata makin beragam.

    BalasHapus
  12. Wah menarik banget Dan baru tahu Ada tempat wisata ini. siap masukin ke itinerary biar gak ketinggalan. Makasih udah share mba :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung